8 Cara Membersihkan Sotong Gurita, Bye Bye Bau Amis dan Dijamin Lebih Empuk

Reporter : Arifina
Jumat, 19 Juli 2024 16:47
8 Cara Membersihkan Sotong Gurita, Bye Bye Bau Amis dan Dijamin Lebih Empuk
Biar empuk dan tidak bau amis, sotong gurita harus dibersihkan dengan benar lho! Nah, kamu sudah tahu caranya belum nih? Simak dulu yuk!

Ada beberapa cara membersihkan sotong gurita yang perlu diperhatikan dengan tepat. Sebab, hal ini nantinya akan mempengaruhi hasil masakan.

Sotong gurita jenis seafood yang banyak digemari. Rasanya yang lezat dengan tekstur unik menjadikan hidangan satu ini selalu menggoda. Misalnya, gurita asam manis, jajanan takoyaki, tumis gurita, dan masih banyak lainnya.

Sayangnya, banyak orang enggan untuk mengolah sotong gurita. Hal itu karena, proses pembersihannya yang dianggap rumit dan bau amis.

Padahal dengan cara-cara yang tepat, jenis seafood ini bisa dibersihkan dengan mudah. Hasilnya pun tidak bau amis dan gampang diolah menjadi masakan seafood yang super lezat.

Nah, berikut ini cara membersihkan sotong gurita yang bisa kamu jadikan acuan sebelum mengolahnya lho!

 

1 dari 8 halaman

Pilih Sotong Gurita yang Segar

Cara Membersihkan Sotong Gurita

© 2024 freepik.com/azerbaijan_stockers

Ini penting sebelum kamu mulai membersihkannya. Pastikan sotong gurita yang kamu beli masih dalam keadaan segar dan berkualitas ya.

Ciri-ciri sotong gurita segar biasanya tidak berbau amis berlebihan. Kemudian, teksturnya juga lebih kenyal.

Hal ini nantinya akan memudahkan pembersihan sotong gurita sebelum diolah menjadi masakan lezat.

 

2 dari 8 halaman

Cuci dengan Air Dingin

Langkah berikutnya, gunakan air dingin untuk mencuci sotong gurita. Cuci dengan perlahan di bawah air dingin yang mengalir.

Cara ini akan mempermudah kamu untuk menghilangkan kotoran yang menempel. Buang juga sisa-sisa lendir yang masih ada pada permukaan sotong gurita.

Pastikan saat proses pencucian ini semua bagian tersiram air dengan baik.

 

3 dari 8 halaman

Pisahkan Kepala dari Badan

Langkah berikutnya, pisahkan bagian kepala sotong gurita dari badannya agar lebih leluasa saat memebrsihkannya. Gunakan pisau tajam untuk proses pemisahan ini.

Letakkan sotong gurita di atas talenan. Lalu, potong tepat di bawah mata untuk memisahkan kepala dari badannya.

Buang bagian kepala jika tidak diperlukan. Potong juga bagian kakinya satu per satu.

 

4 dari 8 halaman

Buang Kantung Tinta dan Organ Dalam

Cara Membersihkan Sotong Gurita

© 2024 freepik.com/timolina

Proses selanjutnya membersihkan bagian tinta dalamnya. Ini harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak pecah dan menodai bagian daging yang lainnya.

Periksa kepala yang sudah terpotong. Balik dan temukan bagian kantong tintanya.

Tekan bagian bawah kepala untuk mengeluarkan kantung tinta dan organ dalam lainnya. Buang bagian tersebut beserta isinya.

 

5 dari 8 halaman

Bersihkan Bagian Tentakel

Tentakel sotong gurita juga menjadi salah satu bagian penting yang turut dibersihkan. Tentakel memiliki penghisap yang perlu dibersihkan.

Potong ujung tentakel sotong gurita yang runcing. Balik tentakel sehingga bagian dalamnya menghadap ke luar.

Gunakan pisau untuk membuang bagian kulit berwarna coklat tipis pada tentakel. Bilas dengan air mengalir untuk membersihkan sisa kotoran.

 

6 dari 8 halaman

Gunakan Garam

Untuk proses membersihkan sisa-sisa kotoran yang menempel pada sotong gurita lebih optimal, kamu bisa menggunakan garam.

Gosok bagian dalam kantong perut sotong gurita dengan garam untuk menghilangkan sisa-sisa pasir. Gunakan air dingin dan sedikit garam untuk menggosok juga bagian tentakel.

Cara ini akan membuat bagian penghisapnya bersih dari kotoran. Lakukan dengan lembut agar tidak merusak tentakel.

 

7 dari 8 halaman

Kuliti Sotong Gurita

Cara Membersihkan Sotong Gurita

© 2024 freepik.com/timolina

Bagian kulit sotong gurita biasanya tebal dan licin. Nah, kamu bisa mengulitinya dengan cara merendam sotong gurita dalam air panas.

Lakukan perendaman selama beberapa detik, kemudian tarik kulitnya mulai dari bagian kepala ke arah tentakel. Pastikan semua kulit terkelupas dengan baik sehingga bisa bersih sempurna ya.

Proses perendaman dengan air panas ini juga akan membuat sotong gurita lebih empuk. Selain itu, garam juga akan mengurangi bau amis pada seafood.

 

8 dari 8 halaman

Bilas Kembali dengan Air Dingin

Setelah semua proses di atas tuntas, bilas kembali sotong gurita dengan air dingin. Lakukan proses ini dengan air mengalir ya.

Cara ini guna memastikan tidak ada sisa kotoran atau lender yang masih menempel pada sotong gurita. Sehingga saat diolah menjadi masakan benar-benar bersih.

Itulah cara membersihkan sotong gurita yang bisa kamu terapkan sebelum mengolahnya menjadi masakan lezat di rumah. Ikuti langkah-langkahnya untuk memastikan hidangan buatanmu nanti lebih lezat. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar