5 Resep Cara Membuat Kroket Kentang Isi Sayuran dan Keju Sederhana

Reporter : Yayuk Harini
Senin, 13 April 2020 14:42
5 Resep Cara Membuat Kroket Kentang Isi Sayuran dan Keju Sederhana
Nggak perlu lagi khawatir dengan menu makanan yang itu-itu saja. Coba deh menu makanan kroket kentang ini di rumah. Cocok banget bagi kamu yang ingin memasak dengan cara praktis!

Kroket merupakan makanan makanan Perancis yang dibawa oleh kebiasan Belanda ketika menjajah Indonesia dulu. Di Belanda sendiri, kroket merupakan makanan yang terdiri dari ragout yang dilapisi telur putih dan tepung panir kemudian digoreng. Sedangkan di Indonesia juga sama dalam cara pengolahannya, yaitu dibuat dari kentang yang telah dihaluskan dan diisi dengan bahan isian daging cincang lalu dibumbui dan juga dicampur dengan sayuran wortel atau buncis. Kroket akan dilumuri dengan telur yang dikocok lepas dan tepung panir kemudian digoreng dalam minyak panas yang banyak.

Nah, olahan kroket ini memang sangat pas untuk sajian hidangan keluarga yang praktis di rumah. Kamu tentunya harus membuatnya sendiri dengan menggunakan bahan sederhana. Yuk nggak perlu ribet, langsung saja simak resep cara membuat kroket kentang sederhana yang telah Diadona ulas di bawah ini. Selamat mencoba!

[tautan silang_1]

1 dari 5 halaman

1. Cara Membuat Kroket Kentang Isi Sayuran

Ilustrasi Kroket Isi Sayuran

Olahan kroket pertama yang bisa kamu buat adalah kroket dengan bahan isian sayuran yang sehat. Nggak harus menggunakan daging cincang, cukup dengan bahan sederhana sayur saja kamu sudah bisa menikmati sajian lezat kroket di rumah. Yuk simak langsung resep cara membuat kroket kentang isi sayuran berikut ini.

Bahan:
- 800 gram kentang
- 1 butir kuning telur
- 1 sdt garam
- 3 sdm susu bubuk
- 1/2 sdt merica bubuk
- 1/2 sdt pala bubuk

Bahan isian:
- 150 gram wortel
- 125 gram buncis
- 10 butir telur puyuh

Bumbu halus :
- 3 siung bawang putih
- 1/4 sdt lada butiran
- Secukupnya garam, gula, dan kaldu bubuk

Bahan tambahan:
- 1 butir telur, kocok lepas
- Secukupnya tepung panir halus

Cara membuat kroket kentang isi sayuran:

A. Buat isiannya dengan cara potong kecil wortel dan buncis, tumis bumbu halus hingga harum, tambahkan air secukupnya, garam, gula dan kaldu bubuk, aduk bahan hingga rata. Masukkan, aduk rata masak hingga wortel setengah matang. Masukkan buncis, aduk rata dan tes rasa sesuai selera. Masak hingga matang, angkat dan sisihkan.

B. Kupas kentang, cuci bersih, potong, lalu goreng. Haluskan kentang saat masih panas dengan ulekan. Campur kentang halus dengan kuning telur, susu bubuk, garam dan merica bubuk, aduk rata. Uleni hingga bisa dibentuk, bagi menjadi masing-masing bagian 40 gram atau sesuai selera.

c. Ambil satu bagian adonan, pipihkan, isi dengan bahan isian, dan bentuk lonjong. Lakukan hingga semua bahan adonan habis. Gulingkan ke tepung panir, celupkan ke telur dan gulingkan lagi ke tepung panir sambil ditekan, padatkan perlahan.

d. Lakukan sampai selesai dan simpan dulu di dalam kulkas selama 30 menit hingga 1 jam supaya panir menempel dengan sempurna, kemudian goreng sampai kekuningan, angkat dan tiriskan.

e. Alasi dengan kertas yang biasa dipakai untuk bolu kukus mekar supaya cantik. Kroket Kentang siap disajikan atau disimpan simpan dalam wadah tertutup.

