7 Cara Membuat Kulit Pangsit Goreng, Rebus, Kukus untuk Dimsum, Siomay, Martabak, dan Batagor

Reporter : Yayuk Harini
Senin, 16 Maret 2020 17:33
7 Cara Membuat Kulit Pangsit Goreng, Rebus, Kukus untuk Dimsum, Siomay, Martabak, dan Batagor
Nggak melulu dibuat mie, kamu bisa mengolah kulit pangsit menjadi aneka camilan hits kekinian!

Siapa sih yang nggak tahu olahan kulit pangsit? Yap, mungkin  kamu lebih familiar dengan olahan mie pangsit, kan? Tak hanya dibuat sebagai topping mie saja, kamu bisa banget mengolah kulit pangsit ini menjadi berbagai macam camilan enak kekinian.

Kulit pangsit sendiri merupakan olahan yang dibuat dari campuran tepung terigu yang diuleni dengan air dan telur. Dengan ukuran bentuk yang lebar dan tipis, kamu bisa mengolahnya menjadi berbagai macam makanan seperti siomay, dimsum, martabak, dan batagor. Jika kamu nggak mau ribet, bisa juga diolah dengan digoreng biasa lalu dibumbui dengan bumbu instan atau bisa juga membuat sendiri sesuai selera.

Nah, daripada kamu bingung ingin menyantap makanan ringan apa di rumah, mending kamu berkreasi sendiri di dapur dengan mempraktikkan aneka resep mudah cara membuat kulit pangsit yang telah Diadona ulas di bawah ini. Yuk bergegas dan nggak boleh mager! Selamat mencoba, ya.

 

1 dari 7 halaman

1. Cara Membuat Kulit Pangsit Goreng

Ilustrasi Kulit Pangsit Goreng

Banyak banget varian olahan kulit pangsit yang bisa kamu buat. Salah satunya adalah kulit pangsit goreng dengan isian di dalamnya. Yap, dengan isian ayam fillet halus yang dibumbui, kamu bakal merasakan sensasi makan kulit pangsit yang sama dengan memakan pentol bakso goreng. Dijamin kamu akan suka dan bikin nagih. Jangan lupa, kamu juga bisa menambahkan cocolan saus sesuai selera. Yuk, langsung saja simak resep cara membuat kulit pangsit goreng di bawah ini.

Bahan:
Bahan isi:
- 300 gram ayam fillet
- 2 butir telur
- 20 gram udang tanpa kulit
- 100 gram tahu
- 65 gram tepung tapioka
- 50 gram wortel parut
- 20 gram daun bawang
- 15 gram bawang putih
- 15 gram bawang merah
- 1/2 sdt merica
- 1 sdm minyak wijen peres
- 1 sdm saus tiram peres
- 2 sdm kecap asin peres
- 1/2 sdt kaldu bubuk
- Garam secukupnya

Bahan pembungkus:
- 1/2 kg kulit pangsit

Cara membuat kulit pangsit goreng:

  1. Haluskan bahan isi menggunakan cooper dan cek rasa sesuai selera yang diinginkan. Ambil selembar kulit pangsit dan isi dengan 1 sdt isian.
  2. Olesi air tiap sisinya dan rekatkan ujung atas kiri dengan ujung kanan bawah, begitu pula atas kanan dengan kiri bawah lalu tekan di ujung atasnya agar merekat.
  3. Panaskan minyak yang banyak dengan api sedang. Goreng kulit pangsit yang telah diisi dengan bahan isian tadi hingga berubah warna kuning kecoklatan. Tiriskan dengan dibalik agar minyaknya turun, dan siap disajikan.

2 dari 7 halaman

2. Cara Membuat Kulit Pangsit Rebus

Ilustrasi Kulit Pangsit Rebus

Nggak hanya diolah dengan cara digoreng, kamu juga bisa mengolah kulit pangsit ini dengan cara direbus sederhana dalam air. Yap, hampir sama dengan membuat bakso, kulit pangsit rebus matang dengan tanda mengapung di atas air. Yuk, langsung saja deh simak resep cara membuat kulit pangsit rebus berikut ini. Dijamin kamu akan suka dan tentunya anti ribet.

