8 Resep Cara Membuat Lemper Ketan Hitam, Mie, Isi Ayam dan Abon Goreng Sederhana Rumahan

Reporter : Yayuk Harini
Rabu, 18 Maret 2020 20:30
8 Resep Cara Membuat Lemper Ketan Hitam, Mie, Isi Ayam dan Abon Goreng Sederhana Rumahan
Nggak perlu risau kalau ingin makan camilan enak, buat aja jajanan lemper di rumah. Higienis dan tentunya anti virus!

Wah, sedang marak-maraknya kasus wabah virus, nih! Harus hati-hati ya dalam memilih makanan. Nah, daripada bingung mending buat jajanan sendiri di rumah. Selain hemat, kamu juga bisa menghindari dampak penyebaran virus. Salah satu olahan yang bisa kamu buat adalah jajanan lemper ini. 

Selain terjamin kebersihannya, cara membuatnya sangatlah simple dan mudah untuk kamu praktikkan sendiri di rumah. Dengan bahan utama beras ketan dengan isian ayam atau abon, kamu sudah bisa menikmati jajanan kue basah lemper yang gurih dan sedap ini. Daripada penasaran simak saja langsung resep mudah cara membuat lemper yang telah Diadona ulas di bawah ini. Selamat mencoba!

1 dari 8 halaman

1. Cara Membuat Lemper Isi Ayam

Ilustrasi Lemper Isi Ayam

Kue basah atau biasa juga disebut jajanan lemper ini memiliki beberapa pilihan isian. Ada lemper dengan isi ayam, daing sapi, juga abon sederhana. Nah, yang paling banyak disukai adalah olahan lemper isi ayam dengan rasanya yang manis gurih dan nikmat. Coba saja deh buat langsung dengan melihat resep cara membuat lemper isi ayam berikut ini.

Bahan:
- 1 liter beras ketan
- 1 bungkus santan instan
- 1 sdt garam
- 2 lembar daun salam
- Secukupnya air

Bahan isian:
- 1/2 ekor ayam, rebus dan suwir
- 7 siung bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 1 sdt ketumbar
- 1 ruas jahe
- 1 batang sereh
- 2 lembar daun salam
- 2 lembar daun jeruk
- 1 sdm garam
- 1 sdm gula pasir
- Sedikit air

Cara membuat lemper isi ayam:

  1. Rendam ketan selama 2 jam, cuci bersih lalu kukus dengan daun salam dan pandan. Setelah setengah matang, siram sedikit demi sedikit dengan santan masak lalu beri garam dan tutup lagi hingga ketan matang.
  2. Buat bahan isian dengan cara haluskan semua bumbu lalu tumis hinga harum. Masukkan juga daging ayam suwir. Koreksi rasa, angkat isian yang sudah matang dan bumbu meresap.
  3. Ambil ketan sekepal kecil saja atau sesuai selera, pipihkan dan beri isian. Tutup dan padatkan, bungkus dengan daun pisang, lakukan hal yang sama hingga semua bahan habis. Kukus lagi hanya sampai daun layu dan berubah warna.

2 dari 8 halaman

2. Cara Membuat Lemper Isi Abon

Ilustrasi Lemper Abon

Jka kamu malas untuk membuat isian ayamnya, kamu juga bisa kok membuat jajanan kue basah lemper ini menggunakan isian abon instan. Beli saja kemasan di supermarket atau toko bahan kue. Dijamin nggak kalah enak dengan abon isi ayam. Simak langung resep cara membuat lemper abon berikut.

Bahan:
- 250 gram beras ketan, rendam 1 jam
- 150 ml santan
- 1/2 sdt garam
- 1 sdt gula pasir
- 1 lembar daun salam
- 1 batang sereh, geprek
- Daun pisan, untuk membungkus
- Abon sapi/ayam/ikan siap pakai

Cara membuat lemper isi abon:

  1. Kukus ketan selama 10-15 menit hingga matang. Rebus hingga mendidih bahan santan, gula, daun salam dan sereh. Masukkan ketan, aduk rata hingga cairan meresap ke dalam ketan. Kukus ketan kembali hingga matang selama 30 menit.
  2. Ambil sehelai daun pisang, beri 1-2 sdm ketan, pipihkan dan isi dengan abon. Bentuk agak lonjong dan bungkus, lakukan hingga semua bahan habis.
  3. Pangang di pan anti lengket sebentar agar lemper semakin wangi. Lemper isi abon sederhana siap disajikan.

3 dari 8 halaman

3. Cara Membuat Lemper Goreng

Ilustrasi Lemper Goreng

Umumnya, lemper diolah dengan cara dikukus atau dipangang di atas pan dan teflon hingga tercium bau wanginya. Tapi, ada juga loh olahan lemper yang dibuat dengan cara digoreng. Cara membuatnya juga nggak ribet kok. Dijamin kamu bakal suka dan ketagihan. Simak saja langsung resep cara membuat lemper goreng berikut ini.

