5 Resep Cara Membuat Keripik Tempe Crispy Sagu Aneka Rasa Balado yang Renyah dan Tahan Lama

Reporter : Yayuk Harini
Selasa, 4 Februari 2020 16:54
5 Resep Cara Membuat Keripik Tempe Crispy Sagu Aneka Rasa Balado yang Renyah dan Tahan Lama
Keripik tempe renyah dan gurih yang menjadi andalan camilan keluarga. Simak resep cara membuat keripik tempe di bawah ini!

“Kriuk… kriuk… Kres.. Kress…. Hemmm gurih…” Itulah beberapa ungkapan setelah menyantap camilan gurih keripik tempe ini. Sudah tidak diragukan lagi bahwa kandungan protein tinggi yang bagus dalam tempe menjadi salah satu asupan nutrisi bagi tubuh. Olahan keripik tempe kian marak diminati dan menjadi salah satu pilihan oleh-oleh.

Yap, jika kamu ingin membuat keripik tempe sendiri di rumah juga bisa kok. Cara membuat keripik tempe terbilang mudah. Penasaran kan bagaimana cara membuatnya? Langsung saja simak resep cara membuat keripik tempe yang telah Diadona ulas di bawah ini. Selamat berkreasi!

 

1 dari 5 halaman

Cara Membuat Keripik Tempe Renyah dan Tahan Lama

Ilustrasi Keripik Tempe

Siapa sih yang nggak suka masakan gurih renyah yang bisa dinikmati setiap saat. Yap, salah satu makanan yang bisa kamu pilih adalah keripik tempe ini. Yuk langsung saja kita simak bersama resep cara membuat keripik tempe renyah yang tahan lama di bawah ini.

Bahan:
- 250 gram tepung beras
- 125 gram tepung tapioka
- 2 papan tempe super bertekstur padat, berat per papan adalah 600 gram
- 1 butir telur utuh
- 1 bungkus kaldu bubuk
- Garam sesuai selera
- 300-350 ml air
- Minyak secukupnya

Bahan bumbu halus :
- 3 siung bawang putih
- 1 siung bawang merah
- 1 sdt ketumbar
- 2 ruas kencur
- 2-3 buah kemiri

Cara membuat keripik tempe renyah dan tahan lama:

  1. Iris tipis tempe dengan diseset pakai pisau yang tajam. Satu papan tempe bisa jadi 30-32 tempe. Sesuai ketebalan dan ukuran. Campur semua bahan dan bumbu halus juga air, aduk hingga rata.
  2. Pastikan tekstur adonan tidak terlalu encer dan juga tidak terlalu kental. Apalagi jika tidak menggunakan telur, sebaiknya lebih encer agar hasilnya kriuk dan tidak keras.
  3. Celupkan irisan tempe satu persatu ke dalam adonan tepung dan goreng dalam minyak panas, aduk bolak-balik hingga kuning keemasan dan angkat. Setelah dingin masukan toples atau kemas sesuai selera.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Keripik Tempe Crispy

Ilustrasi Keripik Tempe

Kriuk dan renyah menjadi sensasi tersendiri ketika kita menikmati makanan keripik tempe ini. Simak resep selengkapnya cara membuat keripik tempe menggugah selera di bawah ini.

Bahan:
- 1000 gram tempe berbentuk bulat, iris tipis
- 12 siung bawnag putih
- 10 butir kemiri
- 10 cm kencur
- 2 sdm ketumbar
- 1 1/2 sdm garam
- 300 gram tepung beras
- 150 gram tepung kanji
- 600 ml santan
- 2 sdt air kapur sirih
- 2 butir telur, kocok
- 20 lembar daun jeruk, buang tulangnya dan iris halus
- Minyak secukupnya untuk menggoreng

Cara membuat keripik tempe crispy:

  1. Iris tempe tipis-tipis, jejerkan di atas nampan sampai permukaannya mengering. Haluskan bawang putih, kemiri, ketumbar dan kencur. Campurkan garam ke bumbu halus.
  2. Campur tepung beras, santan, air kapur sirih, tepung kanji, dan telur, aduk merata. Tambahkan bumbu halus dan juga daun jeruk iris.
  3. Celupkan tempe ke adonan tepung lalu masak dengan minyak panas. Goreng sampai tempe matang berwarna kuning kecoklatan. Pastikan memotong tempe dengan tipis, agar mendapatkan keripik tempe yang renyah.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Keripik Tempe Aneka Rasa

Ilustrasi Keripik Tempe

Keripik tempe yang gurih dan nikmat ini juga memiliki variasi rasa yang beragam. Selain gurih asin, terdapat rasa balado, pedas manis, keju dan masih banyak lainnya. Simak resep cara membuat keripik tempe aneka rasa di bawah ini.

