5 Resep Cara Membuat Ayam Bakar Bumbu Kecap, Madu, dan Rujak Enak Khas Padang

Reporter : Yayuk Harini
Sabtu, 18 Januari 2020 13:20
5 Resep Cara Membuat Ayam Bakar Bumbu Kecap, Madu, dan Rujak Enak Khas Padang
Ayam bakar dengan bumbu yang kuat serta rasa yang lezat dan nikmat bisa kamu buat sendiri di rumah. Simak resep selengkapnya di bawah ini!

Daging ayam merupakan olahan yang menjadi pilihan menu makan hampir semua ibu rumah tangga di Indonesia. Secara umum ayam dimasak dengan cara digoreng, bumbu opor, dan dibakar. Ayam bakar sendiri merupakan menu yang biasanya menjadi andalan suatu rumah makan. Bumbu melimpah dan harum sedapnya aroma ayam bakar menjadi ciri khas tersendiri ketika berada di suatu rumah makan atau lesehan dan lapak piggir jalan.

Jika kamu biasanya memasak ayam dengan digoreng, maka tidak ada salahnya dong kamu mencoba menu masakan ayam bakar dengan berbagai bumbu seperti manis kecap, madu, rujak, dan ayam bakar khas Padang. Yuk langsung saja simak resep cara membuat ayam bakar di bawah ini. Selamat mencoba!

 

1 dari 5 halaman

Cara Membuat Ayam Bakar Kecap

Ilustrasi Ayam Bakar Kecap

Ayam bakar kecap merupakan salah satu menu ayam bakar yang menjadi idola karen arasa manis dan sedap perpaduam bumbu juga kecap. Berikut resep cara membuat ayam bakar kecap selengkapnya.

Bahan:

- 2 sdm margarin
- 1 ekor ayam yang (potong menjadi 6-8 bagian)
- 1 buah jeruk nipis
- Garam secukupnya

Bumbu ungkep:

- 300 ml air mineral
- 10 siung bawang merah
- 7 buah cabai rawit
- 7 sdm kecap manis
- 4 butir kemiri sangrai
- 4 siung bawang putih
- 3 buah cabai merah besar
- 2 lembar daun salam
- 1 ruas jari jahe
- 1 ruas jari lengkuas
- 1 sdm minyak goreng
- 1 sdt ketumbar yang telah disangrai
- 1 sdt kaldu bubuk
- Garam
- Gula pasir
- Merica bubuk

Bahan Pelengkap:

- Kol
- Selada
- Daun kemangi
- Tomat
- Timun

Cara membuat ayam bakar kecap:

  1. Bersihkan dan potong ayam menjadi 6-8 bagian. Lumuri ayam dengan air perasan jeruk nipis dan garam dalam wadah mangkok. Diamkan selama 15-30 menit.
  2. Masukkan bahan-bahan bumbu halus dalam cobek ataupun blender. Haluskan semua bahan hingga benar-benar lembut. Tumis bumbu halus sampai tercium aroma harum dan sedap.
  3. Masukkan daun salam, garam, gula pasir, kaldu bubuk dan merica bubuk ke dalam tumisan. Masukkan kecap manis ke dalam tumisan juga dan aduk hingga rata.
  4. Masukkan ayam yang telah dimarinasi sebelumnya ke dalam tumisan. Tambahkan air mineral dan aduk sampai tercampur rata. Aduk terus hingga air menyusut dan menjadi kental.
  5. Matikan api dan tiriskan ayam dari bumbu ungkep. Panaskan panggangan dengan api sedang lalu olesi margarin di atasnya. Panggang ayam yang telah diungkep tersebut sambil sesekali diolesi bumbu ungkep yang tersisa.
  6. Bolak-balik ayam dan lakukan hal yang sama. Angkat ayam bakar dan letakkan di atas piring. Tambahkan nasi panas dan lalapan pada ayam bakar tersebut. Ayam bakar kecap siap untuk dihidangkan.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Ayam Bakar Madu

Ilustrasi Ayam Bakar Madu

Selain ayam bakar kecap, ada juga olahan ayam bakar madu dengan rasa manis murni dan sedap. Penasaran bagaimana cara membuatnya, simak resep cara membuat ayam bakar madu berikut ini.

Bahan:

- 4 sdm margarin yang dilelehkan
- 2 sdm madu murni
- 2 sdt garam
- 1 ekor ayam yang telah dipotong menjadi 6-8 bagian
- 1 kuning telur ayam
- 1 siung bawang putih yang telah dihaluskan
- 1/2 sdt merica hitam kasar

Cara membuat:

  1. Bersihkan dan lumuri ayam dengan campuran bawang putih, merica dan garam ke dalam mangkok besar. Diamkan selama 30 menit.
  2. Kocok lepas telur, margarin dan madu di dalam mangkok kecil kemudian sisihkan. Olesi loyang atau teflon dengan margarin secara merata.
  3. Letakkan ayam di atas loyang atau teflon. Masukkan ayam dalam oven dengan suhu 165 derajat celcius hingga matang dan cairan mengering. Jika tidak memiliki oven, bisa menggunakan teflon saja dan masak dengan api kecil.
  4. Bolak-balik ayam sesekali agar matang secara menyeluruh. Angkat ayam bakar dan letakkan di piring. Tambahkan nasi panas dan lalapan pada ayam bakar tersebut. Ayam bakar madu siap untuk disajikan.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Ayam Bakar Padang

Ilustrasi Ayam Bakar

Ayam bakar memang selalu menjadi makanan lezat yang nggak bisa ditolak. Seperti halnya ayam bakar Padang ini. Simak resep cara membuat ayam bakar khas Padang di bawah ini.

