14 Manfaat Telur Asin yang Bikin Tubuh Makin Fit Plus Ide Menu Olahan Kekinian

Reporter : Wuri Anggarini
Selasa, 25 Februari 2020 19:00
14 Manfaat Telur Asin yang Bikin Tubuh Makin Fit Plus Ide Menu Olahan Kekinian
Simak ulasan selengkapnya di sini, yuk!

Telur menjadi salah satu makanan yang paling sering dikonsumsi karena mudah dalam melakukan pengolahan. Mulai dari digoreng untuk sarapan, dijadikan isian salad, hingga bahan utama pancake, kehadiran telur menjadi bagian penting dari banyak hidangan. Selain telur ayam, ada jenis telur lain yang sering digunakan untuk olahan masakan, yaitu telur bebek yang popularitasnya semakin meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Buktinya, banyak tren kuliner dengan embel-embel salted egg laris manis di pasaran.

Rasanya yang gurih dengan tekstur sedikit kasar ternyata menjadi favorit banyak. Nggak hanya kekinian, ternyata ada sederet manfaat telur asin yang bisa bikin tubuh makin fit, lho. Simak ulasan selengkapnya di sini, yuk!

1 dari 17 halaman

Kandungan Protein yang Tinggi

Manfaat telur asin yang terbuat dari telur bebek ternyata memiliki kandungan protein yang tinggi untuk memenuhi nutrisi yang diperlukan tubuh. Dalam satu butir telur asin diperkirakan memiliki kandungan 9 gram protein yang berguna untuk membentuk otot, menjaga kebugaran tubuh dan baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

2 dari 17 halaman

Membantu dalam Pembentukan Sel Baru

Kaya akan kandungan protein, manfaat telur asin lainnya juga membantu dalam proses pembentukan sel baru di dalam tubuh. Kandungan protein yang ada dalam asupan telur asin dapat membantu proses regenerasi sel yang mengalami kerusakan. Jadi, mengonsumsi telur asin dapat membuat regenerasinya berjalan dengan lebih optimal.

3 dari 17 halaman

Baik untuk Kesehatan Tulang

Bahan makanan yang satu ini juga memiliki kandungan fosfor dan kalsium yang tinggi. Hal ini yang kemudian membuat manfaat telur asin baik untuk menjaga pertumbuhan tulang dan mencegah osteoporosis. Telur asin menjadi makanan yang direkomendasikan untuk menunjang masa tumbuh kembang anak, sehingga bisa meningkatkan tinggi badan dengan lebih optimal.

4 dari 17 halaman

Mencegah Gejala Anemia

Selain memiliki kandungan protein yang tinggi, telur asin juga kaya kandungan zat besi. Jadi, nggak heran jika manfaat telur asin lainnya adalah mencegah gejala anemia atau kekurangan darah. Anemia biasanya ditandai dengan gejala tubuh yang terasa lemas, lesu, mudah lelah, mual, pusing dan sakit kepala. Rutin mengonsumsi telur asin bisa membantu tubuh mencegah gejala kekurangan darah.

5 dari 17 halaman

Menjaga Kesehatan Mata

Tahu nggak kalau ternyata manfaat telur asin juga baik untuk menjaga kesehatan mata? Yup, makanan ini mengandung Vitamin A yang sangat baik untuk menjaga penglihatan tetap jernih dan mencegah gangguan pada kesehatan organ yang satu ini. Kesehatan mata yang terjaga dengan baik dapat membuat aktivitas sehari-hari makin optimal.

6 dari 17 halaman

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat telur asin lainnya adalah kandungannya yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Telur asin memiliki kadar selenium tinggi yang bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh. Zat tersebut juga yang bisa menangkal berbagai gangguan kesehatan yang sering menyerang sistem kekebalan tubuh, misalnya saja penyakit flu dan batuk.

7 dari 17 halaman

Melancarkan Peredaran Darah

Siapa sangka jika manfaat telur asin ternyata juga dapat melancarkan peredaran darah? Yup, benar sekali, makanan yang satu ini memiliki kandungan mineral yang cukup tinggi dan sangat baik untuk membantu melancarkan peredaran darah. Hal ini dapat memaksimalkan suplai darah yang membawa kandungan nutrisi tubuh ke organ-organ lain jadi berjalan lebih optimal. Peredaran darah yang lancar juga mencegah terjadinya penggumpalan pada pembuluh darah.

8 dari 17 halaman

Manfaat untuk Perkembangan Otak

Tahu nggak kalau manfaat telur asin ternyata juga baik untuk perkembangan otak, lho. Bahan makanan yang satu ini mengandung Omega 3, salah satu zat penting yang berperan untuk mendukung perkembangan otak. Telur asin direkomendasikan untuk dikonsumsi ibu hamil dan menyusui untuk menunjang perkembangan otak anak. Namun, pastikan konsumsinya jangan berlebihan karena bisa menyebabkan gejala hipertensi atau darah tinggi.

9 dari 17 halaman

Memiliki Kandungan Antioksidan

Mungkin nggak banyak yang tahu, tapi telur asin ternyata memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Hal ini menjadikan manfaat telur asin mampu menangkal radikal bebas yang dapat menjadi penyebab berbagai penyakit, salah satunya adalah kanker.

