7 Cara Membuat Mashed Potato, Super Lembut, Creamy, dan Lezat Abis!

Reporter : Arifina
Selasa, 30 Juli 2024 10:00
7 Cara Membuat Mashed Potato, Super Lembut, Creamy, dan Lezat Abis!
Alih-alih ke restoran mahal, kamu bisa lho membuat mashed potato yang super lembut dan creamy dengan mudah. Simak saja caranya!

Cara membuat mashed potato sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah lho! Asal, kamu memahami pembuatannya dengan tepat.

Mash potoato menjadi salah satu hidangan yang populer dan disukai banyak orang. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang gurih membuatnya menjadi pelengkap sempurna untuk berbagai hidangan.

Biasanya, mashed potato disajikan dengan steak, ayam panggang, ataupun hidangan utama lainnya. Rasanya super creamy membuatnya seakan selalu cocok untuk disantap di berbagai kesempatan.

1 dari 8 halaman

Ilustrasi Mashed Potato

© Bettycrocker.com

Makanan yang berasal dari Prancis ini terbuat dari kentang yang direbus, mentega, krim kental, susu, garam, dan merica. Kemudian semua bahannya dicampur menjadi satu untuk menjadi hidangan yang super lembut dan creamy.

Nah, cara membuat mashed potato sebenarnya sangat mudah. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar hasil akhir hidangan begitu lembut dan creamy sempurna seperti makanan di restoran.

Simak cara membuatnya berikut yuk!

 

2 dari 8 halaman

Pilih Jenis Kentang yang Tepat

Jenis kentang yang digunakan sangat mempengaruhi hasil akhir mashed potato. Gunakan kentang yang memiliki kandungan pati tinggi seperti kentang Russet atau kentang Idaho.

Bisa juga memilih kentang yang khusus untuk ditumbuk, seperti Yukon gold. Beberapa jenis kentang tersebut akan menghasilkan mashed potato yang lembut dan creamy.

Pastikan juga kentang yang kamu gunakan masih segar dan berkualitas ya, sehingga hasil masakan akan terasa lezat.

 

3 dari 8 halaman

Potong Kentang Secara Merata

Langkah selanjutnya, kamu perlu memotong-motong kentang dengan benar untuk menghasilkan hidangan mashed potato yang sempurna. Pastikan untuk memotongnya dengan ukuran yang sama.

Potonglah kentang dengan ukuran besar dan seragam, hal ini agar tidak banyak cairan yang masuk ke dalamnya saat direbus. Cara ini juga akan memudahkan proses penumbukannya nanti.

Potongan yang seragam juga menjadikan semua kentang matang dengan waktu yang sama sehingga teksturnya lebih konsisten.

 

4 dari 8 halaman

Rebus dengan Air Dingin

Cara Membuat Mashed Potato

© 2024 resepkoki.id

Mulailah merebus kentang dengan air dingin. Masukkan kentang ke dalam panci dan tambahkan air hingga kentang terendam seluruhnya.

Memulai dengan air dingin dan masak sampai mendidih. Cara ini untuk memastikan kentang matang secara merata dari luar ke dalam.

Jika kamu merebus kentang saat air sudah mendidih, hal ini justru akan menjadikan bagian luarnya matang lebih dahulu. Sementara, bagian dalam kentang justru masih keras dan renyah.

 

5 dari 8 halaman

Perhatikan Waktu Memasak Kentang

Rebus kentang hingga benar-benar empuk,namun jangan sampai overcook. Kentang yang terlalu lembek akan sulit dihaluskan dan menghasilkan mashed potato yang berantakan.

Kamu bisa mengecek kematangannya dengan menusuk kentang menggunakan garpu. Jika garpu dapat menembus kentang dengan mudah, maka kentang sudah matang.

Angkat, dan kentang siap ditumbuh untuk diolah menjadi mashed potato.

 

6 dari 8 halaman

Masak Mentega dan Krim

Sebelum mengolah kentang menjadi mashed potato, kamu juga perlu menyiapkan mentega dan krim. Nah, kedua bahan ini sebaiknya dihangatkan terlebih dahulu sebelum dicampurkan bersama kentang.

Kamu bisa menghangatkan mentaga dan krim di microwave atau di tas kompor. Jika, kedua bahan ini hangat maka akan lebih menyatu dengan kentang.

Sehingga, mashed potato yang kamu buat dijamin memiliki tekstur yang lebih lembut dan creamy.

 

7 dari 8 halaman

Gunakan Alat Penumbuk Kentang

Cara Membuat Mashed Potato

© 2024 Instagram.com/@grilledcheesesocial

Ini penting untuk diperhatikan, sebab bisa mempengaruhi hasil akhir dari mashed potato. Ya, proses penumbukan kentang harus dilakukan dengan alat penumbuk kentang atau potato masher dan dalam kondisi masih hangat.

Hindari menghaluskan kentang dengan blender atau food processor. Sebab, alat tersebut justru akan membuat kentang menjadi terlalu halus dan lengket seperti pasta.

Jika kamu tidak mempunyai potato masher, kamu bisa menghaluskan kentang engan garpu. Cara ini akan membuat tekstur kentang tidak terlalu halus dan hasilnya lebih nikmat.

 

8 dari 8 halaman

Tambahkan Bahan Pelengkap

Untuk rasa yang lebih lezat, tambahkan berbagai pelengkap lainnya. Misalnya, kamu bisa menambahkan bumbu-bumbu aram an merica.

Kemudian, bisa juga menambahkan bawang putih halus hingga keju parut. Sehingga, mashed potato lebih beraroma dan lebih gurih.

Aduk semua bahan agar tercampur sempurna. Sajikan selagi masih hangat ya!

Itulah cara membuat mashed potato yang bisa kamu praktikkan di rumah. Dengan cara ini kamu bisa menghasilkan olahan masakan kentang satu ini dengan tekstur super lembut, creamy, dan gurih. Selamat mencoba ya!

Beri Komentar