5 Resep Cara Masak Ayam Kecap Manis, Semur, dan Goreng yang Enak juga Sederhana

Reporter : Yayuk Harini
Senin, 20 Januari 2020 16:33
5 Resep Cara Masak Ayam Kecap Manis, Semur, dan Goreng yang Enak juga Sederhana
Ayam merupakan bahan makanan yang biasanya di masak oleh hampir semua ibu rumah tangga. Makanan ini juga paling disukai anak-anak. Yuk simak resep cara membuat ayam kecap di bawah ini!

Ayam merupakan olahan makanan yang banyak dan secara umum sering dimasak oleh ibu rumah tangga di Indonesia. Selain rasanya yang gurih dan nikmat, ayam tergolong bahan yang mudah dimasak dan memiliki harga yang relatif terjangkau untuk kalangan menengah. Selain itu ayam goreng juga merupakan makanan favorit anak-anak.

Banyak olahan dan variasi memasak bahan daging ayam ini. Salah satu variasi memasak ayam adalah dimasak dengan menggunakan kecap. Jika kamu suka olahan makanan dengan bumbu melimpah dan manis, maka kamu wajib mencoba membuat masakan ayam kecap ini di rumah. Yuk simak resep cara masak ayam kecap di bawah ini.

1 dari 5 halaman

Cara Masak Ayam Kecap Manis

Ilustrasi Ayam Kecap

Siapa sih yang nggak suka makanan ayam yang satu ini. Rasa manis dan bumbu rempah yang meresap sempurna menjadikan masakan ayam ini sulit untuk ditolak. Yuk simak resep cara masak ayam kecap manis di bawah ini.

Bahan:

- 500 gram ayam potong
- 2 batang daun bawang
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- 5 buah cabai rawit
- 100 ml air
- 2 buah cabai merah besar
- 4 siung bawang putih
- 4 sendok makan kecap manis
- 1/2 ruas jahe
- 1/2 buah bawang bombay
- 1 1/2 sendok teh garam
- 1 buah tomat
- Minyak goreng secukupnya

Cara masak ayam kecap manis:

  1. Potong ayam menjasi enam bagian. Memarkan bawang putih dan jahe. Iris bawang bombay dalam bentuk memanjang, kemudian iris menyerong daun bawang dan cabai merah besar. Potong-potong tomat seukuran dadu dan iris halus cabai rawit.
  2. Panaskan minyak kemudian goreng ayam sampai setengah matang. Tumis jahe, bawang bombay, dan bawang putih hingga layu. Masukkan ayam dan aduk sebentar.
  3. Tambahkan bahan kecap manis, air, garam, dan lada. Masak sampai air menyusut dan ayam matang. Selanjutnya masukkan tomat dan daun bawang. Aduk sebentar sampai cukup layu. Ayam kecap manis siap disajikan.

2 dari 5 halaman

Cara Masak Ayam Kecap Enak

Ilustrasi Ayam Kecap

Ayam kecap merupakan menu andalan yang bisa dijadikan pilihan hidangan saat makan besar dan acara keluarga. Yuk simak resep cara masak ayam kecap enak di bawah ini.

Bahan:

- 1 sdt garam
- 1 sdm kecap manis
- 1 ekor ayam
- 3 sendok makan margarin
- 75 gram bawang bombay iris
- 1 sdm kecap asin
- 2 sdm kecap Inggris atau worcestershire sauce
- 3 batang daun bawang potong sepanjang 4 cm
- 1 sdt air jeruk nipis
- Minyak goreng secukupnya

Bumbu halus:

- 1/2 sdt merica bubuk
- 2 siung bawang putih
- 1 sdt garam

Cara masak ayam kecap enak:

  1. Lumuri daging ayam dengan bumbu halus kemnudian goreng hingga matang. Angkat dan tiriskan minyaknya.
  2. Tumis bawang bombay hingga layu kemudian masukkan bumbu halus. Setelah tumisan harum, masukkan kecap Inggris, kecap asin, jeruk nipis, dan kecap manis.
  3. Masukkan ayam goreng lalu masak hingga bumbu meresap. Masukkan daun bawang dan aduk hingga layu, kemudian angkat dari kompor. Ayam kecap enak siap disajikan.

3 dari 5 halaman

Cara Masak Ayam Kecap Sederhana

Ilustrasi Ayam Kecap

Cara masak ayam kecap terbilang mudah. Penasarankan bagaimana membuatnya? Langsung saja simak resep cara masak ayam sederhana di bawah ini. 

Bahan:

- 1 ekor ayam potong-potong
- 1 bawang bombay potong dadu
- 2 sdm kecap manis
- 2 sdm margarin
- 150 ml air
- 3 siung bawang putih geprek
- 2 cabai merah buang bijinya dan iris tipis
- 1 buah tomat potong-potong
- 1 sdt garam
- 1/2 sdt merica bubuk

Cara masak ayam kecap sederhana:

  1. Lumuri ayam dengan jeruk nipis kemudian goreng setengah matang. Panaskan margarin di atas wajan. Tumis bawang bombay, bawang putih dan cabai hingga harum.
  2. Tambahkan tomat, kecap manis, garam dan merica. Aduk rata. Masukkan ayam dan tambahkan air. Aduk sampai bumbu rata. Masak ayam hingga bumbu meresap. Ayam kecap sederhana siap dihidangkan.