10 dari 17 halaman

Menjaga Kesehatan Kulit

Ini nih salah satu manfaat telur asin yang banyak disukai kaum hawa. Telur asin memiliki kandungan Vitamin E yang baik untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan yang satu ini baik untuk menutrisi kulit, membuatnya jadi lebih cerah, bersinar, dan lembut. Selain itu, Vitamin  juga membantu menjaga kesehatan kulit agar terhindar dari berbagai penyakit seperti ruam, infeksi, iritasi, jamur, eksim, dan lainnya.

11 dari 17 halaman

Meningkatkan Massa Otot

Kandungan protein yang tinggi dalam telur asin juga membantu untuk meningkatkan dan membentuk massa otot. Manfaat telur asin sangat direkomendasikan buat kamu yang sedang menjalani diet pembentukan tubuh. Kamu bisa mengonsumsi telur asin dengan cara dimakan langsung atau dikombinasikan dengan makanan lainnya menjadi olahan diet yang lezat.

12 dari 17 halaman

Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Manfaat telur asin lainnya dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Hal ini berkat kandungan protein di dalamnya yang bekerja mencerna, mendistribusikan, dan mengolah zat gizi yang diperoleh dari makanan dan minuman yang dikonsumsi sehingga proses metabolisme tubuh menjadi lebih baik dan lancar.

13 dari 17 halaman

Menurunkan Risiko Kolesterol

Kadar lipit darah seperti kolesterol LDL dan trigliserida yang tinggi memiliki dampak negatif untuk kesehatan. Pasalnya, kondisi tersebut bisa menyebabkan berbagai komplikasi medis yang berbahaya. Untungnya manfaat telur asin lain yang bisa dirasakan adalah menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida di dalam darah sehingga menurunkan risiko penyakit lainnya.

14 dari 17 halaman

Kandungan Nutrisi Lengkap untuk Memenuhi Gizi

Tahukah kamu jika telur asin memiliki kandungan nutrisi lengkap yang diperlukan tubuh? Selain memiliki kandungan protein yang tinggi, telur asin juga kaya akan kandungan karbohidrat dan lemak yang berperan sebagai bahan bakar untuk memberikan energi pada tubuh. Selain itu, telur asin juga kaya kandungan berbagai vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh. Jadi, manfaat telur asin lainnya adalah untuk memenuhi kebutuhan gizi seimbang sehari-hari.

Berbagai manfaat telur asin yang bisa kamu dapatkan membuatnya jadi rekomendasi makanan sehari-hari. Nah, berikut ini beberapa ide mengolah telur asin yang lezat dan juga sehat. Siap mencobanya di rumah?

15 dari 17 halaman

Olahan Telur Asin Kekinian

Bukan makanan baru, telur asin disebut meraih popularitas karena kesederhanaan rasanya yang kemudian dikombinasikan dengan kreativitas pengusaha kuliner untuk menciptakan tren yang jadi populer selama beberapa tahun terakhir ini. Salah satu yang mengawali kreasi telur asin adalah fish skin. Jadi camilan kekinian yang populer di Singapura, tren ini merambah ke Indonesia berkat kombinasi gurihnya telur asin dan keripik kulit ikan yang renyah.

16 dari 17 halaman

Bakpao Telur Asin

Penggemar dimsum dijamin bakal ketagihan saat menyantap bakpao hangat dengan isian telur asin yang lumer ini. Ada juga xiao long bao yang dikemas mirip kantong kecil berwarna oranye. Saat digigit, kombinasi daging dincang dan salted egg bakal menggoyang lidah.

17 dari 17 halaman

Kue dan Pastry Berisi Salted Egg

Bukan hanya dikenal sebagai sajian gurih, tren salted egg juga merambah pada kue dan pastry yang kenikmatannya selalu diburu. Dipadukan dengan kuliner tradisional dan khas, kuning telur asin meningkatkan citarasanya dan mengubahnya jadi sajian kekinian.

Pertama, ada variasi onde-onde berisi telur asin yang lumer saat digigit. Biasanya diisi kacang hijau atau cokelat, kini onde-onde pun tampil lebih modern dengan mengikuti booming-nya tren telur asin. Mengikuti jejak jajanan tradisional, ada juga mooncake atau kue bulan yang sering disajikan dalam perayaan Imlek. Tampilan luarnya memang tak tampak berbeda, tapi begitu diiris, kamu akan  melihat bulatan kuning telur yang menambah gurih kue cantik ini.

Terinspirasi dari pastry khas Perancis, croissant kini tampil dengan rasa yang lebih ramah lidah dengan isian kuning telur. Disajikan hangat, tetesan kuning telur saat pastry dibelah menyerupai emas yang sanggup bikin penikmatnya kepayang.

Tren besar berikutnya yang nggak kalah lezat adalah cheese tart. Kudapan cantik ini jadi favorit baru di Singapura karena perpaduan crust yang renyah dan isian yang terbuat dari salted egg yang lembut dan keju di bagian tengahnya.

Yuk, saatnya dapatkan manfaat telur asin dalam sajian favoritmu!

Beri Komentar