9 Resep Mudah Cara Membuat Dimsum Ayam Kulit Siomay Kukus, Udang, dan Ikan Saus Sederhana

Reporter : Yayuk Harini
Selasa, 18 Februari 2020 17:09
9 Resep Mudah Cara Membuat Dimsum Ayam Kulit Siomay Kukus, Udang, dan Ikan Saus Sederhana
Olahan Tiongkok yang dibuat dengan bahan campuran nori dumpling, lumpia, hakau, keyca, lumpia kulit tahu, bakchang, udang rambutan, bakpao, dan ceker angsio. Simak resep selengkapnya di bawah ini!

Siapa sih yang nggak tahu olahan enak dimsum ini? Yap, dimsum merupakan makanan ringan yang memiliki banyak jenisnya. Di negara Tiongkok, sebutan dimsum digunakan untuk semua kue dan makanan pembuka. Tapi, di negara lain dimsum memiliki arti yang terbatas dan lebih dikenal dengan olahan dari  nori dumpling atau sushi crabstick, siewmai, lumpia, hakau, keyca, lumpia kulit tahu, bakchang, udang rambutan, bakpao, dan ceker angsio.

Cara membuat dimsum memang membutuhkan ketelatenan. Eits, tapi kamu juga bisa membuatnya dengan kreasi sederhana kamu sendiri. Langsung saja simak resep selengkapnya cara membuat dimsum di bawah ini. Selamat mencoba!

1 dari 9 halaman

1. Cara Membuat Dimsum Ayam

Dimsum Kukus Ayam

Olahan dimsum pertama yang bisa kamu buat adalah dengan bahan daging ayam. Kamu bisa langsung membuatnya dengan melihat resep cara membuat dimsum ayam yang telah Diadona ulas di bawah ini.

Bahan:
- 500 gram daging ayam, giling
- 100 gram udang blender
- 2 batang daun bawang
- 3 siung bawang putih
- 2 butir telur ayam
- 200 gram tepung tapioka
- 1 saset kaldu jamur merang
- Secukupnya garam
- 1/2 sdt lada putih
- 1 sdm saos tiram
- 1 1/2 sdm minyak wijen
- 1 sdm kecap asin
- 1 buah wortel, parut halus

Cara membuat dimsum ayam:

  1. Haluskan atau blender ayam fillet dan udang. Iris tipis daun bawang, cincang halus bawang putih, kemudian campurkan dengan daging halus dan telur.
  2. Campurkan semua bahan hingga tercampur rata. Siapkan kulit pangsit dan siapkan pula parutan wortel untuk topingnya. Beri isian, sisipkan dikulit pangsit lalu lipat ala dimsum, ulangi hingga bahan habis.
  3. Setelah semua bahan habis, panaskan kukusan. Kemudian kukus dimsum selama 25-30 menit. Sajikan dengan saos sambal.

2 dari 9 halaman

2. Cara Membuat Kulit Dimsum

Kulit Dimsum

Selain isian, kamu juga harus menyiapkan kulit luaran untuk membungkus isi dimsum. Simak resep cara membuat dimsum untuk kulit di bawah ini.

Bahan:
- 150 gram tepung terigu protein tinggi
- 150 gram tepung terigu protein sedang
- 150 ml air hangat
- 1 sdt garam
- Tepung maizena secukupnya untuk taburan

Cara membuat dimsam untuk kulit:

  1. Campur tepung terigu protein tinggi dan protein sedang beserta garam, aduk rata. Masukkan air hangat, uleni hingga kalis.
  2. Diamkan selama 30 menit, tutup plastik wrap. Setelah 30 menit, uleni lagi sebentardan diamkan kembali 1 jam tutup menggunakan plastik wrap.
  3. Setelah 1 jam, gilas tipis kemudian cetak menggunakan mangkuk/ringcutter kemudian susun perlapis dengan ditaburi dengan tepung maizena. Setelah selesai, tutup rapat, sisihkan dan siap dipakai.

3 dari 9 halaman

3. Cara Membuat Kulit Siomay Dimsum

Ilustrasi Kulit Siomay Dimsum

Berikut cara membuat dimsum untuk kulit siomay. Simak resep selengkapnya dan bisa langsung dicoba di rumah.

Bahan:
- 180 gram tepung terigu
- 20 gram tapioka
- Sejumput garam
- 1 sdt minyak goreng
- 120 ml air panas
- Maizena

Cara membuat dimsum kulit siomay:

  1. Siapkan wadah, masukan tepung terigu, garam dan minyak goreng sambil diaduk-aduk. Tambahkan tapioka, tuang air panas sedikit demi sedikit aduk dan uleni hingga kalis. Bungkus plastik hingga lunak sekitar 30 menit.
  2. Ambil adonan uleni sebentar kemudian giling dan tipiskan sesuaikan keinginan dan cetak dengan menggunakan cookie cutter. Lumuri dengan maizena agar tidak lengket satu sama lain. Langsung diolah jadi bungkus siomay.

