9 Cara Membuat Puding Jagung Manis Kukus dengan Cup Bahan Susu, Santan, dan Coklat Sederhana

Reporter : Yayuk Harini
Senin, 24 Februari 2020 22:48
9 Cara Membuat Puding Jagung Manis Kukus dengan Cup Bahan Susu, Santan, dan Coklat Sederhana
Nggak melulu dengan buah, kamu juga bisa berkreasi dengan jagung untuk dibuat puding manis menggoda!

Apakah kamu termasuk pencinta olahan puding? Yap, kamu bisa banget membuat olahan puding di rumah dengan bahan dasar jagung loh. Nggak melulu menggunakan bahan buah, dengan bahan jagung puding yang kamu buat nggak kalah enaknya dengan puding yang biasa dibuat dari bahan buah-buahan segar.

Nah, berikut telah diadona ulas resep mudah cara membuat puding jagung yang tentunya bisa banget kamu buat sendiri di rumah. Penasarankan bagaimaka sih cara membuat olahan poding jagung ini? Yuk, langsung saja simak resp cara membuat puding jagung enak dan mudah berikut. Selamat mencoba!

1 dari 9 halaman

1. Cara Membuat Puding Jagung Manis

Ilustrasi Puding Jagung Manis

Olahan puding jagung manis bisa menjadi menu penutup yang lengkap. Kamu bisa banget menyajikan puding jagung manis ini untuk tamu dan keluarga serta saudara terdekat. Yuk langsung saja berkreasi dengan cara membuat puding jagung manis sederhana di bawah ini.

Bahan:
- 2 buah jagung
- 2 saset SKM
- 1 ons tepung custard
- 125 gram gula putih
- 2 1/2 gelas santan
- Garam
- Vanili

Cara membuat puding jagung manis:

  1. Serut jagung, satu jagung yang diserut dimasak dengan gula sediki, yang satu diblender menggunakan sedikit air. Masukkan santan dipanci, beri garam, vanili, gula susu, jangung yang diblender, dan tepung custard yang sudah dicairkan.
  2. Aduk dan masak dengan api sedang sampai meletup-letup. Masukkan jagung yang dimasak dengan gula tadi, aduk-aduk sampai matang. Setelah matang, matikan kompor dan tuang adonan ke dalam cup. Biarkan dingin dan masukkan kedalam kulkas. Puding jagung manis siap disantap.

2 dari 9 halaman

2. Cara Membuat Puding Jagung Susu

Ilustrasi Puding Jagung Susu

Puding jagung manis bisa banget kamu keasikan dengan bahan susu kental manis yang menggoa. Dijamin deh, kamu dan seluruh keluarga akan ketagiha dengan manis lezatnya puding jagung ini. Yuk langsung saja simak resep cara membuat puding jagung susu di bawah ini.

Bahan:
- 4 buah kecil jagung manis
- 1 saset nutrijel plain
- 800 ml air
- 3 sdm gula pasir
- 3 saset SKM
- 2 sdm maizena
- 4 tetes pasta pandan
- 3 tetes pewarna kuning
- Sejumput garam
- 2 lembar daun pandan, ikat simpul

Cara membuat puding jagung susu:

  1. Sisir jagung lalu blender dengan air 200 ml hingga halus kemudian saring. Campur air jagung, SKM, gula pasir, nutrijel, garam dan pewarna kuning. Aduk hingga tercampur rata, masukkan daun pandan, masak dengan api sedang sampai hampir mendidih.
  2. Kecilkan api, masukkan maizena yang sudah dilarutkan dengan 2 sdm air. Aduk pelan lalu masak hingga mendidih dan kental. Masukan puding ke dalam loyang.
  3. Sisakan 200 ml adonan puding, beri pasta pandan aduk rata. Sambil menunggu puding kuning set, tambahkan 3 sdm air ke puding pandan masak dengan api sangat kecil. Tuang ke atas puding kuning. Masukan puding ke lemari es, puding jagung susu lebih enak disajikan dingin.

3 dari 9 halaman

3. Cara Membuat Puding Jagung Cup

Ilustrasi Puding Jagung Cup

Untuk mengatasi anti ribet dan praktis dalam menyantap puding jagung, kamu tentunya bisa berkreasi dengan olahan puding jagung yang disajikan dalam cup kecil ini. Yuk, langsug saja simak resep praktis cara membuat puding jagung cup berikut ini.