Bahan:
- 200 gr beras ketan
- 65 ml santan kara + air sampai 160 ml
- 1/2 sdt garam
- Abon, untuk isian

Cara membuat lemper goreng:

  1. Cuci beras ketan, didihkan air dalam kukusan lalu kukus beras ketan hingga setengah matang sekitar 10 menit. Didihkan bahan santan dan tambahkan garam lalu aduk hingga larut.
  2. Masukkan ketan yang dikukus setengah matang tadi, aduk hingga seluruh santan meresap. Kukus lagi ketan hingga matang selama 30 menit, angkat dan biarkan hingga hangat dan dingin.
  3. Bagi ketan masing-masing 50 gram, pipihkan dan beri isian abon lalu kepal dan bentuk sesuai selera. Celupkan pada putih telur, guling di tepung panir. Goreng dalam minyak panas dengan api sedang hingga matang kekuningan. Angkat, tiriskan dan siap disajikan.

4 dari 8 halaman

4. Cara Membuat Lemper Ketan

Ilustrasi Lemper Ketan

Yap, memang lemper ini adalah kue atau jajanan basah yang terbuat dari bahan dasar beras ketan yang empuk dan kenyal. Dengan tambahan cairan santan kental akan membuat olahan ini semakin gurih dan tentunya nikmat. Simak saja deh langsung resep cara membuat lemper ketan di bawah ini.

Bahan:
Bahan isian ayam:
- 150 gram fillet ayam, kukus, suwir, cincang
- 2 siung bawang putih, haluskan
- 2 butir bawang merah, haluskan
- 1/2 sdt ketumbar, haluskan
- 1 batang serai potong 2
- 1 lembar daun salam
- 200 ml santan dari 1/2 butir kelapa
- 3/4 sdt peres garam
- 2 sdt peres gula pasir
- 2 sdm minyak sayur

Nasi ketan:
- 250 gram beras ketan, rendam 1 jam
- 225 ml santan dari 1/2 butir kelapa
- 3/4 sdt garam
- 1/2 sdt gula pasir

Pembungkus:
- Daun pisang potong ukuran 15x10cm
- Kertas roti, potong 8 arah panjang dan 6 arah lebar (jadi 48 potong)

Cara membuat lemper ketan:

  1. Buat isian ayam dengan cara panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga wangi. Masukkan bahan isian ayam lainnya lalu masak hingga bumbu meresap dan kering.
  2. Buat nasi ketannya dengan cara kukus beras selama 30 menit. Panaskan santan dalam wajan hingga mendidih, masukkan ketan kukus dan matikan api. Aduk hingga airnya meresap dan habis.
  3. Kukus kembali ketan selama 30 menit, angkat dan biarkan dingin. Bagi nasi ketan menjadi 16 bagian atau bisa lebih sesuai selera. Isi dengan isian ayam, bungkus dengan daun pisang lalu bungkus lagi dengan kertas roti. Lipat ujung pembungkusnya dengan rapi.

5 dari 8 halaman

5. Cara Membuat Lemper Mie

Ilustrasi Lemper Mie

Nggak hanya dibuat dari bahan dasar beras ketan, kamu juga bisa loh membuat olahan nikmat lemper ini menggunakan mie. Tanpa perlu banyak modal, kamu tetap bisa membuatnya walaupun hanya dengan mie instan sekalipun. Mudah, praktis, anti ribet, dan tentu saja lezatnya bikin nagih. Daripada penasaran mulu, mending simak langsung resep cara membuat lemper mie berikut ini.

Bahan:
- 3 bungkus mie instan
- 2 butir telur
- 3 buah wortel
- 3 buah kentang
- Seledri dan daun bawang
- Daun pisang untuk membungkus

Haluskan:
- Lada secukupnya
- 2 siung bawang merah
- 3 siung bawang putih
- Penyedap rasa
- Garam
- Gula pasir

Cara membuat lemper mie:

  1. Rebus mie instan, tiriskan lalu campur bumbu mie dengan minyak dan telur, sisihkan. Potong dadu wortel dan kentang. Tumis bumbu halus dan masukkan wortel dan kentang serta bahan lainnya, tes rasa sesuai selera.
  2. Setelah matang, angkat dan diamkan hingga uap panas hilang. Siapkan daun pisang, ambil 1 sendok mie dan pipihkan. Isi 1 sdt sayuran tadi ratakan dan bungkus.
  3. Siapkan kukusan lalu kukus selama 15 menit hingga matang. Kamu juga bisa menambahkan cabe rawit utuh dalam mie kalau suka pedas.

6 dari 8 halaman

6. Cara Membuat Lemper Bakar

Ilustrasi Lemper Bakar

Nah, ini nih yang membuat jajanan kue basah lemper menjadi berbau sangat wangi dan sedap, cara pengolahan dengan dibakar. Cukup menggunakan pan atau teflon sederhana di rumah, kamu sudah bisa menikmati sajian lezat kue lemper. Simak langsung resep cara membuat lemper bakar di bawah ini.

