10 Cara Membuat Pentol Bakso Sapi, Ayam, dan Ikan yang Enak dan Kenyal Khas Solo

Reporter : Yayuk Harini
Jumat, 6 Maret 2020 22:37
10 Cara Membuat Pentol Bakso Sapi, Ayam, dan Ikan yang Enak dan Kenyal Khas Solo
Nggak perlu beli lagi, buat aja pentol bakso di rumah. Dijamin mudah anti gagal.

Mau makan enak nggak harus yang mahal-mahal, kok. Kamu juga nggak perlu tuh mendatangi restoran mewah. Yap, kamu bisa banget membuat olahan makanan enak sendiri di rumah. Salah satu menu makanan enak yang bisa kamu buat di rumah adalah pentol bakso yang empuk dan kenyal melegenda ini.

Nggak perlu khawatir gagal, kamu tentunya bisa banget membuat olahan bakso yang simple dan tentunya lezat menggoda. Selain ekonomis, kamu bisa membuat olahan bakso dengan porsi yang lebih banyak dan tentunya sehat, cocok untuk hidangan keluarga tercinta. Dijamin nih, suami bakal memuji masakanmu. Langsung saja deh simak resep mudah cara membuat pentol bakso yang telah Diadona ulas di bawah ini. Kuy... segera eksekusi! Selamat mencoba!

 

1 dari 10 halaman

1. Cara Membuat Pentol Bakso Sapi

Ilustrasi Bakso Daging Sapi

Olahan pentol bakso pertama yang bisa kamu buat adalah dengan menggunakan bahan daging sapi yang berserat ini. Kamu disarankan untukm emngggunakan daging sapi yang rendah lemak, pentol bakso yang dihasilkan akan gurih dan kenyal. Langsung saja deh simak secara tuntas resep cara membuat pentol bakso sapi berikut ini.

Bahan:
- 500 gram daging sapi
- 4 butir bawang putih, goreng
- 80 gram kanji
- 80 gram es batu, hancurkan
- 3 sdt garam
- 1 sdt baking powder
- Secukupnya merica bubuk
- 1 butir putih telur

Cara membuat pentol bakso sapi:

  1. Masukkan daging dalam choper, putar hingga setengah halus. Masukkan es batu lalu putar lagi hingga halus. Masukkan juga putih telur dan putar lagi hingga tercampur rata. Terakhir tambahkan bawang putih, kanji, garam, baking powder, dan merica bubuk. Putar lagi hingga adonan tercampur rata dan halus.
  2. Panaskan air dalam panci dengan menggunakan bara api kecil. Saat air sudah panas dan nggak sampai mendidih, segera bulat-bulatkan adonan pentol dengan menggunakan tangan dan sendok.
  3. Masukkan bulatan pentol dalam panci, jika sudah mengembang dan mengapung, maka bertanda pentol sudah matang. Angkat dan tiriskan, pentol bakso sapi siap dihidangkan.

2 dari 10 halaman

2. Cara Membuat Pentol Bakso Ayam

Ilustrasi Bakso Daging Ayam

Selain menggunakan daging sapi, kamu juga bisa mengombinasikan daging ayam sebagai menu pentol bakso yang lezat. Yap, daging ayam yang merupakan makanan sejuta umat ini memang cocok kamu buat menjadi pentol dan nggak melulu diolah dengan cara digoreng biasa. Langsung saja simak resep selengkapnya cara membuat pentol bakso ayam di bawah ini.

Bahan:
Adonan basah:
- 500 gram daging ayam, pastikan tidak ada kulit dan tulang
- 2 butir telur
- 8 siung bawang putih
- 1 sachet lada bubuk, ladaku
- 1 sdm garam halus
- 1 sdt baking powder
- 1 sdm kaldu bubuk, royko
- 1 gelas es batu

Bahan kering:
- 300 gram tepung tapioka
- Daun bawang sesuai selera, rajang halus

Cara membuat pentol bakso ayam:

  1. Blender halus semua adonan basah. Tuangkan adonan ke dalam baskom, lalu masukkan tepung tapioka sedikit demi sedikit. Masukkan juga daun bawang agar adonan tidak pucat.
  2. Didihkan air dalam panci. Kecilkan bara api ketika air sudah mendidih. Bulatkan pentol menggunakan tanagn dan sendok satu per satu hingga adonan habis. Angkat dan tiriskan pentol yang telah mengapung. Pentol bakso ayam siap dihidangkan dengan sambal atau kecap.

