6 Makanan Ini Diklaim Dapat Cegah Penularan Virus Corona, Apa Saja sih?

Reporter : Arif Mashudi
Senin, 16 Maret 2020 12:51
6 Makanan Ini Diklaim Dapat Cegah Penularan Virus Corona, Apa Saja sih?
Yuk, dimulai dari diri sendiri ya.

Jumlah korban virus corona di Indonesia kian hari semakin meningkat. Kebanyakan, dari mereka yang terjangkit virus adalah mereka yang tertular. Jadi bukan murni terkena virus itu sendiri.

Oleh karena itu, pencegahan penularan harus dilakukan. Kita bisa memulainya dari diri kita terlebih dahulu dengan cara menghindari kerumunan, mengurangi aktivitas di luar, menjaga kebersihan, dan mengatur pola makan sehat.

Mengatur pola makan sehat dengan mengkonsumsi makanan yang bisa meningkatkan daya imun serta mencegah kemungkinan tertular virus corona adalah yang dasar yang bisa kita lakukan. Nah, makanan apa aja sih yang bisa mencegah penularan virus corona? berikut rangkumannya.

1 dari 5 halaman

Ikan Berlemak

Ilustrasi Ikan Salmon
Melansir dari merdeka.com, ikan-ikan seperti salmon dan tuna memiliki asam lemak omega 3, omega 6, dan omega 9 yang mampu membantu mengurangi gejala sindrom metabolik, melawan radang, dan autoimum. American Heart Association (AHA) juga menganjurkan untuk konsumsi ikan berlemak kira-kira dua porsi dalam satu minggu, dengan porsi sekali makan kira-kira 80 gram.

Mengingat kandungan yang dimiliki ikan berlemak sangat baik untuk tubuh dalam menguatkan imunitas, mengkonsumsi ikan berlemak bisa menjadi langkah untuk pencegahan penularan virus corona.

2 dari 5 halaman

Sayur Bayam

Ilustrasi sayur bayam
Bayam mengandung vitamin yang dilengkapi dengan antioksidan dan beta karoten yang membantu tubuh dalam melawan infeksi sistem kekebalan tubuh melawan virus jahat. Sayur bayam memiliki kandungan serat dan antioksidan yang tinggi, dan juga kalori dan lemak yang sedikit. Mengonsumsi sayur bayam secara teratur akan membantumu meningkatkan sistem imun sebagai pencegahan penularan virus corona.

 

Brokoli

Brokoli
Brokoli adalah sayuran berikutnya yang mampu mencegah penularan virus corona. Vitamin A, C, dan E yang kaya, serta mineral dan antioksidan yang ada dalam Brokoli mampu melawan sumber penyakit. Antioksidan di dalam brokoli mampu mencegah proses oksidasi dan radikal bebas pada sel dan organ tubuh, supaya tubuh tetap kuat.

3 dari 5 halaman

Jahe

jahe
Selanjutnya, makanan yang mampu cegah penularan virus Corona adalah Jahe. Bahan yang bisa ditemukan di dapur ini memiliki Kandungan alami yang dipercaya mampu membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Bahkan mampu meredakan sakit kronis juga menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Kandungan curcumin dari jahe dipercaya sebagai bahan yang mampu menangkal virus corona. Jahe yang juga mengandung senyawa beta-karoten dan capsaicin, berperan dalam meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh.

4 dari 5 halaman

Bawang Putih

bawang putih
Selanjutnya, bahan dapur yang mampu mencegah penularan virus corona adalah bawang putih. Kandungan yang dimiliki bawang putih membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Bawang putih juga mengandung antioksidan yang tinggi, fosfor, potassium, serta kalsium. Berbagai senyawa tersebut bisa membantu memperkuat sistem pernapasan dan turut menambah jumlah sel darah putih dalam tubuh.

5 dari 5 halaman

Buah-Buah Sitrus


Buah-buahan yang tergolong dalam jenis buah sitrus juga diklain dapat mencegah penularan virus corona. Buah-buahan seperti lemon, anggur, dan jeruk nipis adalah buah-buahan yang memiliki vitamin C yang cukup tinggi. Yang mana, dapat membantu sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan produksi sel darah putih yang bertugas melawan bibit penyakit.

Memang, masih belum ada bukti ilmiah yg mendukung bahwa makanan-makanan tersebut dapat mencegah penularan virus corona. Meski demikian, tidak ada salahnya bagi kita mengonsumsi makanan-makanan tersebut krn makanan jenis ikan, sayur, rempah hingga buah-buahan ini terbukti punya khasiat dalam memperkuat daya tahan tubuh.

Juga, jangan lupa untuk tetap cuci tangan secara bersih dengan air yang mengalir sebagai langkah untuk mencegah penularan virus corona.

Beri Komentar