Bahan:
- 1000 gram tempe
- 200 gram tepung beras
- 100 gram tepung kanji
- 500 ml santan kelapa
- 2 butir telur ayam
- 1000 ml minyak goreng

Bahan bumbu halus:
- 7 siung bawang putih
- 5 butir kemiri
- 10 lembar daun jeruk purut
- 3 cm kunyit
- 2 sendok teh ketumbar
- 3 sendok makan garam

Cara membuat keripik tempe aneka rasa:

  1. Iris tipis tempe dengan ketebalan kira-kira dua mili meter. Campur bumbu halus dengan tepung beras, tepung kanji, santan dan telur, aduk sampai rata benar. Campuran bumbu ini yang digunakan untuk mencelupkan tempe irisan yang akan digoreng.
  2. Siapkan dua penggorengan dengan suhu yang berbeda, satu dengan panas sedang dan satunya lagi dengan panas tinggi. Panaskan minyak goreng, celupkan tempe irisan tipis tersebut kedalam adonan tepung lalu masukkan kedalam penggorengan api sedang, bolak balik keripik tempe selama beberapa menit saja sampai setengah matang kemudian angkat.
  3. Pindahkan kedalam penggorengan yang panas hingga warna matangnya kelihatan, usahakan keripik tempe jangan sampai terlalu gosong karena hasilnya akan terasa pahit. Setelah matang angkat ,tiriskan, dan tunggu sampai dingin.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Keripik Tempe Sagu

Ilustrasi Keripik Tempe

Keripik tempe dengan campuran tepung sagu juga bisa menjadi alternatif pilihan olahan keripik tempe yang wajib kamu coba. Cara membuat keripik tempe ini cukup mudah kok. Simak resep selengkapnya berikut.

Bahan:
- 500 gram tempe yang masih kedelai

Bahan bumbu halus:
- 6-7 siung bawang putih
- Air secukupnya
- Garam secukupnya
- Kaldu bubuk secukupnya

Cara membuat keripik tempe sagu:

  1. Campur tempe yang masih belum jadi dengan sagu/kanji hingga bergerundil, dalam pencampuran sampai pembungkusan jangan sampai terkena tangan harus pakai centong/sendok.
  2. Bungkus dalam plastik tekanan-tekan hingga benar-benar padat. Lakukan semua hingga habis ya Lalu tusuk degnan tusukan gigi ataupun lidi.
  3. Gantung dan diamkan 24 jam/lebih. Potong-potog tempe dengan ukuran tipis. Haluskan bumbu dan campur dengan air. Panaskan minyak lalu celupkan irisan ke dalam bumbu.
  4. Goreng hingga matang dengan api kecil. Kalau irisannya tipis dan minyak panas tapi apinya kecil, kamu akan mendapat hasil gorengan yang renyah.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Keripik Tempe Balado

Ilustrasi Keripik Tempe

Salah satu keripik tempe yang memilki banyak peminat adalah rasa balado. Gurih dan pedas bumbu balado menjadi sensasi pedas tersendiri. Penasaran kan bagaimana cara membuat olahan keripik tempe balado ini? Langsung saja simak resep selengkapnya di bawah ini.

Bahan:
- 2 papan tempe bentuk bulat
- 1 sdt garam dapur
- bumbu balado
- minyak secukupnya untuk menggoreng

Cara membuat keripik tempe balado:

  1. Potong tempe setipis mungkin dan rendam menggunakan air garam sedikit saja. Diamkan selama 5 menit agar garam meresap ke dalam tempe.
  2. Panaskan minyak banyak agar tempe terendam saat digoreng. Goreng tempe dngan api kecil hingga kering. Angkat dan tiriskan, tunggu hingga dingin kemudian bumbui tempe dengan bubuk balado. Keripik tempe siap disajikan.

Nah, itulah beberapa resep cara membuat keripik tempe sederhana, gurih dan renyah yang bisa kamu praktikkan sendiri di rumah. Bagaimana dengan olahan keripik tempe yang selama ini kamu makan? 

Beri Komentar