5 Resep Cara Membuat Perkedel Jagung, Tahu, Daging, dan Tempe hingga Kentang agar Tidak Hancur

Reporter : Yayuk Harini
Rabu, 5 Februari 2020 15:29
5 Resep Cara Membuat Perkedel Jagung, Tahu, Daging, dan Tempe hingga Kentang agar Tidak Hancur
Olahan perkedel yang cocok dijadikan lauk teman nasi hangat. Simak resep selengkapnya di bawah ini!

Siapa sih yang nggak suka olahan perkedel? Perkedel merupakan olahan dari bahan seperti kentang, tahu, tempe, dan jagung yang dibumbui dengan bumbu halus kemudian digoreng dalam minyak panas. Tak diragukan lagi, perkedel merupakan salah satu menu andalan pilihan keluarga. Benar nggak?

Selain murah meriah, cara membuat perkedel tergolong mudah. Yap, hanya dengan beberapa bahan yang ada didekat kita dan bisa diolah menghasilkan masakan yang super enak. Langsung saja yuk, simak resep selengkapnya cara membuat perkedel mudah yang Diadona ulas berikut ini. Selamat mencoba!

1 dari 5 halaman

Cara Membuat Perkedel Jagung

Ilustrasi Perkedel Jagung

Salah satu sajian dengan rasa gurih dan manis alami dari jagung menghasilkan olahan perkedel ini sulit ditolak. Yap, perkedel jagung akan selalu menggoda iman dengan asap mengepul yang menghangatkan. Simak resep cara membuat perkedel jagung di bawah ini.

Bahan:
- 3 jagung manis pipil
- 1 butir telur Ayam
- 1 batang daun bawang iris tipis
- 3 lembar
- Daun jeruk purut buang tulang iris tipis
- 1/2 sdt ketumbar bubuk
- 1 bungkus royco rasa ayam
- Minyak untuk menggoreng

Cara membuat perkedel jagung:

  1. Di dalam wadah aduk rata bumbu halus, jagung, telur, daun bawang, daun jeruk, ketumbar, dan Royco rasa ayam. Tambahkan ke dalam campuran tepung, aduk rata.
  2. Panaskan minyak. Ambil 1 sendok sayur adonan, goreng hingga matang dan berwarna keemasan. Angkat dan tiriskan.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Perkedel Tahu

Ilustrasi Perkedel Tahu

Selain jagung, kamu juga bisa membuat olahan perkedel dengan bahan tahu yang lembut ini. Tenang saja, cara membuatnya sangat mudah kok. Yuk, langsung saja simak resep cara membuat perkedel tahu selengkapnya di bawah ini.

Bahan:
- 300 gram tahu putih atau kuning (sesuai selera), haluskan
- 2 siung bawang putih, haluskan
- 1 butir telur
- 2 batang daun bawang, iris halus
- 1 sdm tepung terigu
- 1/2 sdt garam
- 1/4 sdt merica

Cara membuat perkedel tahu:

  1. Aduk rata semua bahan-bahan. Bentuk bulat atau lonjong dengan bantuan sendok. Lakukan hingga semua adonan habis.
  2. Goreng tahu di minyak panas dan banyak, gunaka api sedang. Goreng hingga matang, tiriskan. Sajikan selagi hangat.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Perkedel Kentang agar Tidak Hancur

Ilustrasi Perkedel

Sajian perkedel yang terkenal lainnya adalah dengan menggunakan bahan kentang. Kentang yang dihancurkan dan dibumbui ini akan digoreng dengan dicelup terlebih dahulu dalam telur kocok. Simak saja resep cara membuat perkedel kentang berikut ini.

Bahan:
- 500 gram kentang
- 4 siung bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 1/4 sdt lada bubuk
- 1 butir putih telur/utuh
- 2 sdm tepung kanji/tapioka
- Secukupnya garam
- Secukupnya kaldu bubuk

Cara membuat perkedel kentang agar tidak hancur:

  1. Kupas kentang lalu potong-potong bulat. Potong juga bawang putih dan bawang merah menjadi 2 atau 3 bagian. Kemudian goreng kentang sampai matang dan juga bawang sebentar sampai sedikit kecoklatan.
  2. Haluskan bawang putih dan merah yang sudah digoreng tadi dengan merica dangaram. Setelah bumbu halus, uleg juga kentang sampai halus. Tambahkan tepung kanji dan kaldu bubuk, aduk rata dan koreksi rasa.
  3. Bentuk kentang yang sudah diuleg tadi bulat-bulat gepeng sampai adonan habis. Goreng perkedel dengan dicelup dulu kedalam putih telur yang sudah dikocok dan diberi sedikit garam sampai kuning kecoklatan.
  4. Goreng perkedel dan jangan sampai menempel satu sama lainnya agar apabila di balik tidak hancur. Balik perkedel jika memang benar-benar matang. Angkat dan tiriskan.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Perkedel Daging