3 dari 10 halaman

3. Cara Membuat Pentol Bakso Kasar

Ilustrasi Bakso Malang

Ketika kamu makan bakso Malang, mungkin kamu menemui bakso dengan tekstur kasar. Nah, kamu bisa juga tuh membuat olahan pentol bakso dengan tekstur kasar ini di rumah. Tenang, cara membuat pentol bakso ini nggak ribet kok. Bisa banget kamu buat dengan menyimak resep cara membuat pentol bakso kasar sederhana di bawah ini.

Bahan:
- 500 gram daging sapi
- 250 gram tepung tapioka
- 2 butir telur
- Secukupnya es batu
- Secukupnya air

Bumbu:
- 10 siung bawang putih, goreng
- 5 buah bawang merah, goreng
- 3 siung bawang putih, mentah
- 3 buah kemiri
- 2 sdm garam
- 2 sdm gula pasir
- 1 bungkus merica/lada bubuk
- 1 sdm saos teriyaki, saori
- 1/2 sdm baking powder
- 1/2 sdt baking soda
- Secukupnya daun bawang

Cara membuat pentol bakso kasar:

  1. Potong dadu dan kecil-kecil daging. Haluskan bawng putih mentah, bawang merah dan bawang putih goreng, juga kemiri. Cincang halus daun bawang. PAnaskan api untuk merebus.
  2. Giling hingga halus potongan daging menggunakan blender dan tambahakan es batu 2 cup. MAsukkan telur, bumbu halus, garam merica bubuk, gula pasir, baking powder, baking soda, saos teriyaki, dan irisan duan bawang. Giling semua bahan hingga rata.
  3. Campurkan dengan tepung tapioka, kemudian uleni hingga tercampur rata. Matikan kompor saat air sudah mendidih. Ambil adonan dan bulatkan adonan dengan tangan dan sendok, lalu masukkan dalam air yang sudah mendidih tadi. Lakukan hingga adonan habis. Nyalakan api dan masak hingga adonan pentol tadi mengapung.

4 dari 10 halaman

4. Cara Membuat Pentol Bakso Ikan

Ilustrasi Bakso Ikan Tenggiri

Jika kamu memiliki bahan ikan di kulkas, kamu bisa juga mengolahnya menjadi pentol bakso yang enak dan kenyal. Yap, nggak melulu menggunakan daging sapi dan ayam, kamu bisa berkreasi membuat olahan pentol bakso dengan bahan daging ikan. Daging yang digunakan bisa ikan apapun kok. Yuk, langsung saja deh simak resep cara membuat pentol bakso ikan berikut ini.

Bahan:
- 1 kg ikan tuna
- 5 sdm munjung tepung tapioka
- Garam secukupnya
- 1 bungkus masako
- 6 siung bawang putih
- 1 bungkus merica

Cara membuat pentol bakso ikan:

  1. Siangi ikan dan kupas kulitnya. Blender bahan ikan hingga halus. Ulek bawang putih, camurkan dengan merica, garam, dan penyedap. Setelah semua bahan tercampur, masukkan ikan yang sudah dihaluskan beserta tepung tapioka.
  2. Aduk bahan hingga rata, tes rasa. Jika adonan dirasa pas maka bulatkan seperti bakso. Masak adonan yang sudah dibulatkan dalam air. Jika sudah mengapung, angkat dan tiriskan.

5 dari 10 halaman

5. Cara Membuat Pentol Bakso Tanpa Daging

Ilustrasi Cilok Bandung

Pentol bakso juga bisa kamu buat tanpa menggunakan daging. Yap, memang mudah kok membuat olahan pentol basko ini. Anti ribet dan tentunya disukai semua keluarga! Yuk, segera eksekusi bahan-bahannya dengan melihat resep cara membuat pentol bakso tanpa daging berikut ini.