Bahan:
- 2 buah jagung manis, diserut
- 1 bungkus bubuk agar agar swalow putih
- 1 saset susu kental putih
- 1 bungkus santan kara
- 2 sdm maizena
- 200 gram gula pasir
- 1/4 sdt garam
- 3 gelas air
- 20 cup plastik

Cara membuat puding jagung cup:

  1. Blender jagung serut dan air hingga halus. Saring jagung blender ke dalam panci, buang ampas kulit yang masih tersisa.
  2. Tambahkan santan kara, susu kental, gula pasir, garam, dan bubuk agar agar. Aduk hingga tercampur tanpa api dulu biar agar-agar tak menggumpal.
  3. Panaskan adonan di atas kompor sambil diaduk dengan api sedang hinjgga mendidih. Masukkan maizena yang sudah dicairkan dengan air. Aduk sampai tercampur rata dan mendidih, matikan api hilangkan uap panasnya
  4. Masukkan adonan puding ke dalam cup atau wadah apa aja yang disuka. Masukkan ke dalam kulkas biar tambah enak.

4 dari 9 halaman

4. Cara Membuat Puding Jagung Kukus

Ilustrasi Puding Jagung Kukus

Puding jagung akan semakin nikmat saat kamu membuatnya dengan cara dikukus sederhana, untuk lebih nikmat lagi, kamu bisa memasukkannya dalam lemari es setelah dingin di suhu ruangan. Penasarankan bagaimana sih cara membuat puding jagung ini? Simak langsung resep cara membuta puding jagung kukus yang mudah dan praktis di bawah ini.

Bahan:
- 1/2 kaleng tepung hercules
- 7 gelas belimbing santan dari 1/2 kelapa
- 1 buah jagung agak muda pipil kukus
- 1/2 kaleng SKM
- Keju parut untuk topping

Cara membuat puding jagung kukus:

  1. Campur santan, tepung hercules, dan SKM aduk sampe rata, lalu masak di atas api sedang. Aduk terus hingga tekstur berubah agak mengeras dan meletup-letup. Gunakan api kecil sambil diaduk agar tidak gosong bagian bawah.
  2. Masukkan jagung muda pipil yang sudah dikukus, aduk rata di adonan. Matikan api, lalu masukkan adonan ke dalam cetakan sebelum adonan dingin. Tambahkan keju parut sebagai topping dan siap disajikan.

5 dari 9 halaman

5. Cara Membuat Puding Jagung Santan

Ilustrasi Puding Jagung Santan

Puding jagung akan semakin enak dan tentunya sedap dengan aroma santan gurih yang nikmat. Yap, kamu bisa banget dong membuatnya dengan mudah di rumah. Yuk, langsung saja simak resep cara membuat puding jagung dengan santan berikut ini.

Bahan:
- 1 saset agar-agar plain swallow globe
- 2 buah jagung manis
- 500 ml air, 200 ml untuk diblender
- 350 ml susu cair
- 1 saset santan kara
- 150 gram gula pasir
- 1/2 sdt garam
- 1 sdt tepung custrad campur dengan 50 ml air

Cara membuat puding jagung santan:

  1. Blender jagung dengan 200 ml air kemudian saring ampas jagung, tuang air lagi yang 300 ml saring kembali, masukan ke wajan tambahkan susu cair, agar-agar, gula, dan garam. Nyalakan kompr aduk terus hingga mendidih.
  2. Setelah mendidih tambahkan larutan tepung custrad, aduk kembali sampai mendidih. Matikan kompor aduk-aduk puding hingga uap menghilang. Angkat dan tuang ke wadah, biarkan hingga mengeras, setelah dingin masukkan ke kulkas, puding siap disajikan.

6 dari 9 halaman

6. Cara Membuat Puding Jagung Sederhana

Ilustrasi Puding Jagung Sederhana

Cara membuat puding jagung terbilang sangatlah sederhana. Dengan bahan jagung, susu UHT, nutrijel dan gula, kamu akan langsung dapat menikmati sajian lembut dan gurih nikmatnya olahan manis puding jagung ini. Yuk, langsung saja simak resep mudah dipraktikkan cara membuat puding jagung sederhana berikut ini.

Bahan:
- 1 bungkus nutrijel plain
- 2 bonggol jagung manis
- 2,5 gelas susu UHT
- 7 sendok gula pasir atau sesuai selera
- Vanili

Cara membuat puding jagung sederhana:

  1. Sisir jagung manis, lalu blender sambil masukkan susu UHT secara bertahap. Campurkan gula pasir dan nutrijel lalu panaskan di api sedang, aduk terus sampai mendidih.
  2. Setelah mendidih, angkat dan tuang ke dalam cetakan. Tunggu sampai dingin, masukkan kulkas. Sajikan.

