11 Manfaat Jamur Kuping Hitam, Nggak Hanya Enak Dimakan Tapi Sudah Jadi Obat Sejak Abad Ke-6

Reporter : Iwan Tantomi
Jumat, 7 Februari 2020 21:01
11 Manfaat Jamur Kuping Hitam, Nggak Hanya Enak Dimakan Tapi Sudah Jadi Obat Sejak Abad Ke-6
Siap mengulik manfaat jamur kuping hitam buat kesehatanmu?

Buat penikmat kuliner khususnya Chinese food mungkin sudah familiar dengan jamur kuping berwarna hitam. Seperti namanya, bentuk jamur ini memang menonjol dibanding jenis lainnya karena tidak memiliki batang dan bagian payungnya mirip telinga berwarna hitam.

Jamur kuping hitam sering dimanfaatkan untuk masakan Asia karena teksturnya yang renyah dan rasanya yang ringan. Walau punya rasa kayu yang kuat saat mentah, jamur yang punya nama latin Auricularia auricular cenderung menyerap rasa apa saja yang ikut dimasak bersamanya sehingga menjadikan jamur ini sebagai tambahan yang tepat buat sup, tumisan maupun salad.

Bentuk jamur yang mirip kipas ini tumbuh di pohon yang membusuk, uniknya mempengaruhi warna jamur kuping, mulai dari cokelat kekuningan, cokelat gelap bahkan hitam. Namun yang banyak dijual di pasaran dalam bentuk segar atau dikeringkan adalah jamur kuping hitam yang harganya lebih mahal daripada jamur shiitake.

Menjadi bahan masakan Cina sejak abad keenam, jamur ini dijuluki sebagai black treasure. Bukan hanya membawa tekstur yang unik dan citarasa lezat ke dalam masakan, jamur kuping hitam juga penuh dengan beragam nutrisi penting dan antioksidan. Siap mengulik manfaat jamur kuping hitam buat kesehatanmu?

1 dari 6 halaman

1. Membantu Memerangi Sel Kanker

Jamur Kuping

Mengandung antioksidan penangkal penyakit, berbagai penelitian telah menunjukkan jika ekstrak jamur kuping hitam dapat membantu melawan pertumbuhan sel kanker. Seperti hasil penelitian yang dilakukan oleh Kyungpook National University di Korea yang menemukan jamur kuping hitam efektif membunuh sel tumor yang menyerang paru-paru, tulang dan perut.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu manfaat jamur kuping hitam yang telah terbukti dari beberapa penelitian adalah khasiatnya dalam melindungi tubuh dari penyakit jantung. Sifat hipolipidemik dalam jamur ini membantu menjaga kadar kolesterol, bahkan menurunkan kadar kolesterol LDL yang buruk bagi jantung.

2 dari 6 halaman

3. Kaya akan Antioksidan

Jamur Kuping

Seperti jenis jamur lainnya, jamur kuping hitam juga tinggi kandungan antioksidan dan polifenol yang memiliki dampak positif bagi kesehatan tubuh. Antioksidan sendiri merupakan senyawa yang membantu melawan pembentukan radikal bebas dan melindungi sel dari kerusakan oksidatif. Selain itu, antioksidan juga dipercaya dapat membantu mencegah penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

4. Menghambat Pertumbuhan Bakteri

Selain menjadi sumber antioksidan, jamur kuping hitam juga memiliki antimikroba yang kuat sehingga dapat membantu menangkal jenis bakteri tertentu. Menurut hasil penelitian yang dimuat dalam International Journal of Medicinal Mushroom, manfaat jamur kuping hitam efektif menghambat perkembangan Escherichia coli dan Staphylococcus aureus, dua jenis bakteri yang memicu infeksi pada manusia.

3 dari 6 halaman

5. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Jamur Kuping

Seperti jenis jamur lainnya, jamur kuping hitam menawarkan prebiotik, terutama dalam bentuk beta-glukan. Prebiotik sendiri merupakan sejenis serat yang memberi makan bakteri sehat dalam usus sehingga membantu meningkatkan kesehatan pencernaan.

Menariknya, manfaat jamur kuping hitam ini juga berkaitan erat dengan kekenalan tubuh. Prebiotik di dalamnya dianggap mampu meningkatkan respon kekebalan pada bakteri pathogen yang dapat membuatmu mengalami gangguan kesehatan.

6. Jamur Kuping Mudah Dicari dan Disimpan

Ada banyak manfaat jamur kuping hitam yang bisa didapat hanya dengan memadukannya ke dalam berbagai hidangan. Bisa saja mencari jamur yang masih segar, tapi jauh lebih mudah menemukan dalam bentuk kering.

Jika mendapatkan jamur kuping hitam segar maka dapat disimpan dalam kantong zip top di dalam lemari es selama beberapa hari. Sedangkan jamur yang kering bisa disimpan selama satu tahun saat disimpan dalam lingkungan yang sejuk dan kering.