Bahan:
- 10 sdm tepung terigu
- 1 sdt garam, lada secukupnya
- Air biasa/hangat
- Secukupnya minyak goreng

Cara membuat pentol bakso tanpa daging:

  1. Campurkan bahan tepung terigu, garam, lada, dan air hangat hingga tercampur rata. DIdihkan air dalam panci dan masukkan sedikit garam dan minyak. Campur sedikit minytak dalam adonan agar nggak lengket.
  2. Bentuk adonan menjadi bulat dan masukkan ke dalam air yang sudah mendidih. Tunggu hingga adonan pentol mengapung, angkat dan tiriskan. Pentol bakso tanpa daging siap dihidangkan.

6 dari 10 halaman

6. Cara Membuat Pentol Bakso Solo

Cara Membuat Bakso Daging Ayam, Ikan, dan Sapi Dijamin Enak

Pasti kamu sudah nggak asing lagi dengan tulisan " Bakso Solo" di setiap rumah makan atau tenda pinggiur jalan. Nggak harus membelinya, kamu tentunya bisa banget membuat pentol bakso Solo yang enak, gurih dan kenyal ini. Simak saja langsung resep mudah cara membuat pentol bakso Solo berikut ini.

Bahan:
- 250 gram daging sapi
- 250 gram daging ayam
- 70 gram es batu
- 4 sdm tepung tapioka
- 1 butir putih telur
- 1 sdm bawang putih, goreng
- 1 sdt bawang merah, goreng
- 1 sdm garam kasar
- 1 sdt lada
- 1/4 sdt kaldu sapi bubuk
- 1/4 sdt baking powder

Cara membuat pentol bakso solo:

  1. Potong kecil-kecil dagig sapi dan ayam, giling dan haluskan menggunakan chopper. Masukkan juga es batu kemudian giling lagi hingga halus. Tambahkan pula semua bahan bumbu, telur, dan baking powder. Giling lagi adonan hingga tercampur rata. Terakhir masukkan tepung tapioka dan giling lagi hingga halus.
  2. Siapkan air panas yang diberi sedikit minyak goreng. Bulat-bulatkan adonan bakso, setelah semua adonan habis dibulatkan, nyalakan kompor dan masak bulatan bakso hingga mengapung dan matang, angkat dan tiriskan.

7 dari 10 halaman

7. Cara Membuat Pentol Bakso Kenyal

Ilustrasi Bakso Ikan

Pentol bakso secara umum memiliki tekstur yang kenyal dengan rasa yang lezat dan gurih menggoda. Nah, pentol bakso ini memang banyak sekali dijajakan oleh para pedagang lapak pinggir jalan atau restoran. Eits, nggak perlu terus-terusan beli di luar, kamu bisa kok membuat olahan bakso yang kenyal ini di rumah. Langsung saja simak resep cara membuat pentol bakso kenyal di bawah ini.

Bahan:
- 500 gram daging sapi rendah lemak
- 100 gram daging ayam
- 250 gram es batu
- 5 sdm tepung tapioka
- 2 sdt garam
- 2 sdt baking powder
- 1/2 sdt lada bubuk
- 1 sdt gula pasir
- 4 siung bawang putih, haluskan

Cara membuat pentol bakso kenyal:

  1. Haluskan daging sapi dan ayam menggunakan chopper kemudian tambahkan es batu. Giling hingga tercampur rata. Masukkan tepung, baking powder, garam, gula, lada bubuk, dan bawang putih. Giling semua bahan hingga tercampur rata.
  2. Ambil adonan lalu bulatkan menggunakan tangan dan sendok. Panaskan terlebih dahulu air lalu masukkan bulatan pentol ke dalamnya. Masak pentol hingga mengapung, angkat dan tiriskan.

8 dari 10 halaman

8. Cara Membuat Pentol Bakso yang Enak

Ilustrasi Bakso Ikan

Pentol bakso yang enak dan nikmat memang menjadi idola semua pencinta kuliner nusantara. Tentunya kamu juga harus mencoba membuat oalahan pentol bakso enak ini di rumah. Nggak perlu ribet, yuk simak resep cara membuat pentol bakso yang enak di bawah ini.