      View this post on Instagram    

Bonjour! Selamat bersantap siang semuanya ???????? Numpang setor salah satu menu dikala itu xixixiii.. ???????? . . ~Perkedel Kentang Daging By. @yzmalicious . RESEP Bahan Utama : • 500 gram kentang • 150 gram daging giling • 1 helai daun bawang atau daun seledri, iris tipis • 1 sdt garam • 1 sdt kaldu bubuk • 1/2 sdt merica bubuk • 1/2 sdt ketumbar bubuk • 1/2 sdt pala bubuk ???????? Bumbu Halus : • 5 butir bawang merah goreng • 3 butir bawang putih ???????? Bahan Pencelup : • 1 butir telur *kocok lepas • 1 sdt air perasan jeruk nipis (bisa skip) ???????? STEP • Tumis daging giling tanpa minyak sampai berubah warna saja. Sisihkan. • Kupas kentang dan potong kecil2. Lalu bilas. Rendam dengan air agar tidak berubah warna. Ketika akan digoreng segera tiriskan. Goreng sampai empuk. • Haluskan kentang selagi panas. Tambahkan bumbu halus, garam, merica, kaldu bubuk, pala, ketumbar, daun bawang/seledri dan daging. Aduk sampai semua bahan tercampur rata. • Bentuk bulat adonan perkedel. Biarkan dingin, lalu simpan dikulkas sekitar 1-2 jam. • Celupkan bulatan perkedel kedalam kocokan telur lalu langsung masukan ke minyak panas yg banyak. Jangan sampai adonan berendam di kocokan telur terlalu lama (nanti pecah). • Goreng sampai kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan. (Ketika digoreng jangan terlalu sering dibolak balik). • Untuk cek video resepnya tonton di youtube channel "miss yzmalicious"???? • Enjoy. . . . . . #perkedelkentangdaging #perkedelkentangdagingcincang #perkedel #potatofritters #traditionalfood #foodstagram #simplefood #foodgraphy #foodgasm #instafood #homecooking #homemadepotatoes #indonesianfood #asianfood #potato #foodie #resepmasakan #resepperkedel #resepperkedeldaging #dnykentang #dnyperkedel - #regrann

A post shared by Galery Resep Masakan Rumahan (@numpangsaveresep.id) on

 

Terbayang nggak sih bagaimana sajian perkedel kentang ini akan semakin nikmat dengan campuran bahan daging giling? Guring gurih gitu dong tentunya. Simak langsung resep cara membuat perkedel daging berikut ini.

Bahan:
- 500 gram kentang
- 150 gram daging giling
- 1 helai daun bawang atau daun seledri, iris tipis
- 1 sdt garam
- 1 sdt kaldu bubuk
- 1/2 sdt merica bubuk
- 1/2 sdt ketumbar bubuk
- 1/2 sdt pala bubuk

Bahan bumbu halus:
- 5 butir bawang merah goreng
- 3 butir bawang putih

Bahan pencelup:
- 1 butir telur, kocok lepas
- 1 sdt air perasan jeruk nipis

Cara membuat perkedel daging:

  1. Tumis daging giling tanpa minyak sampai berubah warna saja dan sisihkan. Kupas kentang dan potong kecil-kecil lalu bilas.
  2. Rendam dengan air agar tidak berubah warna. Ketika akan digoreng segera tiriskan. Goreng sampai empuk.
  3. Haluskan kentang selagi panas. Tambahkan bumbu halus, garam, merica, kaldu bubuk, pala, ketumbar, daun bawang/seledri dan daging. Aduk sampai semua bahan tercampur rata.
  4. Bentuk bulat adonan perkedel. Biarkan dingin, lalu simpan dikulkas sekitar 1-2 jam.
  5. Celupkan bulatan perkedel kedalam kocokan telur lalu langsung masukan ke minyak panas yg banyak. Jangan sampai adonan berendam di kocokan telur terlalu lama (nanti pecah).
  6. Goreng sampai kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan. (Ketika digoreng jangan terlalu sering dibolak balik).

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Perkedel Tempe

Ilustrasi Perkedel Tempe

Jika ada sajian perkedel tahu, maka nggak lengkap tanpa adanya olahan perkedel tempe. Yap menu murah meriah yang enak ini bisa banget kamu buat sebagai lauk makan keluarga tercinta. Simak resep cara membuat perkedel tempe lezat di bawah ini.

Bahan:
- 300 gram tempe
- 1 butir telur
- 1 batang daun seledri, iris halus
- 50 gram kulit ayam

Bahan bumbu halus:
- 2 butir bawang merah
- 1/2 sdt garam
- 1/4 sdt kaldu ayam bubuk
- 1/2 sdt merica bubuk
- 1 siung bawang putih
- 2 buah cabai rawit merah

Cara membuat perkedel tempe:

  1. Ambil tempe yang sudah dihaluskan kemudian tambahkan kedalamnya bumbu halus. Aduk-aduk hingga merata dan pastikan tempe bersama dengan bumbu yang tercampur dengan merata.
  2. Tuangkan potongan kulit ayam cincang kedalamnya dan aduk kembali dengan merata. Kemudian tuangkan seledri dan aduk-aduk dengan menggunakan sendok dengan merata.
  3. kocok lepas telur dan simpan dalam wadah yang bagian atasnya terbuka lebar semisal piring kecil untuk memudahkan anda mencelupkan sajian ini.
  4. Ambil adonan dan bentuk dengan bulat agar tebal. Lakukan cara yang sama pada adonan yang masih ada.
  5. Siapkan sebuah wajan dan masukkan minyak goreng kedalamnya. Jika minyak dalam wajan sudah panas maka celupkan terlebih dahulu adonan yang sudah dibulatkan kedalam telur baru masukkan dalam wajan berisikan minyak panas dan goreng matang dan merata. Angkat dan tiriskan.

Nah, itulah beberapa resep cara membuat perkedel dari beberapa bahan campuran yang bisa kamu kreasikan di rumah. Bagaimana dengan menu makan keluarga hari ini?

Beri Komentar