4 dari 5 halaman

Cara Masak Ayam Semur Kecap

Ilustrasi Ayam Kecap

Semur ayam kecap merupakan olahan yang juga wajib kamu masak saat acara jamuan makan keluarga. Makanan ayam sejuta umat ini memang selalu memiliki daya tarik sendiri. Yuk simak resep cara masak ayam kecap dengan bumbu semur di bawah ini.

Bahan:

- 1 ekor ayam
- 1 ruas lengkuas
- 1 liter air
- 100 ml kecap manis
- 1 ruas jahe
- 2 sdm bawang merah yang telah digoreng
- 7 buah cengkeh
- 1 sdt pala bubuk atau 1/2 butir pala yang diparut
- 4 lembar daun salam
- 1 batang serai yang dihaluskan

Bumbu halus:

- 6 buah kemiri
- 10 butir bawang merah
- 6 butir bawang putih
- 2 sdt ketumbar
- 2 sdt teh merica
- 2 sdt garam
- 1 sdt kaldu bubuk ayam

Cara masak ayam semur kecap:

  1. Potong dan cuci ayam hingga bersih. Taruh bumbu halus pada panci.
  2. Tumis ayam kemudian masukkan pada bumbu halus. Tambahkan air dan campur dengan kecap manis. Masak hingga matang dan sajikan.

5 dari 5 halaman

Cara Masak Ayam Goreng Kecap

      View this post on Instagram

Siang moms,,udh lama g share resep..karena lg males foto..tiba2 makanan abis aja sblm d foto..hari ini mask ayam goreng kecap untuk c kesayangan..kaka abis 2 potong ayam ????..yuk d coba moms untuk anak..klu buat moms nya yg suka pedas bisa y d tambah cabe rawit iris.. . . . Ayam Goreng Kecap By @nettymuliyawati . . . Bahan 700 gr ayam potong 10bh bamer 6bh baput 1bh b.bombay 1bh bawang daun 1 ruas jahe 300ml air +- (lupa nakar) 3sdm saos tomat 1sdm saos sambal 3sdm kecap manis 1sdt kecap asin 1sdt gula pasir 1sdt Lada bubuk Kaldu jamur Garam Cara membuat 1. Cuci ayam hingga bersih lumuri air jeruk nipis diamkan 10m lalu bilas dengan air..lumuri garam diamkan 30m agar meresap lalu goreng hingga matang kecoklatan . 2. Iris semua bawang..kemudian d tumis hingga harum lalu masukan jahe yg sudah d cincang..kemudian masukan saos tomat sambal dan kecap. Kemudian masukan ayam goreng aduk2 hingga merata. Lalu tambahkan sedikit air dan masukan semua bumbu aduk hingga merata dan air mengental..terakhir masukan daun bawang koreksi rasa..selamat mencoba thx Note: sebaiknya ayam d potong kecil2 y moms biar bumbunya lebih meresap #resepayamkecap #ayamgorengkecap #resepayamgorengkecap #dapuramah #uploadkompakan #cookinglovers #homecook #foodporn

A post shared by netty (@nettymuliyawati) on

Di bawah ini merupakan cara masak ayam kecap dengan digoreng sederhana. Simak resep selengkapnya di bawah ini.

Bahan:

- 700 gram ayam potong
- 10 buah bawang merah
- 6 buah bawang putih
- 1 buah bawang bombay
- 1 buah bawang daun
- 1 ruas jahe
- 300 ml air
- 3 sdm saos tomat
- 1 sdm saos sambal
- 3 sdm kecap manis
- 1 sdt kecap asin
- 1 sdt gula pasir
- 1 sdt lada bubuk
- Kaldu jamur
- Garam

Cara masak ayam goreng kecap:

  1. Cuci ayam hingga bersih kemudian lumuri air jeruk nipis dan diamkan 10 menit. Bilas dengan air dan lumuri dengan garam, diamkan 30 menit agar meresap lalu goreng hingga matang kecoklatan.
  2. Iris semua bawang kemudian tumis hingga harum. Masukan jahe yg sudah dicincang lalu masukkan saos tomat, sambal, dan kecap.
  3. Masukan ayam goreng dan aduk-aduk hingga merata. Tambahkan sedikit air dan masukan semua bumbu aduk hingga merata dan air mengental. Masukkan daun bawang dan sajikan.

Itulah beberapa resep variasi cara masak ayam kecap yang bisa kamu praktikikan sendiri di rumah. Kamu lebih suka masakan ayam kecap variasi yang mana? Share jawaban kamu di kolom komentar ya!

Beri Komentar