Bahan:
- 250 gram ayam dada
- 100 gram tepung kanji
- 2 sdm tepung terigu
- 2 sdm tepung maizena
- Sedikit air es
- 2 siung bawang putih
- Sedikit ladaku
- 1 butir telur
- Penyedap rasa ayam dan garam

Cara membuat pentol bakso yang enak:

  1. Cincang dan blender daging ayam dengan telur hingga halus. Haluskan bawang putih dengan garam, lalu masukkan semua bahan dan campurkan air es sedikit.
  2. Masak air hingga mendidih. Masukkan adonan bakso yang sudah dicetak bulat-bulat. Masak hingga bakso mengapung. Angkat dan tiriskan bakso yang sudah mengapung dan matang.

9 dari 10 halaman

9. Cara Membuat Pentol Bakso Bakar

Ilustrasi Pentol Bakso Bakar

Kamu juga bisa membuat olahan varian pentol bakso yang lain. Yap, kamu bisa membakar bulatan pentol bakso ini dengan bahan bumbu bakaran yang nikmat dan sedap. Simak saja langsung resep cara membuat pentol bakso bakar berikut ini.

Bahan:
- 500 gram daging sapi, blender/giling
- 50 gram tepung kanji
- 50 gram tepung trigu
- Es batu, hancurkan
- 4 siung bawang putih, haluskan
- 1 butir telur
- 1 sdt garam
- 1/2 sdt lada bubuk
- 2 liter air, untuk merebus

Bumbu bakar:
- Kecap manis
- Minyak goreng

Cara membuat pentol bakso bakar:

  1. Campurkan bahan tepung kanji, tepung terigu dengan bawang putih halus, lada bubuk, daging giling dan telur. Uleni dan aduk dengan alat atau blender. Masukkan sedikit demi sedikit es batu hingga adonan bisa dibentuk.
  2. Didihkan air dalam panci, bulatkan adonan bakso dan masukkan dalam air yang mendidih. Jika bulatan bakso sudah mengapung, diamkan sejenak, angakat dan tiriskan.
  3. Bakar petol bakso di atas pan atau aang dengan diolesi bumbu bakar yang sudah disiapkan. Bakar hingga berubah warna kecoklatan lalu siap disajikan.

10 dari 10 halaman

10. Cara Membuat Pentol Bakso Goreng

Ilustrasi Pentol Bakso Goreng

Selain dibakar, kamu juga bisa menggoreng olahan pentol bakso ini dengan mudah dan sederhana. Dijamin enak dan gurih deh. Jangn lupa kamu juga bisa menambahkan cocolan saus dan kecap. Yuk, langsung saja simak resep cara membuat pentol bakso goreng di bawah ini.

Bahan:
- 400 gram tepung segitiga biru
- 20 buah bakso
- 1 bungkus royco rasa ayam
- Minyak secukupnya

Bumbu yang dihaluskan:
- 15 biji cabai keriting
- 1 buah tomat kecil
- 3 siung bawang merah
- 1 siung bawang putih
- 3 sdm saos sambal belibis

Cara membuat pentol bakso goreng:

  1. Haluskan bumbu sambal lalu goreng setengah matang. Tambahkan air hangat dan 2 sdm saos belibis, aduk hingga rasanya pas sesuai selera. Rebus bakso sekitar 5-10 menit dengan menggunakan api sedang hingga bakso matang, angkat dan tiriskan.
  2. Masukkan tepung ke dalam wadah dan royco. Berikan sedikit air lalu masak hingga mengental. Masukkan bakso ke dalam tepung kental tadi. Goreng bakso hingga putih kekuningan. Pentol bakso siap disajikan dengan sambal.

Itulah beberapa resep mudah cara membuat pentol bakso yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Dijamin kamu bakal suka dan ketagihan. Yuk, segera persiapkan bahan-bahannya!

Baca juga yuk: 6 Resep Cara Membuat Bakso Ikan yang Lezat, Enak dan Sederhana di Rumah

Beri Komentar