Tips Mengatasi Anak yang Tidak Mau Makan

Reporter : Mila
Sabtu, 28 Desember 2019 13:27
Tips Mengatasi Anak yang Tidak Mau Makan
Anak yang tidak mau makan terancam nutrisinya tidak terpenuhi.

Seringkali ibu sudah menyiapkan berjam-jam untuk memasak masakan yang sehat dan lezat dengan harapan bahwa anak akan lahap menghabiskan makanan itu. Tapi nyatanya anak menolak untuk makan bahkan tanpa melihat makanannya. Tidak peduli seberapa keras berusaha, anak-anak tetap menolak untuk makan.

Anak yang pemilih dalam makan, membuat orang tua khususnya ibu merasa khawatir akan jumlah nutrisi yang anak konsumsi. Kalau sudah begini, ibu akan memaksanya untuk makan dengan cara mengancam, memarahi dan bahkan melarang mereka bermain diluar sebelum makan. Alih-alih dengan memarahi, ibu sebagai orang tua perlu memahami terlebih dahulu mengapa anak-anak tidak mau makan.

Ada banyak alasan mengapa anak tidak mau makan. Berikut adalah hal yang mungkin perlu diperbaiki:

  • Pastikan bahwa waktu makan anak dijadwalkan dengan benar, setidaknya berjarak 3-4 jam setiap waktu makan.
  • Pastikan makanan yang disiapkan menarik untuk anak.
  • Hindari untuk memberi snack/makanan ringan pada anak setidaknya setengah jam sebelum makan


Berikut adalah beberapa alasan mengapa anak tidak mau makan yang dikutip dari Boldsky (25/11).

1 dari 5 halaman

Anak Mungkin Memiliki Perasa yang Sensitif

Beberapa anak terlahir dengan perasa yang lebih sensitif pada lidah mereka. Hal ini membuat mereka memiliki pemilih dalam makanan, yang menurut mereka rasanya tidak sempurna.

2 dari 5 halaman

Anak Terdistraksi

Sudah menjadi kebiasaan umum bahwa anak-anak makan sambil menonton tv atau video di internet. Namun, justru ini hal yang akan mendistraksi mereka sehingga tidak mau makan.

3 dari 5 halaman

Masalah Kesehatan

Jika anak sedang sakit atau tidak enak badan, mereka akan merasa makanannya hambar. Dalam kasus seperti ini, penting untuk memberi waktu anak untuk pulih dan mencicipi makanan secara normal lagi.

4 dari 5 halaman

Anak Tidak Menyukai Tekstur Tertentu

Hal-hal kecil seperti tekstur pada makanan dapat membuat anak tidak mau makan. Untuk itu, ibu harus mengetahui makanan seperti apa yang diinginkan anak.

5 dari 5 halaman

Lingkungan di Rumah

Cobalah untuk melibatkan anak saat makan. Tidak lupa untuk membuat makanan anak mirip dengan anggota keluarga yang lain. Agar anak tidak merasa bahwa hanya ia yang memakan 'makanan bayi', sementara yang lain memakan 'makanan orang dewasa'.

Itulah tadi cara sederhana untuk membujuk anak yang tidak mau makan. Jika ibu memiliki cara lain, jangan lupa tulis di kolom komentar, ya.

Beri Komentar