2 dari 5 halaman

2. Cara Membuat Kroket Kentang Sederhana

Ilustrasi Kroket Kentang

Cukup dengan menggunakan kentang yang direbus dan dilumatkan, kamu sudah bisa menikmati sajian lezat kroket bersama keluarga. Nggak perlu lagi dibikin ribet hanya untuk sekedar makan enak dan murah. Simak saja langsung resep cara membuat kroket kentang sederhan berikut ini.

Bahan:
- 750 gram kentang
- 4 buah wortel
- 1 butir telur
- 5 siung bawang putih
- 1 sdt merica
- 2 sdm kornet
- secukupnya tepung panir
- secukupnya garam
- 1 batang daun bawang dan petroselli

Cara membuat kroket kentang sederhana:

a. Kupas kentang, cuci dan goreng, tiriskan. Kupas wortel, potong kecil-kecil menyerupai dadu. Haluskan bawang putih dan merica. Tumis bumbu dan masukkan potongan wortel, daun bawang, petroseli, dan kornet sampai masak, sisihkan.

b. Haluskan kentang kemudian tambahkan telur dan garam secukupnya. Campur hingga halus. Bentuk adonan kentang menjadi bulat, pipihkan lalu isi dengan tumis wortel, tutup menjadi bulatan.

c. Celupkan bulatan kentang pada putih telur lalu gulingkan pada tepung panir. Goreng hingga berubah warna kuning kecoklatan dan tiriskan.

3 dari 5 halaman

3. Cara Membuat Kroket Kentang Keju

Ilustrasi Kroket Kentang Keju

Kamu juga bisa loh membuat varian rasa berbeda dari olahan kroket. Yap, tambahkan bahan keju dalam adonan kentangnya, dijamin rasanya nggak kalah nikmat dengan kroket daging. Jika kamu pencinta makanan olahan keju, maka kamu wajib banget memasak resep ini di rumah. Yuk, langsung saja deh simak resep cara membuat kroket kentang keju berikut ini. 

Bahan:
- 500 gram kentang, rebus atau kukus
- 120 ml susu cair
- 5 sdm tepung terigu
- Secukupnya keju

Bahan tumisan:
- 2 sdm margarine
- 1/2 butir bawang bombay, iris tipis dadu
- 3 siung bawang putih, cacah titis
- 2 batang daun seledri (cacah tipis)
- 1 buah wortel ukuran kecil, potong-potong ukuran kecil

Bahan bumbu:
- Secukupnya garam
- 1/2 sdt lada bubuk
- 1/4 sdt pala bubuk
- 1/4 sdt gula pasir
- Secukupnya kaldu jamur bubuk

Bahan baluran:
- 1 butir telur ayam, kocok lepas
- Secukupnya tepung panir

Cara membuat kroket kacang keju:

a. Kupas, cuci bersih, dan potong kotak bahan kentang supaya cepat matang saat direbus. Rebus hingga matang, tiriskan dan selagi panas, lumatkan hingga halus. Siapkan bahan lainnya, sisihkan.

b. Panaskan wajan, masukkan margarine. Tumis bahan bawang merah dan bawang putih hingga harum, masukkan terigu dan susu cair atau fiber cream sedikit demi sedikit sambil terus diaduk-aduk. Masukkan potongan wortel, aduk-aduk hinggarata beberapa saat kemudian angkat.

c. Campur bersama kentang yang telah dihaluskan tadi. Beri garam, lada bubuk, pala bubuk, kaldu jamur, gula pasir, tes rasa sesuai selera. Beri isian keju, tutup dan rapikan.

d. Lumuri dengan kocokan telur dan gulingkan di tepung panir. Lakukan hingga adonan habis. Bisa juga dimasukkan ke dalam kulkas dulu selama 1 jam. Goreng hingga berubah warna kecoklatan dan siap disajikan.

4 dari 5 halaman

4. Cara Membuat Kue Kroket Kentang

Ilustrasi Kue Kroket Kentang

Nggak salah banget jika kamu memilih membuat olahan kroket sebagai menu camilan keluarga. Rasanya yang enak serta kandungan karbohidrat dalam kentangnya ini bisa benget memenuhi salah satu nutrisi tubuh. Yuk, berkreasi di dapur dengan resep cara membuat kue kroket kentang berikut ini.

