10 Manfaat Makan Tahu Buat Tubuh, Nggak Bakal Rugi Jadi Menu Tiap Hari

Reporter : Wuri Anggarini
Jumat, 28 Februari 2020 12:00
10 Manfaat Makan Tahu Buat Tubuh, Nggak Bakal Rugi Jadi Menu Tiap Hari
Sehat untuk dikonsumsi setiap hari, ada berbagai manfaat tahu yang pastinya baik untuk tubuhmu.

Tahukah kamu jika di Amerika saja, tingkat konsumsi burger mencapai angka 50 miliar setiap tahun, bahkan disebut-sebut cukup untuk mengelilingi bumi sebanyak 32 kali. Tapi, kini makin banyak orang yang sadar akan kesehatan dan mulai mengurangi konsumsi produk hewani. Alternatifnya, nggak sedikit yang memilih menyantap produk berbahan kedelai. Selain tempe, manfaat makan tahu setiap hari terbukti dapat membantu menjaga kesehatan.

Ditemukan sekitar 2000 tahun yang lalu, saat seorang juru masak Cina yang secara nggak sengaja mengentalkan susu kedelai dengan menambahkan rumput laut nigari, kini tahu jadi sumber protein yang mudah didapatkan, murah dan dapat diolah menjadi berbagai hidangan. Sehat untuk dikonsumsi setiap hari, ada berbagai manfaat yang didapat dengan memasukkan tahu ke dalam pola makan sehari-hari.

1 dari 10 halaman

Manfaat Makan Tahu Setiap Hari Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

10 Manfaat Makan Tahu Buat Tubuh, Nggak Bakal Rugi Jadi Menu Tiap Hari

Sering disebut silent killer, penyakit jantung di Amerika menyebabkan satu dari setiap empat kematian setiap tahunnya. Disebabkan oleh pembuluh darah yang menyempit atau tersumbat oleh penumpukan lemak, manfaat makan tahu secara rutin bisa membantu.

Tahu dapat membantu menurunkan kolesterol sehingga mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Para ahli menyarankan konsumsi 20 gram protein kedelai dan 80 gram isoflavon per minggu efektif, atau sekitar 4 ons tahu per hari. Salah satu cara termudah untuk memasukkan tahu ke dalam menu makan sehari-hari adalah mengganti protein hewani dengan bahan nabati.

2 dari 10 halaman

Tahu Mencegah Kanker

Salah satu diagnosa paling menakutkan yang dapat diterima dari dokter kanker. Kabar baiknya, manfaat makan tahu setiap hari telah dikaitkan dengan tingkat kanker yang lebih rendah. Kandungan fitoestrogen, estrogen yang secara alami ada di kedelai terbukti bermanfaat dalam mencegah dan memperlambat perkembangan kanker. Mulai dari kanker payudara, kanker lambut, hingga prostat.

3 dari 10 halaman

Menurunkan Kadar Kolesterol

10 Manfaat Makan Tahu Buat Tubuh, Nggak Bakal Rugi Jadi Menu Tiap Hari

Kolesterol LDL (low-density lipoprotein) dapat memicu terbentuknya plak yang dapat menyumbat pembuluh darah, sehingga memicu serangan jantung atau stroke. Di antara banyak cara untuk mencegah kadar kolesterol tinggi, makanan yang terbuat dari kedelai mampu menurunkan kadar kolesterol. Penelitian pun menunjukkan manfaat makan tahu tiap hari dapat membantu menurunkan kolesterol LDL sebesar 5-6persen.

4 dari 10 halaman

Tahu Mengurangi Risiko Anemia

Anemia merupakan kondisi kesehatan yang ditandai dengan kekurangan sel darah merah atau hemoglobin dalam darah, sehingga menyebabkan seseorang tampak pucat dan gampang lelah. Ada beberapa pemicu anemia, namun yang paling umum adalah rendahnya zat besi dalam darah.

Manfaat makan tahu setiap hari dapat secara efektif mengurangi risiko anemia berkat kandungan zat gizi yang cukup besar. Selain itu kombinasi zat besi, tembaga dan mangan membantu tubuh saling menyerap dan ketiganya membantu meningkatkan energi tubuh.

5 dari 10 halaman

Tahu sebagai Sumber Kalsium

10 Manfaat Makan Tahu Buat Tubuh, Nggak Bakal Rugi Jadi Menu Tiap Hari

Selama ini, kita mengenal sumber kalsium yang berasal dari produk susu dan olahannya seperti keju dan yogurt. Sejumlah penelitian telah menunjukkan jika kebutuhan kalsium yang tercukupi setiap harinya dapat mencegah atau memperlambat risiko osteoporosis dengan menjaga tulang tetap kuat dan sehat. Bukan hanya berdampak pada kesehatan tulang, kalsium juga dibutuhkan untuk menjaga fungsi saraf, kerja otot dan pembekuan darah.