Bahan:

- 300 ml santan kelapa
- 8-10 potong ayam (boiler atau kampung)
- 4 lembar daun jeruk
- 2 batang serai yang telah digeprek
- 2 lembar daun salam
- 1 lembar daun kunyit
- 1 buah jeruk nipis
- Garam
- Margarin
- Kaldu bubuk

Bahan bumbu halus:

- 10 buah cabai rawit merah
- 5 siung bawang putih
- 4 siung bawang merah
- 3 butir kemiri
- 1 ons cabai merah keriting
- 1 ruas jari laos
- 1 ruas jari kunyit
- 1 ruas jari jahe
- 1 sdm ketumbar


Cara membuat ayam bakar Padang:

  1. Bersihkan ayam dan lumuri dengan air jeruk nipis di dalam mangkok besar. Diamkan selama 15-30 menit.
  2. Tumis bumbu halus, daun jeruk, daun kunyit serta daun salam hingga tercium aroma sedap. Masukkan santan ke dalam tumisan.
  3. Masukkan ayam yang telah di marinasi ke dalam rebusan santan. Aduk semua bahan tersebut hingga tercampur rata. Tambahkan garam dan kaldu bubuk ke dalam rebusan ayam
    Masak hingga santan menyusut dan menjadi kental. Matikan api dan tiriskan ayam dari bumbu ungkep.
  4. Panaskan panggangan dengan api sedang dan olesi margarin di atasnya. Panggang ayam ungkep tersebut sembari sesekali diolesi bumbu ungkep yang tersisa.
  5. Bolak-balik ayam dan lakukan hal yang sama. Angkat ayam bakar dan letakkan di atas piring. Tambahkan nasi panas dan lalapan pada ayam bakar tersebut. Ayam bakar padang siap untuk disajikan.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Ayam Bakar yang Enak

Ilustrasi Ayam Bakar

Bumbu halus dalam ungkepan ayam bakar menjadi alasan mengapa olahan ini sangat diminati banyak orang. Simak resep cara membuat ayam bakar enak berikut ini.

Bahan:

- 1 kg ayam (potong menjadi 6 bagian atau sesuai selera)
- 2 lembar daun salam
- 3 sdm kecap manis
- 2 sdm air asam jawa
- Air secukupnya

Bahan bumbu halus:

- 7 siung bawang merah
- 5 siung bawang putih
- 10 buah cabai rawit
- 2 buah cabai merah besar dan buang isinya
- 3 cm kunyit
- 2 butir kemiri
- 2 cm jahe
- 2 cm lengkuas
- 1 batang serai
- Garam secukupnya
- Gula secukupnya
- Merica secukupnya
- Kaldu ayam bubuk secukupnya

Cara membuat ayam bakar yang enak:

  1. Cuci bersih daging ayam lalu kukus hingga matang. Sementara menunggu daging ayam matang, siapkan bumbu dan haluskan.
  2. Tumis bumbu bersama daun salam dan air asam jawa. Tambahkan sedikit air biarkan mendidih. Angkat ayam lalu lumuri dengan bumbu yang sudah siap.
  3. Diamkan kira-kira selama 30 menit sampai 1 jam agar bumbu meresap. Jika bumbu sudah meresap, bakar ayam yang telah dilumuri bumbu. Sambil dibakar, oleskan kecap manis.
  4. Bakar sambil bolak-balik hingga kulit ayam cukup kering. Jika sudah matang, angkat dan hidangkan.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Ayam Bakar Bumbu Rujak

Ilustrasi Ayam Bakar

Satu lagi bumbu yang ayam bakar khas yang bisa kamu buat dirumah. Yap ayam bakar bumbu rujak. Penasaran bagaimana car emmbuatnya? Simak resep cara membuat ayam bakar bumbu rujak di bawah ini.

Bahan:

- 500 ml santan kelapa
- 1 ekor yang telah dipotong menjadi 6-8 bagian
- 1 keping gula merah
- 1 batang serai yang telah digeprek
- Garam
- Kaldu bubuk
- Margarin atau Minyak goreng

Bahan bumbu halus:

- 10 buah cabai rawit merah
- 8 siung bawang merah
- 5 lembar daun jeruk
- 4 siung bawang putih
- 3 butir kemiri yang telah disangrai
- 3 lembar daun salam
- 2 cm kunyit
- 2 sdm air asam jawa
- 1 ruas jari jahe

Cara membuat ayam bumbu rujak:

  1. Bersihkan dan tusuk-tusuk ayam dengan garpu secukupnya. Lumuri ayam dengan air perasan jeruk nipis dan garam. Diamkan selama 30 menit.
  2. Tumis bumbu halus bersama margarin atau minyak goreng dengan api sedang. Masukkan daun jeruk, daun salam dan serai ke dalam tumisan.
  3. Tambahkan santan dan air asam jawa ke dalam tumisan. Aduk semua bahan tersebut hingga tercampur rata. Tambahkan gula, garam dan kaldu bubuk ke dalam tumisan.
  4. Masukkan ayam yang telah diungkep hingga empuk dan air menyusut. Panaskan panggangan dengan api sedang dan olesi margarin di atasnya.
  5. Panggang ayam ungkep tersebut sembari sesekali diolesi bumbu ungkep yang tersisa. Balik ayam dan lakukan hal yang sama
  6. Angkat ayam bakar dan letakkan di piring saji. Tambahkan nasi panas dan lalapan pada ayam bakar tersebut. Ayam bakar bumbu rujak siap untuk disajikan.

Itulah resep cara membuat ayam bakar yang bisa kamu buat sendir di rumah. Kalau kamu lebih suka ayam bakar dengan bumbu apa? Jawab di kolom komentar ya!

Beri Komentar