Bahan:
- 3/4 kg kentang
- 1/4 kg ayam cincang
- 2 buah wortel
- 2 butir telor
- 1 sdm mentega
- 1 ons tepung roti
- 1-2 sdm tepung terigu
- 1 sdm tepung maizena
- 3 siung bawang putih
- Merica bubuk
- Garam
- Gula
- Seledri

Cara membuat kue kroket kentang:

a. Buat isi kroket dengan cara rebus wortel kemudian potong dadu kecil-kecil. Haluskan bawang putih dengan merica dan garam kemudian tumis hingga wangi. Masukkan ayam cincang ke dalam tumisan aduk-aduk hingga ayam matang, masukkan potongan wortel ke dalam tumisan.

b. Potong daun seledri, rajang halus untuk melengkapi warna isian kroket. Setelah tumisan matang masukkan air 1 gelas hingga mendidih kemudian masukkan tepung maizena yang dilarutkan dengan air secukupnya. Tes rasa sesuai selera, tambahkan garam dan gula sesuai selera, sisihkan.

c. Buat kulit kroketnya dengan cara kupas kentang, potong dadu besar, lalu goreng. Segera haluskan sampai benar-benar halus. Masukkan bahan merica, garam, mentega dan 1 butir telur kuningnya aja. Aduk hingga rata, tambahkan tepung terigu antara 1-2 sdm tergantung adonan, fungsinya agar kalau digoreng tidak pecah.

d. Ambil 1 sdmpipihkan di tangan dan masukkan 1 sdt isian kroket dan tutup lagi bagian kroket hingga berbentuk lonjong atau bulat sesuai selera. Siapkan kocokan 1 butir telur, dan tepung panir. Sebelum kroket digoreng masukkan dalam kocokan telor kemudian gulingkan dalam tepung panir. Goreng dengan api sedang, angkat dan kroket kentang siap dihidangkan.

5 dari 5 halaman

5. Cara Membuat Kroket Kentang Isi Keju

Ilustrasi Kroket Kentang Isi Keju

Selain dibuat untuk bahan campuran dalam adonanya, keju juga bisa kamu pilih sebagai salah satu bahan sebagai isian kroket kentang yang lezat ini. Keju lumernya akan membuat kamu semakin menyukai olahan kroket kentang isi keju. Yuk, langsung saja persiapkan bahan-bahan dari resep cara membuat kroket kentang isi keju di bawah ini.

Bahan:
- 1 butir telur, pisahkan kuning dan putihnya
- 500 gram kentang
- 50 gram keju chedar, parut
- 1 sdm susu bubuk
- 100 gram keju mozarella, potong memanjang
- Secukupnya garam, lada, dan gula
- Tepung panir
- Minyak sayur untuk menggoreng

Cara membuat kroket kentang isi keju:

a. Kupas kentang, cuci bersih, dan kukus setengah matang. Goreng kentang sebentar jangan sampai kuning, angkat dan tiriskan.

b. Haluskan kentang saat masih panas, tunggu agak hangat kuku masukkan bahan kuning telur, susu bubuk, keju parut, garam, lada dan gula. Aduk rata lalu tes rasa sesuai selera.

c. Ambil 1 sendok sayur adonan kroket yang sudah diaduk rata dan pipihkan, isi dengan potongan keju mozarella, pulung memanjang adonan kroket. Gulingkan adonan ke putih telur dan tepung panir.

d. Simpan kroket di kulkas selama 1,5 jam agar tepung panir menempel sempurna. Panaskan minyak untuk menggoreng, goreng sampai warna kuning keemasan, angkat.

Nah, itulah beberapa resep mudah cara membuat kroket kentang isi sayuran dan keju sederhana yang cocok banget kamu pilih sebagai salah satu menu camilan sehat keluarga. Yuk, nggak boleh mager! Segera bergegas ke dapur dan memersiapkan bahan-bahan resep cara membuat kroket kentang ini, ya. Selamat berkreasi!

 

Beri Komentar