4 dari 6 halaman

7. Kemudahan Mengolah Jamur Kuping Hitam

Jamur Kuping

Untuk menggunakannya, jamur kuping hitam hanya perlu direndam dalam air hangat sekitar 15 menit hingga mengembang beberapa kali lipat dari ukuran sebelumnya. Sedangkan untuk jamur yang masih segar, cukup potong pangkal yang masih tertutup sekam lalu cuci di bawah aliran air hingga bersih. Seduh dengan air panas sebelum dimasak untuk menghilangkan aroma kayunya.

Tergantung pada resepnya, jamur kuping hitam dapat ditambahkan dalam bentuk utuh atau potongan sesuai dengan hidangan yang akan dibuat. Tambahkan jelang akhir memasak agar tidak kehilangan tekstur renyahnya. Begitu juga saat akan dimasukkan ke dalam sup, rendam terlebih dahulu baru potong-potong sesuai selera.

8. Bisa Diolah Menjadi Sup Jamur Kuping

Hanya punya sedikit waktu untuk mempersiapkan makan pagi atau malam, sup jamur kuping hitam ini bisa jadi pilihan. Pertama, rendam jamur kuping hitam kering selama 15 menit hingga mengembang dan tekturnya menjadi lembut, sisihkan. Di panci, masukkan air dan tunggu hingga mendidih baru masukkan jamur yang sudah dipotong-potong.

Bumbui dengan garam, lada putih dan garlic powder lalu aduk rata. Tambahkan beberapa sendok makan oatmeal instan sambil diaduk disusul frozen vegetable dan masak sebentar. Teksturnya yang lebih kental dengan aneka sayuran di dalamnya cocok untuk mengisi perut hingga kenyang lebih lama.

5 dari 6 halaman

9. Dimasak Jadi Bakso Jamur Kuping

Bakso

Siapa yang bisa menolak semangkuk kaldu hangat dengan bola-bola bakso yang lezat? Kali ini jajal membuat bakso tanpa daging dan menggantinya dengan jamur kuping yang memiliki tekstur kenyal dan mirip daging.

Pertama, buat bakso dengan cara menghaluskan jamur kuping dan peras airnya. Tambahkan putih telur lalu aduk rata. Masukkan tepung sagu, garam, lada dan aduk hingga adonan menyatu. Buat bulat-bulat kecil layaknya membuat bakso pada umumnya.

Saatnya membuat kuah, awali dengan menghaluskan bawang emrah, bawang putih dan daun bawang. Masukkan ke dalam air yang berada di dalam panci lalu bumbui dengan garam dan lada secukupnya. Masak hingga mendidih dan masukkan bakso jamur hingga mengapung dan matang. Sajikan hangat dalam mangkuk dengan tambahan mie kuning, bawang goreng, dan cacahan daun seledri.

10. Dijadikan Salad Jamur Kuping Hitam

Selama ini, salad sering dikaitkan dengan aneka sayur atau buah yang diguyur saus yang creamy atau berbasis minyak. Namun kali ini demi mendapatkan manfaat jamur kuping hitam bagi kesehatan, tidak ada salahnya menjajal resep mudah berikut ini.

Siapkan jamurnya dengan merebus jamur kuping dalam air mendidih yang sudah diberi garam selama 3 menit, tiriskan. Campur semua bahan saus yang terdiri dari kecap asin, kaldu bubuk, minyak wijen, cukai dan cabai rawit merah. Tata jamur kuping hitam yang sudah direbus bersama potongan wortel dan irisan daun bawang lalu tuangkan sausnya. Bisa disajikan selagi jamur masih hangat atau sudah dingin, sama enaknya.

6 dari 6 halaman

11. Ditumis Brokoli dan Jamur Kuping Hitam

Jamur Kuping

Mudah, murah dan dapat disiapkan dalam sekejap. Resep tumis sayur dan jamur kuping hitam bakal jadi favorit karena bukan hanya lezat tapi juga praktis. Gunakan brokoli, sawi atau ganti dengan sayuran hijau lainnya yang tak kalah sedap.

Pertama, siapkan dulu brokolinya dengan merebusnya dalam air mendidih selama 2 menit, angkat dan tiriskan. Lanjutkan dengan merendam jamur kuping hitam dalam air panas hingga mengembang lalu potong sesuai selera.

Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum dengan sedikit minyak. Lanjutkan dengan memasukkan jamur kuping hitam, saus tiram, lada hitam, cabai rawit, dan garam. Masak hingga bumbu meresap lalu tambahkan brokoli dan larutan maizena. Masak hingga kuah mengental dan jangan lupa koreksi rasa.

Untuk menjaga kesehatan tak harus mengandalkan bahan makanan yang langka dan mahal harganya. Sesederhana bentuknya, ternyata banyak manfaat jamur kuping hitam yang bisa dinikmati khasiatnya.

Beri Komentar