5 Resep Cara Membuat Tahu Isi Sayur dan Bihun Goreng Crispy Pedas

Reporter : Yayuk Harini
Rabu, 5 Februari 2020 17:01
5 Resep Cara Membuat Tahu Isi Sayur dan Bihun Goreng Crispy Pedas
Olahan tahu goreng dengan isian sayur dan bihun cocok menemani waktu santai di sore hari. Simak resep selengkapnya di bawah ini!

Siapa sih yang belum familiar dengan olahan gorengan tahu isi yang menggoda ini? Yap, kriuk kulitnya yang digoreng dengan tepung serta isian dalam tahu dengan aneka bahan seperti wortel, bihun, dan sayuran ini tentunya nggak bisa ditolak begitu saja.

Selain itu, tahu isi juga memiliki varian rasa pedas sebagai isiannya yang nempol deh pokoknya. Penasaran kan, bagaimana sih cara membuatnya? Langsung saja yuk, simak bersama resep cara membuat tahu isi yang telah Diadona ulas di bawah ini. Selamat mencoba!

1 dari 5 halaman

Cara Membuat Tahu Isi Sayur

Ilustrasi Tahu Isi

Tahu isi dengan isian sayuran dan racikan bumbu halus yang pas akan membuat gorengan ini semakin kian diminati. Langsung saja simak resep cara membuat tahu isi sayuran di bawah ini.

Bahan:
- Tahu putih, potong-potong jadi bentu segitiga
-1/2 sdt gula pasir
- 100 ml air
- 1/2 sdt garam
- 100 gram tauge, siangi dan cuci bersih
- 1/4 sdt merica bubuk
- 1 buah wortel besar, parut kasar hingga jadi kecil
- 1/8 buah kol, iris tipis
- 1 sdm munjung maizena, dilarutkan dengan air sedikit
- 3 buah bawang putih
- 2 buah bawang merah
- 1 sdt ketumbar, tumbuk halus
- 1/2 sdt garam
- 100 gram tepung beras
- 150 gram terigu protein rendah

Cara membuat tahu isi sayur:

  1. Goreng tahu putih sampai berkulit dan bagian luarnya agak kecoklatan dan kering. Angkat dan tiriskan. Serap minyak yang berlebihan jika perlu. Bila menggunakan tahu pong tidak usah digoreng lagi.
  2. Belah tahu sampai dalam tapi jangan sampai ada sisi yg putus. Isi dengan 1 sendok makan sayuran (bahan isi). Celup di bahan pelapis.
  3. Goreng dengan minyak banyak yang telah dipanaskan. Goreng hingga kuning kecoklatan. Angkat. Tiriskan. Sajikan selagi hangat.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Tahu Isi Bihun

Ilustrasi Tahu Isi

Ada juga tahu isi dengan isian bihun putih dan tentunya nggak ketinggalan wortel sebagai sayurannya. Hem, terbayang kan gimana gorengan ini akan masuk di lidah? Langsung saja yuk simak bersama cara membuat tahu isi bihun di bawah ini.

Bahan:
- 30 buah tahu kuning ukuran 3x3 cm digoreng hingga matang
- Minyak untuk menggoreng

Bahan adonan pelapis:
- 200 gram tepung terigu
- 50 gram tepung beras
- 300 ml air
(Campur rata semua bahan)

Bahan bumbu halus adonan pelapis:
- 3 butir bawang merah
- 2 siung bawang putih
- 1 sdm ketumbar biji
- 1/2 sdt merica butir
- 1 sdt garam
- 1/2 sdt kaldu bubuk atau penyedap sesuai selera

Bahan adonan isi:
- 1 bungkus (130 gram) bihun beras direndam air hingga lunak
- 60 gram wortel, potong bentuk korek
- 100 gram toge, potong ekor
- 60 gram kol, iris tipis
- 1 batang daun bawang, iris kecil
- 2 batang daun seledri, iris kecil
- 2 siung bawang putih, iris tipis
- 2 butir bawang merah, iris tipis
- 1/2 buah bawang bombay, iris dadu
- 1/2 sdt kaldu bubuk atau penyedap
- 1/2 sdt merica bubuk
- 1/2 sdt garam
- Minyak untuk menumis