Bahan:
- 1 potong dada ayam
- 6 siung bawang putih
- 150 gram tepung beras
- 2 liter air putih
- 1 sdm garam
- 1 sdm gula
- 500 gram gula merah
- 5 buah cabe rawit
- 1 sdt merica bubuk
- 1 batang daun bawang
- 3 sdm cuka makan

Cara membuat kulit pangsit rebus:

  1. Blender hingga halus bahan potongan dada ayam, 1 sdt merica bubuk, 3 siung bawang putih, dan beri sedikit air. Setelah halus keluarkan dan taruh dalam wadah.
  2. Buat kulit pangsitnya dengan cara masukkan tepung beras dan 1/2 sdm garam dalam wadah. Uleni adonan sambil diberi air sedikit demi sedikit hingga adonan kalis dan bisa dibentuk.
  3. Bentuk adonan menjadi bulat dan pipihkan dengan cara digiling. Setelah itu potong adonan menjadi bentuk segi empat. Lakukan hal yang sama hingga adonan habis.
  4. Ambil selembar kulit pangsit dan beri isian daging tadi dan lipat membentuk pola segitiga. Lakukan hingga semua bahan kulit dan isian habis.
  5. Panaskan panci dan masukkan air. Tunggu hingga mendidih, masukkan adonan kulit pangsit lalu masak hingga adonan muncul ke permukaan, angkat dan tiriskan.

3 dari 7 halaman

3. Cara Membuat Kulit Pangsit untuk Dimsum

Ilustrasi Dimsum Ikan

Olahan dimsum memang menjadi salah satu menu camilan andalan dan disukai semua kalangan. Selain enak, dimsum ini juga mudah dalam cara pembuatannya. Yap, kamu bisa banget membuat dimsum dengan memanfaatkan kuit pangsit sederhana. Langsung saja deh simak resep cara membuat kulit pangsit dimsum berikut ini.

Bahan:
- 8 sdm terigu protein sedang
- 2 sdm tepung tapioka
- 1/2 sdt garam
- Air panas secukupnya
- Tepung maizena untuk taburan

Cara membuat kulit pangsit untuk dimsum:

  1. Campur bahan tepung terigu, tapioka dan garam. Aduk dan tuang air panas sambil diaduk dengan spatula hingga menggumpal dan bisa diuleni, diamkan selama 30 menit.
  2. Uleni lagi sebentar kemudian siap dicetak. Ambil adonan sedikit dan tipiskan, cetak sesuai selera.

4 dari 7 halaman

4. Cara Membuat Kulit Pangsit Kukus

Ilustrasi Kulit Pangsit Kukus

Nggak hanya direbus aja, kamu juga bisa membuat olahan kulit pangsit camilan hits kekinian dengan cara dikukus. Cara membuatnya sangatlah simple dan nggak memerlukan banyak waktu. Yuk, langsung saja deh praktik langsung dengan melihat resep cara membuat kulit pangsit kukus berikut ini.

Bahan:
- 100 gram terigu cakra
- 3/4 sdm sagu/tapioka
- 1/2 sdt garam
- 1 sdm minyak
- 50 ml air panas

Cara membuat kulit pangsit kukus:

  1. Campur hingga rata bahan terigu, tapioka, dan garam. Masukkan juga bahan minyak dan air panas, lalu uleni hingga kalis. Diamkan 15 menit hingga adonan dingin.
  2. Giling adonan dengan gilingan mie hingga ketebalan yang diinginkan. Gunting adonan sesuai kebutuhan, bisa juga disimpan dalam wadah kedap udara lalu simpan dalam lemari es.

