8 Cara Bikin Steak Daging Kurban,Super Juicy dan Lezat Lho!

Reporter : Arifina
Selasa, 11 Juni 2024 18:00
8 Cara Bikin Steak Daging Kurban,Super Juicy dan Lezat Lho!
Mengolah daging kurban menjadi steak ternyata tidak ribet lho! Simak deh caranya berikut!

Cara bikin steak daging kurban bisa kamu jadikan acuan untuk menyajikan olahan masakan yang lezat dan juicy. Ya, momen Idul Adha identik dengan hidangan-hidangan daging kurban.

Mulai dari olahan daging sapi, kambing, atau domba kerap dijadikan sebagai bahan utama berbagai makanan lezat. Nah, steak daging salah satu yang bisa kamu olah dengan mudah lho!

Steak daging kurban menawarkan cita rasa unik dan tekstur empuk yang memanjakan lidah. Tak perlu khawatir, membuat olahan daging sapi satu ini di rumah tidak sesulit yang dibayangkan.

Bahkan, kamu bisa menghasilkan cita rasa ala restoran jika cara mengolahnya tepat lho! Ikuti cara membuat steak daging berikut yuk!

1 dari 10 halaman

Persiapan Bahan-Bahan

Ilustrasi Steak Daging Sapi

Sebelum mulai membuat steak daging, tentu saja kamu harus menyiapkan bahan-bahannya. Umumnya, steak dibuat dengan bahan utama daging sapi.

Bahan-Bahan:

  • 500 gram daging kurban (bagian sirloin, tenderloin, atau ribeye)
  • 2 sdm minyak zaitun
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 1 sdm mentega
  • 1 tangkai rosemary atau thyme (opsional)
  • 1 sdm saus Worcestershire (opsional atau bisa diganti dengan saus barbeque, saus tiram, lada hitam dan lainnya)
  • Garam dan merica secukupnya

2 dari 10 halaman

Pilih Daging Berkualitas

Menghidangkan sajian steak yang lezat maka mengacu pada pemilihan daging yang digunakan. Meski mendapatkan daging kurban, kamu harus memastikan benar-benar masih segar ya.

Pilihlan daging sapi kurban yang masih kemerahan cerah dan marbling atau memiliki lemak yang terdistribusi merata seperti sirloin, tenderloin, atau rib eye. Hindari bagian paha yang cenderung alot.

Pastikan juga, daging yang kamu gunakan tidak berbau busuk ya.

 

3 dari 10 halaman

Pastikan Daging Bersuhu Ruang

Setelah memastikan daging yang akan dibuat steak berkualitas, maka sebelum memasaknya pastikan kondisinya sudah di suhu ruang. Hal ini penting, agar saat proses pemasakan nantinya daging bisa matang dengan merata.

Jika kamu mengambil daging dari freezer, maka diamkan terlebih dahulu selama 30-40 menit sebelum dimasak. Keringkan dengan tisu agar daging benar-benar bebas air sebelum dibumbui.

 

4 dari 10 halaman

Potong Daging dengan Ketebalan yang Tepat

Tips Agar Daging Sapi Tidak Bau

Proses selanjutnya, pemotongan daging steak. Ini memang cukup tricky agar bisa menghasilkan masakan yang juicy dan lembut.

Potong daging kurban dengan ketebalan sekitar 2-3 cm. Pastikan daging sudah berada pada suhu ruangan sebelum dimasak untuk hasil yang lebih merata.

Baru setelahnya, mulai taburi dengan bumbu-bumbu seperti garam, merica, saus olesan lada hitam atau sau tiram, atau yang lainnya. Diamkan beberapa saat, agar bumbu meresap sempurna.

 

5 dari 10 halaman

Gunakan Metode Memasak yang Tepat

Memasak steak umumnya dilakukan dengan dipanggang. Kamu bisa menggunakan alat panggang atau teflon yang lebih mudah untuk proses pengolahan ini.

Tambahkan sedikit minyak dan garam dalam pemanggangan atau teflon sebelum memasukkan daging. Setelahnya, letakkan daging yang akan dibuat steak dan panggang hingga matang.

 

6 dari 10 halaman

Perhatikan Suhu Pemanggangan Steak

Suhu panas pemanggangan untuk mengolah steak penting diperhatikan ya. Hal ini agar olahan masakan matang sempurna.

Untuk steak medium-rare, standar umum suhu panasnya sekitar 57-63 erajat celcius. Gunakan juga metode dua zona dengan menyiapkan pemanggangan zona panas dan dingin.

Hal ini akan membantu menaikkan suhu unternal pada steak. Mulailah pemanggangan di pembakaran dingin, lalu lanjutkan ke sisi pemanggangan panas untuk mempercepat proses pematangan.

 

7 dari 10 halaman

Perhatikan Waktu Pemanggangan

Cara Membuat Steak Daging

Memanggang daging steak juga tidak bisa asal. Untuk hasil yang maksimal kamu perlu menentukan Waktu pemanggangannya.

Misal, daging dengan ketebalan 2 cm maka dibutuhkan proses memasak daging selama 2 menit di setiap sisi untuk tingkatan setengah matang, Namun, jika ingin jenis medium, maka kamu butuh memasaknya selama 3-4 menit di setiap sisinya.

Sementara, untuk tingkat kematangan well-done butuh Waktu 2-4 menit di setiap sisi. Kemudian, kurangi api dan masak selama 4-6 menit tambahan.

 

8 dari 10 halaman

Istirahatkan Daging

Setelah matang, angkat daging dari pemanggangan atau teflon dan letakkan di atas talenan. Biarkan istirahat selama 5-10 menit dan tutup dengan aluminium foil.

Proses ini penting untuk membiarkan jus daging menyebar kembali ke seluruh bagian steak. Sehingga, nantinya akan menghasilkan tekstur yang lebih empuk dan rasa yang lebih kaya.

 

9 dari 10 halaman

Penyajian Daging Steak

Iris daging melawan serat untuk hasil irisan yang lebih lembut. Kemudian, sajikan steak dengan pilihan saus favorit, seperti saus jamur, saus lada hitam, atau saus krim bawang putih.

Tambahkan hidangan pendamping seperti, sayuran panggang atau kentang sebagai pelengkap.

Itulah cara bikin steak daging kurban yang bisa kamu jadikan referensi di rumah. Kini, mengolah daging bisa lebih menarik dan makin lezat bukan? Selamat mencoba ya!

Beri Komentar