Manfaat makan tahu setiap hari akan menyumbang 253mg kalsium atau sekitar 25% dari kebutuhan harian yang direkomendasikan. Ini merupakan kabar gembira bagi penganut pola makan vegan atau yang sedang bosan menyantap produk hewani. Serunya lagi, tahu mudah dimasukkan dalam menu makan sehari-hari sehingga banyak variasi hidangan yang dapat dinikmati. Mulai dari dijadikan topping pizza hingga membuat minuman shake yang kental dan mengenyangkan.

6 dari 10 halaman

Tahu Mengelola Berat Badan

Sedang mencari makanan yang mengenyangkan tapi nggak bikin berat badan meningkat dengan drastis? Say hello to tofu! Tahu telah terbukti sangat mengenyangkan karena tingginya kadar protein dan serat yang dikandungnya.

Memasukkannya secara teratur dalam pola makan harian dapat membantumu mencegah makan berlebihan. Manfaat makan tahu yang punya lebih sedikit kalori bisa memerangi obesitas dan masalah yang terkait kelebihan berat badan. Caranya cukup mudah, masukkan tahu ke semangkuk salad, campurkan dalam smoothie buah, atau kukus untuk mengurangi asupan minyak.

7 dari 10 halaman

Meningkatkan Fungsi Ginjal

10 Manfaat Makan Tahu Buat Tubuh, Nggak Bakal Rugi Jadi Menu Tiap Hari

Ginjal termasuk organ penting yang rentan mengalami kerusakan akibat pengaruh penyakit lainnya, salah satunya diabetes. Untungnya ada cara mudah untuk mencegahnya yaitu dengan manfaat makan tahu setiap hari. Protein, khususnya yang terdapat pada kedelai dapat meningkatkan fungsi ginjal, bahkan baik bagi mereka yang sedang menjalani pengobatan karena kondisi ginjalnya yang memburuk.

8 dari 10 halaman

Mengurangi Risiko Diabetes dengan Makan Tahu Setiap Hari

Pola makan yang tinggi gula dan kalori, serta kurang gerak dapat meningkatkan risiko terkena diabetes. Untuk menjalani hidup yang lebih sehat, pertimbangkan untuk menukar daging dengan manfaat makan tahu setiap hari.

Penderita diabetes tipe 2 sering mengalami penyakit ginjal, yang memicu tubuh mengeluarkan protein yang berlebihan dalam urin. Penelitian telah membuktikan jika mereka yang hanya mengonsumsi protein kedelai dalam pola makan sehari-hari akan meringankan kerja ginjal ketimbang yang hanya konsumsi protein hewani.

9 dari 10 halaman

Hidup Lebih Lama, Makan Tahu Setiap Hari

10 Manfaat Makan Tahu Buat Tubuh, Nggak Bakal Rugi Jadi Menu Tiap Hari

Bagi kebanyakan orang, mampu menjalani usia tua dengan kondisi tubuh yang sehat merupakan tujuan hidup yang penting. Itulah mengapa sebaiknya sejak dini sudah memperhatikan apa saja yang dimakan, mencoba untuk rutin berolahraga, hingga berusaha untuk memiliki cukup tidur.

Ternyata, manfaat makan tahu setiap hari juga dapat membantu siapa saja menjalani hidup yang lebih panjang. Selain membantu menurunkan berat badan, menurut hasil penelitian yang dimuat di Journal of Nutrition, tahu dapat menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kadar insulin. Gabungan dua faktor tersebut dipercaya dapat memperpanjang masa hidup.

10 dari 10 halaman

Menjaga Kesehatan Otak

Kini penyakit seperti Alzheimer dan Parkinson sudah bukan hal asing yang didengar. Kebanyakan menyerang manula, persiapkan kesehatan sedini mungkin dengan menikmati manfaat makan tahu.

Penelitian telah menunjukkan jika orang-orang mengonsumsi lebih banyak produk berbahan kedelai, maka risiko gangguan mental yang terkait dengan pertambahan usia akan menurun. Hal ini dipicu oleh kandungan lesitin dalam tahu memainkan peran penting dalam fungsi saraf yang baik.

Manfaat makan tahu memang beragam bagi kesehatan tubuh. Namun, seperti asupan nutrisi lainnya, pastikan untuk memakan secukupnya. Konsumsi tahu yang terlalu banyak dapat membebani tubuh dengan banyaknya nutrisi yang dikandungnya.

Ganti salah satu menu yang mengandung protein hewani dengan tahu. Misalnya santap tofu taco atau burger tahu alih-alih daging sapi giling, atau ketimbang menyantap ayam bakar, ganti dengan tahu panggang yang dinikmati bersama sayuran rebus. Untuk menu sarapan lezat dan mengenyangkan, sesekali pilih menu tofu scramble atau smoothie yang dibuat dengan menghaluskan tahu sutra dan buah favoritmu.

Berawal dari kebiasaan sehat yang sederhana, nikmati manfaat makan tahu setiap hari untuk menjaga kesehatan tubuh. Yuk, mulai sejak dini! (eth)

Beri Komentar