7 dari 9 halaman

7. Cara Membuat Puding Jagung Tanpa Santan

Ilustrasi Puding Jagung Tanpa Santan

Bahan:
- 2 bungkus nutrijel plan
- 7 sdm gula pasir atau sesuai selera
- 150 ml susu kental manis
- 300 gram jagung manis
- 1200 ml air
- Sedikit potongan kismis

Cara membuat puding jagung tanpa santan:

  1. Blender jagung dengan menambahkan air, saring dan buang ampasnya. Masukkan nutrijel dan gula ke dalam wadah masak, lalu tuang sari jagung yang sudah disaring tadi.
  2. Masukan susu kental manis, masak sambil diaduk sampai kental/mendidih. Tuang di cetakan puding, taburi potongan kismis. Biarkan sampai dingin lalu masukan kulkas.

8 dari 9 halaman

8. Cara Membuat Puding Jagung Hercules

Kamu juga bisa membuat olahan puding jagung hercules di rumah. Tenang, cara membuatnya sangatlah sederhana kok. Dengan parutan keju di atasnya, dijamin kamu akan selalu ketagihan dan nggak bisa berhenti ngunyah, hehe...

Simak resep cara membuat puding jagung hercules yang telah Diadona rangkum berikut ini. Selamat berkreasi!

Bahan:
- 2 buah jagung manis
- 150 gram tepung hercules
- 150 gram gula pasir
- 3 saset SKM
- 1 bungkus Santan kara 60 ml
- 1 saset vanilli
- Sejumput garam

Bahan toping:
- Parutan keju

Cara membuat puding jagung hercules:

  1. Pisahkan biji jagung dari bonggolnya. Bisa dengan cara direbus terlebih dahulu, lalu dipipil, atau iris dengan pisau lalu kerok sisa-sisanya yang masih menempel di bonggol jagung sampai bersih. Setelah itu, rebus dengan menggunakan 2 gelas air bersih sampai matang, angkat dan sisihkan.
  2. Campur semua bahan dalam panci, lalu aduk merata sampai tidak ada gumpalan di dasar panci. Masak di atas api sedang sambil terus diaduk supaya tidak menggumpal.
  3. Jika sudah mendidih, maka kecilkan api. Masukkan rebusan jagung tadi sambil terus diaduk sampai mengental dan meletup. Mengaduknya diusahakan sampai dasar supaya tidak gosong di bawah. Jika dirasa letupan sudah agak berat, kemudain segera angkat.
  4. Langsung tuang ke wadah. Proses ini harus gerak cepat supaya puding tidak keburu dingin dan mengeras. Jika sudah, beri toping taburan parutan keju di atasnya.

9 dari 9 halaman

9. Cara Membuat Puding Jagung Coklat

Ilustrasi Puding Jagung Coklat

Bahan coklat memang selalu nggak bisa tertingal dari hampir semua olahan puding. Termasuk sajian nikmat puding jagung ini yang tentunya bisa kamu buat dengan campuran bahan coklat pada lapisannya. Yuk, langsung saja simak resep mudah cara membuat puding jagung coklat di bawah ini.

Bahan:
Bahan lapisan bawah:
- Nutri jelly coklat
- 700 ml air
- 200 ml gula, cair
- 1 susu coklat

Bahan lapisan atas:
- Nutri jelly plain
- 900 ml air
- Secukupnya gula
- 5 buah jagung kecil, dipilah

Cara membuat puding jagung coklat:

  1. Siapkan tempat wadah memasak. Jika tempat sudah tersedia bahan buat lapisan bawah di masukan jadi satu ke wadah, kemudian diaduk rata sampai tidak mengumpal.
  2. Selanjutnya masak sambil diaduk biar tidak terjadi gumpalan. Siapkan wadah cetakan yang bawahnya diberi air agar cepat dingin. Jika sudah matang lalu tuang, tunggu sampai dingin.
  3. Bahan lapisan atas, jagung diblender terlebih dahulu dengan air 900 ml ambil sarinya. Siapkan wadah, lalu tuang sari jagungnya sambil disaring, jangan dipakai ampasnya. Masukan nutri jelly plain, gula dan diaduk rata.
  4. Selanjutnya dimasak sampai mendidih, jika sudah tuang ke dalam wadah yang sudah ada lapisan bawahnya. Tunggu hingga dingin, siap dinikmati dan selamat mencoba.

Nah, itulah beberapa resep mudah cara membuat puding jagung yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Tentunya, olahan puding jagung yang manis akan cocok dihidangkan untuk menu camilan sehat keluarga tercinta. Bagaimana, sudah terbayangkan bahan dan alat apa saja yang harus kamu persiapkan? Tertarik untuk membuatnya?

Beri Komentar