Cara membuat tahu isi bihun:

  1. Panaskan sedikit minyak, tumis bawang merah, bawang putih, daun bawang, dan seledri hingga harum.
  2. Masukkan wortel, toge dan kol, serta beri garam, merica dan kaldu bubuk, aduk-aduk rata. Masukkan bihun, aduk-aduk hingga tercampur rata dengan bumbu serta semua bahan sayuran layu, lalu angkat dan sisihkan.
  3. Belah tahu tapi tidak putus lalu keluarkan sebagian isi tahu, kemudian masukkan tumisan bihun sayuran tadi ke dalam tahu hingga penuh.
  4. Celupkan ke dalam adonan pelapis yang sudah dicampur rata, kemudian goreng dalam minyak panas di atas api sedang hingga matang berwarna kekuningan.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Gorengan Tahu Isi

      View this post on Instagram    

?BAHAN: Tahu pong Kol tauge secukupnya kol Daun bawang Bumbu halus 4 bh bawang merah 3 bh bawang putih 2 bh cabai merah garam dan kaldu bubuk Tepung untuk baluran kulit luar ?LANGKAH: 1. Cuci bersih semua bahan yang sudah dipotong. 2. Blender bawang dan bawang. Lalu tumis bumbu dan masukkan semua bahan isi di tambah air, garam dan kaldu bubuk secukupnya. 3. Setelah itu belah satu sisi tahu dengan tangan. 4 Setelah bahan isi an hangat2, masukkan isi nya ke tahu. Baluri dengan tepung di campur air sejumput garam dan kaldu bubuk untuk pelapis nya. Goreng hingga coklat ke kuningan. Tahu isi siap di hidangkan. Selamat mencoba! #reseptahuisigoreng #reseptahuisi #tahuisi #resepsederhana #masakanku #resepfood #resepmasakan #resepmasakananakkos #masakannusantara #masakanrumahan #resepyummy #resepenak #masakansederhana #kuliner

A post shared by Resep Masakan Rumahan (@dapur_nuansa) on

 

Tahu isi merupakan salah satu menu gorengan yang biasa banyak dijual. Jadi, jika kamu membeli gorengan campur maka nggak boleh tertinggal dong harus memasukan dalam kantong plastik juga olahan tahu isi ini. Penasaran nggak sih gimana cara membuatnya? Simak deh resep cara membuat tahu isi gorengan enak di bawah ini.

Bahan:
- Tahu pong
- Kol
- Tauge
- Daun bawang
- Bumbu halus
- 4 buah bawang merah
- 2 buah cabai merah
- Garam
- Kaldu bubuk
- Tepung untuk baluran kulit luar

Cara membuat gorengan tahu isi:

  1. Cuci bersih semua bahan yang sudah dipotong. Blender bawang putih dan bawang merah. Lalu tumis bumbu dan masukkan semua bahan isi. Tambahkan air, garam, dan kaldu bubuk secukupnya.
  2. Belah satu sisi tahu dengan tangan. Setelah bahan isian hangat-hangat, masukkan isinya ke tahu. Baluri dengan tepung di campur air, sejumput garam, dan kaldu bubuk untuk pelapisnya. Goreng hingga coklat kekuningan. Tahu isi siap di hidangkan.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Tahu Isi Crispy

Ilustrasi Tahu Isi

Cuaca sedang hujan, hem... paling enak makan camilan gorengan tahu isi yang hangat, nih! Terbayang dengan kepulan asam hangat tahu isi yang kriuk dengan isian yang berlimpah. Simak yuk, cara membuat tahu isi crispy di bawah ini.