4 dari 9 halaman

4. Cara Membuat Dimsum Udang

Dimsum Udang

Olahan dimsum juga terkenal dengan bahan udang dengan aroma yang khas. Simak resep cara membuat dimsum udang di bawah ini.

Bahan:
- 1/2 kg ayam, dada fillet
- 1/4 kg udang
- 5 kotak es batu
- 2 sdt bawang putih goreng
- 4 sdm tepung tapioka
- 2 sdm minyak wijen
- 2 sdm kecap ikan
- 3 sdm kecap asin
- 2 sdm saus tiram
- 1/2 sdt baking powder
- Daun bawang
- Wortel parut
- Garam dan gula secukupnya
- Kulit pangsit, 50 slices

Cara membuat dimsum udang:

  1. Cuci bersih daging ayam dan udang, untuk udang buang kotoran, kulit dan kepala tetap disimpan. Potong dadu dada ayam dan ayam. Masukkan ke dalam food processor (udang sebagian aja, sebagian lagi potong cincang tanpa dimasukkan kedalam food processor agar rasa udang tetap kuat).
  2. Tambahkan bawang putih goreng, kecap asin, kecap ikan, minyak wijen, baking powder lalu blend semuanya sampai halus. Tambahkan daun bawang ke dalam adonan, dan koreksi rasa. Siap dibentuk dimsum udang.
  3. Sediakan kulit pangsit, minyak di wadah kecil, dan air di baskom. Masukkan pangsit ke dalam air sampai basah keseluruhan, lalu lipat di setiap pojokan sehingga jadi membentuk kotak kecil.
  4. Masukkan adonan taburi di atasnya dengan wortel parut dan lipat kulit pangsit. Celupkan dalam air, dan minyak, dimsum siap di kukus.
  5. Mencelupkan kulit pangsut berfungsi untuk melembutkan kulit pangsit, jadi ketika membeli dimsum lalu masukkan ke kulkas dan dikukus lagi, kukit tidak keras dan tetap lembut.

5 dari 9 halaman

5. Cara Membuat Saus Dimsum

Saus Dimsum

Setelah kamu selesai membuat dimsum, kamu juga bisa membuat sausnya sendiri di rumah. Simak resep cara membuat dimsum untuk saus di bawah ini.

Bahan:
- 7 buah cabe keriting
- 5 buah cabe rawit
- 2 siung bawang putih
- 3 sdm gula pasir
- 1/2 sdt garam
- 1 sdt cuka
- 1 sdt maizena larutkan dengan 1 sdt air
- 150 ml air untuk merebus cabe dan bawang putih

Cara membuat dimsum saus:

  1. Cuci cabe dan bawang putih kemudian rebus dengan 150 ml air. Blender dengan ditambahkan air 150 ml sisa rebusan cabe dan bawang putih. Saring bumbu.
  2. Jika sudah disaring tambahkan gula, garam, cuka dan larutan maizena kemudian masak hingga mendidih. Jika ingin membuat lebih banyak maka tinggal gandakan takaran resepnya.

6 dari 9 halaman

6. Cara Membuat Dimsum Kukus

Dimsum Kukus

Cara membuat dimsum sangatlah sederhana. Hanya dengan menyiapkan bahan kulit dan isian lalu siap dikukus dalam kukusan. Yuk, langsung saja simak resep cara membuat dimsum kukus di bawah ini.

Bahan:
- 1 kg ayam segar, blender
- Kulit dimsum/kulit pangsit
- 1 buah wortel di parut, bagi 2 untuk hiasan dan adonan
- 2 batang daun bawang
- 10 siung bawang putih
- 5 siung bawang merah
- 6 sendok tepung tapioka
- 1 sendok minyak wijen
- 1 telor ayam
- 1 bungkus saori
- Kaldu bubuk
- Garam
- Gula
- Ladaku

Bahan bahan saos (blender):
- 1/2 ons cabe keriting
- 7 siung bawang putih
- 2 siung bawang merah
- 1 1/2 sendok gula, sesuai selera
- 1/2 sendok makan garam

Bahan yang di blender untuk adonan dimsum:
- Bawang putih
- Bawang merah

Cara membuat dimsum kukus:

  1. Cuci ayam sampai bersih, potong kecil-kecil agar mudah di blender. Masukkan ke frezeer setengah jam taburin lada dan garam secukupnya.
  2. Keluarkan ayam dari frezeer, blender ayam, campur ayam dengan tepung tapioka, masukkan bumbu yang sudah di blender (bawang putih dan merah), masukan telor, irisan daun bawang, minyak wijen, saori, parutan wortel, garam, ladaku, gula, aduk sampai rata.
  3. Setelah sudah tercampur semua bahan, jangan lupa dirasa dulu adonan sudah pas atau belum, setelah itu bentuk adonan dengan kulit dimsum/kulit pangsit (sesuai selera).
  4. Kukus selama 30 menit, sambil nunggu kukusan, bahan untuk saos yang sudah di blender di tumis bumbui garam dan gulai, kasih air sedikit saja agar tidak terlalu kental dan tidak terlalu cair.

7 dari 9 halaman

7. Cara Membuat Dimsum Sederhana

Dimsum Sederhana

Dengan bahan sederhana berupa daging ayam dengan campuran bumbu bawang, kamu tentunya bisa berkreasi membuat dimsum sederhana sendiri di rumah. Simak langsung resep cara membuat dimsum di bawah ini.

Bahan:
- 250 gram ayam dada
- 2 siung bawang putih
- 2 siung bawang merah
- 2 sdm Tepung kanji
- 2 sdm Tepung Meizena
- 1 sdm saos tiram
- 1 sdt gula pasir
- 1 sdt garam
- 1/2 sdt soda kue
- 1 sdt merica bubuk
- 1 butir telur kuning
- 2 sdm minyak goreng
- 1/2 wortel parut

Cara membuat dimsum sederhana:

  1. Cuci bersih ayam, beri perasan jeruk nipis, kemudian potong dadu ayam dan diblender hingga halus. Tuangkan ke wadah,kemudian masukan parutan wortel, bawang putih dan bawang merah halus. Aduk.
  2. Tambahkan tepung kanji, tepung meizena, merica, garam, gula, soda kue, saos tiram dan masukkan kuning telur dan minyak aduk hingga merata kemudian masukkan soda kue.
  3. Setelah koreksi rasa, kemudian masukkan adonan ke kulit lumpia dan beri sedikit hiasan wortel parut. Kukus hingga mateng.

8 dari 9 halaman

8. Cara Membuat Kulit Pangsit untuk Dimsum

Cara membuat dimsum kulit pangsit sangatlah mudah. Bahan adonan yang telah kalis akan dibentuk bulat tipis selebar ukuran yang diinginkan. Langsung saja simak resep cara membuat dimsum untuik kulit pangsit di bawah ini.

Bahan:
- 8 sdm terigu protein sedang
- 2 sdm tepung tapioka
- 1/2 sdt garam
- Air panas secukupnya
- Tepung maizena untuk taburan

Cara membuat dimsam kulit pangsit:

  1. Campurkan tepung terigu, tapioka dan garam, aduk dan tuang air panas sedikit sambil diaduk dengan spatula sampai menggumpal dan bisa diuleni. Uleni sebentar lalu diamkan 30 menit.
  2. Uleni lagi sebentar lalu siap dicetak. Ambil adonan sedikit lalu tipiskan, cetak sesuai selera. Adonan dengan resep ini bisa menjadi 42 lembar kulit pangsit.

9 dari 9 halaman

9. Cara Membuat Dimsum Ikan

Ilustrasi Dimsum Ikan

Selain udang dan ayam, kamu juga bisa membuat dimsum dengan bahan ikan dori. Langsung saja simak resep cara membuat dimsum ikan berikut ini. Selamat mencoba!

Bahan:
- 200 gram ikan dori
- 3 sdm tepung kanji
- 1/2 sdm tepung terigu
- 3 sdm telur, yang sudah dikocok
- Daun pree
- Keju parut, melt
- 1 siung bawang putih, haluskan
- Wortel, parut
- Ladaku
- 1 sdm minyak wijen

Cara membuat dimsum ikan:

  1. Giling dori atau haluskan sesuai selera. Parut wortel, daun pree, keju untuk isi dan hiasan. Campurkan sebagian pada ikan dori yang sudah dihaluskan dan sisihkan sebagian untuk hiasan.
  2. Setelah tercampur, masukkan tepung terigu, kanji dan 3 sdm telur aduk hingga merata. Tambahkan lada dan garam sesuai selera.
  3. Bentuk adonan dan alasi untuk mengukus dilapisi oleh minyak goreng terlebih dahulu agar tidak lengket. Kukus selama 15-30 menit. Dimsum siap saji selagi masih hangat.

Nah, itulah resep cara membuat dimsum yang bisa kamu buat sendiri di rumah dengan mudah dan sederhana. Bagaimana, tertarik membuatnya?

Beri Komentar