Ternyata Membacakan Buku Cerita pada Anak Ternyata Banyak Manfaatnya, Lho

Reporter : Mila
Jumat, 3 Januari 2020 11:56
Ternyata Membacakan Buku Cerita pada Anak Ternyata Banyak Manfaatnya, Lho
Rutin membacakan buku cerita sejak dini mampu mempererat ikatan/bonding dengan orang tua dan anak.

Melakukan aktivitas bersama anak tentunya akan sangat menyenangkan. Dengan melakukan aktivitas bersamanya, kita sebagai orang tua bisa melihat perkembangan yang ia lakukan. Salah satu aktivitas yang dapat dilakukan adalah membacakan buku cerita pada anak. Aktivitas ini sebenarnya sudah dapat dilakukan terutama oleh ibu dari masa mengandung. Rutin membacakan buku cerita sejak dini mampu mempererat ikatan/bonding dengan orang tua dan anak. Dikutip dari Mumandbabes (11/12), berikut beberapa manfaat membacakan buku cerita pada anak.

1 dari 2 halaman

Manfaat Membacakan Buku Cerita pada Anak

Meningkatkan Kemampuan Mendengar

Saat orang tua membacakan cerita untuk anak, ia sering kali tidak memahami kosa kata yang orang tua ucapkan, tapi ia akan tertarik untuk mendengarkannya. Nah, saat itu kemampuan pendengarannya pun akan terlatih. Jika dilakukan secara rutin dalam jangka panjang, hal ini akan merangsang kepekaan anak terhadap lingkungan sekitar.

Menumbuhkan Minat Membaca

Dengan sering membacakan buku cerita kepada anak, maka anak pun akan semakin familier dengan buku. Anak juga akan mengenal buku sebagai hal yang menyenangkan, disinilah secara tidak langsung minat bacanya akan tumbuh.

Memperbanyak Kosakata

Buku cerita yang dibacakan pada anak, tidak hanya memperluas imajinasinya, namun juga memperkaya kosakatanya. Ragam kosakata inilah yang nantinya akan menjadikan anak memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

2 dari 2 halaman

Cara Tepat Membacakan Buku Cerita pada Anak

Peluk Anak

Selain dapat membuatnya merasa aman dan nyaman, memeluk anak sambil membacakan cerita untuknya juga dapat memperkuat hubungan antara orang tua dan anak.

Intonasi yang Baik

Meskipun anak belum sepenuhnya memahami apa yang orang tua ceritakan dari buku cerita, orang tua harus tetap menggunakan nada dan intonasi saat bercerita. Nada dan intonasi inilah yang membuat momen bercerita jadi menyenangkan.

Tirukan Suara Karakter

Selain nada dan intonasi, menirukan suara dari karakter toko dalam buku juga bisa orang tua coba. Dengan begitu anak jadi lebih tertarik mendengarkannya. Hal ini juga mendorong untuk memperluas imajinasi anak.

Gunakan Buku Gambar Menarik

Pilihlah buku gambar menarik, seperti buku gambar dengan warna cerah dan kontras. Hal ini dapat menambah pengetahuan anak tentang berbagai hal terutama tentang warna.

Beri Komentar