Terlalu Memanjakan Anak? Beginilah Dampak Buruknya

Reporter : Mila
Selasa, 31 Desember 2019 09:13
Terlalu Memanjakan Anak? Beginilah Dampak Buruknya
Memanjakan anak memang tidak ada salahnya, namun tidak boleh berlebihan.

Menyayangi anak merupakan kewajiban semua orang tua. Salah satu cara yang sering dilakukan oleh orang tua untuk menyayangi anak adalah dengan memanjakannya. Memanjakan anak memang tidak ada salahnya, namun tidak boleh berlebihan. Karena terlalu memanjakan anak justru akan berdampak buruk baginya. Apa saja dampak buruknya Berikut beberapa dampak terlalu memanjakan anak yang dilansir dari IbudanMama (2/12).

1 dari 6 halaman

Susah Mengembangkan Kemampuannya

Otak manusia akan berkembang disaat yang mendesak. Begitu pula pada otak anak, jika orang tua tidak memberikan tantangan kepada anak, maka mereka pun tidak akan berkembang. Anak yang terbiasa dimanja oleh orang tuanya, akhirnya akan susah untuk mengembangkan kemampuan yang mereka miliki. Anak yang manja cenderung akan nyaman di zona amannya.

2 dari 6 halaman

Kurang Kreatif

Anak yang dimanja cenderung kurang kreatif. Berbeda dengan anak mandiri yang biasanya memiliki pola pikir yang cenderung lebih dinamis. Kekurangan ini tentunya akan menyulitkan anak manja untuk menyelesaikan berbagai tantangan yang akan dihadapi saat bergaul atau belajar.

3 dari 6 halaman

Kesulitan Melakukan Interaksi dengan Lingkungan Luar

Apabila anak terlalu dimanja, maka ia akan terbiasa dengan kehidupan yang mudah itu. Memberikan kehidupan yang seperti itu kepada anak kesayangan tentu bukan sebuah hal yang salah, namun jika berlebihan, akibatnya anak nanti akan kesulitan berinteraksi dan menyesuaikan diri dengan lingkungan luar yang pastinya tak melalu akan mengikuti keinginannya.

4 dari 6 halaman

Tidak Bisa Bertanggung Jawab

Dampak negatif yang ditimbulkan dari terlalu memanjakan anak adalah ketidak mampuan anak untuk bertanggung jawab. Anak gagal belajar tentang konsep dan sikap tanggung jawab. Lebih jauh, anak yang terlalu dimanja juga akan menjadi malas dan mudah marah ketika keinginannya tidak terpenuhi. Akhirnya, anak manja akan tumbuh besar tanpa adanya kematangan cara berpikir dan secara emosional. Hal ini membuatnya mengalami kesulitan dalam mengatasi masalah saat dewasa.

5 dari 6 halaman

Bersikap Kurang Sopan

Karena terbiasa mendapatkan semua yang diinginkan dengan mudah, anak yang selalu dimanja tidak mengetahui cara untuk mengungkapkan keinginannya dengan baik. Ketidakmampuan mengungkapkan keinginannya dengan baik inilah yang kemudian membuat perilaku anak manja biasanya kurang sopan dan seringkali menantang.

6 dari 6 halaman

Tidak Mandiri

Anak yang terlalu dimanja akan tumbuh menjadi anak yang tidak mandiri. Kebiasaan bergantung kepada orang tua akan membuat anak tidak bisa melakukan berbagai hal dengan kemampuannya sendiri. Padahal, kemampuan untuk mandiri merupakan hal utama yang sangat penting untuk dimilikinya ketika beranjak dewasa.

Itu tadi dampak buruk dari memanjakan anak secara berlebihan. Ada baiknya orang tua menyikapi dengan bijak jika anak sudah bertingkah manja. Karena semua ini demi kebaikannya sendiri.

Beri Komentar