Ternyata Pelukan Orang Tua Berpengaruh Bagi Perkembangan Anak

Reporter : Mila
Selasa, 31 Desember 2019 09:36
Ternyata Pelukan Orang Tua Berpengaruh Bagi Perkembangan Anak
Memberi pelukan bagi anak tentu penting dan harus dilakukan setiap hari.

Tanpa disadari, ada banyak manfaat pelukan orang tua bagi anak. Selain bisa memberikan perasaan tenang, aman, dan nyaman, pelukan yang diberikan oleh orang tua juga memengaruhi tumbuh kembang anak. Memberi pelukan bagi anak tentu penting dan harus dilakukan setiap harinya. Inilah manfaat pelukan orang tua yang perlu diketahui dilansir dari IbudanMama (26/11).

1 dari 5 halaman

Menghadirkan Ikatan Batin yang Kuat

Manfaat pelukan orang tua bagi anak yang paling cepat terasa efeknya yaitu menghadirkan ikatan batin yang kuat. Penelitian oleh pakar psikolog anak dari University of Italy menunjukkan bahwa selama mendapat pelukan, maka hormon endomorfin dalam diri anak akan meningkat sehingga menghadirkan ikatan batin yang kuat. Dengan begitu, orang tua dapat menciptakan bonding yang lebih baik melalui sebuah pelukan.

2 dari 5 halaman

Memberi Rasa Percaya Diri pada Anak

Memberi pelukan pada anak berarti membuatnya merasa mendapat dukungan penuh dari kedua orang tuanya. Untuk itu, anak bisa lebih percaya diri untuk menyelesaikan berbagai masalah yang mungkin ia hadapi. Anak tidak lagi menjadi anak yang penakut, karena ia tahu betul kedua orang tuanya selalu memberi dukungan penuh terhadap segala keputusan yang diambil olehnya.

3 dari 5 halaman

Mencegah Kemungkinan Stres

Berdasarkan hasil penelitian Journal of Epidemiology and Community Health, anak yang sering mendapat pelukan dari kedua orang tuanya memiliki kemampuan untuk menghadapi masalah lebih baik. Artinya, anak tidak mudah stres terhadap hal-hal yang harus ia hadapi.

4 dari 5 halaman

Membentuk Karakter Penuh Kasih Sayang

Tentu saja, anak yang sering mendapat pelukan dan kasih sayang dari kedua orang tuanya secara otomatis akan memiliki karakter yang penuh kasih sayang juga. Untuk itu, sebaiknya orang tua tidak memegang kepercayaan orang-orang zaman dulu bahwa anak yang sering dipeluk akan menjadi manja dan cengeng. Karena faktanya, manfaat pelukan orang tua bagi perkembangan anak sangatlah baik.

5 dari 5 halaman

Meningkatkan Kecerdasan Anak

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ketika mendapat pelukan dari orang tua, anak akan menghasilkan hormon endomorfin. Hormon ini berperan penting dalam memperlancar tekanan darah sehingga konsentrasi belajar anak pun semakin baik. Dengan demikian, anak dapat menyerap materi pelajaran di sekolah dengan mudah. Jadi, mulai sekarang biasakan untuk selalu memberi pelukan pada anak sebelum mereka berangkat ke sekolah ya.

Sudahkan orang tua memeluk si kecil hari ini?

Beri Komentar