Bahan:
- 300 gram beras ketan, rendam 1-2 jam
- 150 ml santan
- 1/2 sdt garam
- 1 sdt gula pasir
- 2 lembar daun pandan

Bahan isi ayam:
- 200 gram filllet dada ayam, rebus hingga matang
- 1 sdm minyak goreng
- 1 sdm gula pasir
- 1/2 sdt garam
- 100 ml santan
- 1 lembar daun salam
- 1 batang serai, ambil putihnya, memarkan

Bumbu halus untuk ayam:
- 5 siung bawang merah
- 2 siung bawang putih
- 1 buah kemiri, sangrai
- 1/4 sdt ketumbar, sangrai
- Secukupnya daun pisang untuk pembungkus

Cara membuat lemper bakar:

  1. Rendam ketan selama 2 jam, kukus selama 10-15 menit. Rebus santan, gula, garam dan daun pandan hingga mendidih. Masukkan ketan dalam santan dan aduk rata hingga santan meresap. Kukus lagi ketan selama 30 menit hingga matang.
  2. Buat bahan isian dengan cara suwir-suwir daging ayam yang telah direbus. Haluskan bumbu dengan blender. Tumis bumbu hingga harum, masukkan daun salam, sereh, ayam suwir dan semua bumbu lainnya. Masak hingga bumbu meresap.
  3. Siapkan loyang lalu lapisi dengan plastik. Masukkan ketan dalam loyang, padatkan hingga setinggi 1/3 dari ukuran loyangnya. Tuang juga adonan isian lalu ratakan. Tutup lagi dengan ketan lalu padatkan.
  4. Keluarkan lemper dari cetakan lalu potong sesuai selera. Bungkus dengan daun pisang lalu panggang di atas teflon supaya aroma lemper lebih wangi.

7 dari 8 halaman

7. Cara Membuat Lemper Basah

Ilustrasi Lemper Basah

Terbayang dong tentunya ketika olahan lemper basah ini sudah di mulut. Rasa lembut dan kenyal dari beras ketan, sedap gurih perpaduan dari santan dan pandan. Tak lupa isiannya yang manis dan sedap. Dijamin kamu nggak akan bakal bisa menolak. Simak langsung resep cara membuat lemper basah di bawah ini.

Bahan:
- 1/2 kg beras ketan
- 1 sdm garam
- 2 bungkus santan kara
- Pandan
- Daun salam
- Bumbu gulai
- 1/4 kg ayam

Cara membuat lemper basah:

  1. Rendam ketan selama 30 menit lalu panaskan kukusan. Ambil wadah dan larutkan garam, 2 bungkus santan kara dan air secukupnya. Aduk rata dan didihkan hingga matang.
  2. Tiriskan ketan, kukus setengah matang selama 10 menit. Angkat dan masukkan dalam larutan santan, aduk selagi panas hingga tercampur rata dan masukkan lagi dalam kukusan. Kukus lagi ketan hingga matang.
  3. Buat isian ayam dengan cara kukus saja ayam lalu suwir-suwir. Siapkan bumbu yaitu 2 siung bawang putih, 100 gram cabe merah, 1/2 jari kunyit, 3 butir kemiri. Haluskan bahan dan tumis hingga harum. Masukkan juga serai geprek, 2 lembar daun salam, 3 lembar daun jeruk dan masukkan ayam suwir.
  4. Siapkan daun dan ambil 2 sdm ketan dan isi ayam. Gulung dan bakar di atas pan atau teflon.

8 dari 8 halaman

8. Cara Membuat Lemper Ketan Hitam

Ilustrasi Lemper Ketan Hitam

Nggak hanya dibuat dari bahan ketan putih, lemper ini juga bisa kamu buat dengan bahan dasar ketan hitam yang dikenal lebih alot. Tenang, cara membuatnya sangat simple dan kamu pasti suka akan rasanya. Nggak berbeda jauh dengan olahan lemper ketan putih, berikut resep cara membuat lemper ketan hitam selengkapnya.

Bahan:
- 1 kg ketan hitam
- 6 bungkus santan kara ukuran kecil
- 1/2 sdm garam
- 4 buah gula merah kecil, sisir
- 2 buah kelapa muda parut
- Daun pisang

Cara membuat lemper ketan hitam:

  1. Rendam ketan hitam selama semalam, masukkan ketan hitam, daun pandan, dan garam. Masukkan juga santan dan beri gula lalu aduk dan masak hingga matang tanak dalam kukusan.
  2. Buat isiannya dengan cara masukkan kelapa muda parut, gula merah dan garam. Campur dan masak degan api kecil hingga matang.
  3. Ambil daun pisang, isi dengan ketan dan bahan isian, lipat sesuai selera dan kukus dengan api kecil hingga daun layu dan matang. Lemper siap dihidangkan.

Nah, itulah beberapa resep cara membuat lemper isi ayam, abon, ketan hitam dan mie dengan cara dikukus ataupun dibakar yang tentunya mudah dan bisa banget kamu praktikkan sendiri di rumah. Dijamin kamu nggak akan bisa nolak dan sedapnya bikin nagih. Bagaimana, tertarik membuatnya? Segera persiapkan bahan-bahannya, ya.

Baca juga yuk: Kuliner Papua Ternyata Nggak Ada yang Digoreng Lho, Percaya?

Beri Komentar