5 dari 7 halaman

5. Cara Membuat Kulit Pangsit Siomay

Ilustrasi Kulit Pangsit Siomay

Pernah nggak sih kamu sedang dalam fase lagi pingin-pinginnya makan siomay langganan, tapi males karena harus ngantri. Nah, nggak perlu lagi tuh capek-capek menunggu, 'karena menunggu itu sakit... #eak' buat aja sendiri olahan siomay sederhana dengan bahan kulit pangsit. Langsung saja deh simak resep cara membuat kulit pangsit untuk siomay berikut ini.

Bahan:
- 250 gram tepung terigu
- 1 sdm tepung sagu/tapioka
- 1 sdm minyak goreng
- 1/2 sdt garam
- 130 ml air hangat

Cara membuat kulit pangsit siomay:

  1. Campurkan bahan tepung terigu, tapioka, dan garam. Aduk rata lalu masukkan minyak goreng dan aduk lagi.
  2. Masak air sedikit demi sedikit sambil diaduk. Uleni adonan hingga kalis, rolling pin hingga tipis lalu potong sesuai selera.

6 dari 7 halaman

6. Cara Membuat Martabak Kulit Pangsit

Ilustrasi Martabak Kulit Pangsit

Nah, jika kamu ingin memakan martabak, nggak perlu lagi deh beli dan susah susah ngantri. Kamu bisa banget membuat olahan martabak kulit pangsit sendiri di rumah. Dijamin enak dan anti gagal. Yuk, langsung saja simak resep cara membuat kulit pangsit untuk menu makanan martabak di bawah ini.

Bahan:
- 20 buah kulit pangsit
- 1 butir telur
- 1 batang daun bawang
- 1 buah sosis
- Garam secukupnya
- Merica secukupnya
- Kaldu bubuk secukupnya

Cara membuat martabak kulit pangsit:

  1. Siapkan semua bahan, potong-potong sosis dan daun bawang. Masukkan daun bawang dan sosis yang telah dipotong dalam wadah, tambahkan juga telur, garam, merica dan kalsu bubuk. Aduk rata semua bahan.
  2. Siapkan kulit pangsit, beri sedikit isian kemudian lipat. Lakukan hingga kulit pangsit habis. Goreng pada minyak panas dan api kecil agar tidak gosong. Martabak kulit pangsit siap dihidangkan.

7 dari 7 halaman

7. Cara Membuat Batagor Kulit Pangsit

Ilustrasi Batagor Kulit Pangsit

Batagor yang enak nggak hanya kamu buat dengan bahan tahu saja. Kamu juga bisa membuat olahan batagor lezat dengan menggunakan kulit pangsit sederhana. Dijamin kamu akan suka dan nggak akan melewatkannya. Yuk langsung saja simak resep cara membuat kulit pangsit untuk olahan makanan batagor di bawah ini.

Bahan:
- 1 butir telur
- 3 sdm tepung terigu
- 7 sdm tepung aci
- 1/2 sdm garam
- 1 sdm merica bubuk
- 1 bungkus penyedap rasa
- 500 gram ikan fillet yang sudah dihaluskan
- Daun bawang, iris halus
- Merica bubuk secukupnya

Cara membuat batagor kulit pangsit:

  1. Masukkan satu per satu bahan telur, tepung terigu, dan tepung aci. Aduk hingga semua adonan tercampur rata.
  2. Campurkan ikan fillet halus, daun bawang, penyedap rasa, merica bubuk dan aduk hingga rata dalam wadah. Bentuk adonan tadi, tipiskan kemudian isi dengan ikan fillet yang sudah diberi penyedap.
  3. Panaskan minyak, sambil lipat adonan kulit dengan bahan isian hingga semua bahan habis. Goreng hingga berubah warna menjadi kuning kecoklatan.

Nah, itulah beberapa resep mudah cara membuat kulit pangsit berbagai varian pengolahan yang bisa banget kamu buat sendiri di rumah. Yap, daripada nganggur dan bingung ingin melakukan apa, mending berkreasi di dapur dengan mempraktikkan resep cara membuat kulit pangsit. Bagaimana, tertarik membuatnya?

Baca juga yuk: 6 Makanan Ini Diklaim Dapat Cegah Penularan Virus Corona, Apa Saja sih?

 

Beri Komentar