Bahan:
- 15 buah tahu pong, siap pakai

Bahan isian:
- 200 gram kol, iris tipis
- 2 buah wortel, potong korek api
- 1 batang daun bawang, iris halus
- 1 batang seledri, iris halus
- 12 buah cabai rawit, iris
- 1 butir telur
- 1/2 sdt gula
- 1 sdt garam
- 1/4 sdt merica bubuk
- 50 ml air
- 2 sdm minyak untuk menumis

Bahan bumbu halus:
- 6 butir bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 6 buah cabai rawit
- 5 buah cabai merah keriting

Bahan pelapis:
- 100 gram tepung terigu
- 2 sdm tepung tapioka
- 1/2 sdt ketumbar bubuk
- 1 siung bawang putih, haluskan
- Air secukupnya

Cara membuat tahu isi crispy:

  1. Panaskan minyak lalu tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan telur sambil diorak-arik.
  2. Masukkan wortel, aduk rata. Tuang air agar tidak terlalu kering. Masak hingga sedikit layu. Masukkan kol dan cabai rawit, aduk rata.
  3. Bumbui dengan gula, garam, dan merica. Aduk rata lalu koreksi rasanya. Masak hingga matang. Terakhir, masukkan daun bawang dan seledri. Aduk rata lalu angkat. Sisihkan.
  4. Dalam wadah, campurkan semua bahan pencelup. Tambahkan air hingga kekentalan sedang.
  5. Ambil tahu lalu belah di satu sisinya. Beri isian ke dalam tahu hingga penuh. Lakukan hingga semua tahu habis.
  6. Panaskan banyak minyak. Celupkan tahu ke bahan pelapis lalu goreng dalam minyak panas. Masak hingga matang dan berwarna kecoklatan di kedua sisinya. Angkat dan tiriskan.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Tahu Isi Pedas

Ilustrasi Tahu Isi

Terbayang nggak, gimana sensasi ketika kamu mencoba olahan gorengan tahu isi dengan isian pedas gila? Yap, kriuk luar dan pedas di dalam akan menjadi ciri khas sendiri ketika menikmati hidahan tahu isi varian pedas ini. Penasaran kan gimana cara mengolahnya? Simak resep cara membuat tahu isi pedas di bawah ini.

Bahan:
- 2 bungkus tahu kuning besar
- 4 wortel
- 1 buah kol
- 1 kg cabe rawit merah
- 2 lembar daun bawang
- 2 bungkus merica bubuk
- 1 bungkus bumbu penyedap rasa
- 250 gram tepung terigu
- 75 gram tepung sagu
- 25 gram tepung beras
- 200 ml air matang
- 1 liter minyak goreng
- Garam secukupnya
- Gula pasir secukupnya

Cara membuat tahu isi pedas:

  1. Siapkan wajan penggorengan dan nyalakan kompor dengan api kecil. Masukkan minyak ke dalam wajan dan tunggu hingga minyak panas. Goreng tahu lalu angkat dan tiriskan.
  2. Cuci bersih dan iris wortel dan kol. Tuang tepung terigu, tepung sagu, tepung beras, daun bawang, merica bubuk, bumbu penyedap ke dalam wadah yang telah disediakan.
  3. Tuangkan air setelah itu aduk-aduk adonan hingga merata lalu simpan. Adonan jangan terlalu encer dan cair.
  4. Siapkan panci untuk mengukus cabe rawit merah, wortel dan kol. Ulek semua cabe rawit merah yang telah dikukus, tapi jangan terlalu halus.
  5. Belah bagian atas tahu dan masukkan irisan wortel, kol, dan ulekkan cabe rawit merah satu persatu hingga semua tahu terisi irisan bahan-bahan wortel, kol, dan cabe rawit merah.
  6. Setelah semua tahu terisi, simpan. Siapkan kembali wajan yang sudah dipakai untuk menggoreng tahu dan nyalakan kompor dengan api kecil.
  7. Setelah minyak panas, celupkan tahu yang telah di isi ke dalam adonan tadi satu persatu, lalu masukkan ke dalam wajan penggorengan. Lakukan hingga semua tahu habis.
  8. Goreng hingga tahu matang dan berwarna kuning keemasan. Setelah matang angkat dan tahu isi pedas siap untuk disajikan.

Nah, itulah resep cara membuat tahu isi dengan berbagai variasi isian menggugah selera. Bagaimana dengan tahu isi favorit kamu?

Beri Komentar