Cara Membuat Roti Goreng Biasa dari Roti Tawar, Wijen dan Coklat Rasa Manis Sederhana

Reporter : Yayuk Harini
Senin, 13 Januari 2020 13:59
Cara Membuat Roti Goreng Biasa dari Roti Tawar, Wijen dan Coklat Rasa Manis Sederhana
Jajanan yang banyak dijual oleh pedagang pinggir jalan. Yap roti goreng manis dengan bahan dasar tepung dan ragi serta taburan wijen ini banyak diminati pecinta kuliner. Simak resep pembuatannya yuk!

Roti merupakan salah satu jenis camilan yang berasal dari bahan dasar tepung yang populer dikalangan masyarakat. Tak jarang banyak pula pedagang yang menjual jajanan roti ini.

Sama halnya dengan membuat cakwe atau olahan donat, cara membuat roti goreng juga sangat sederhana. Secara umum mungkin roti identik dimasak dengan cara dipanggang dalam oven. Tapi bagi kamu yang tidak memiliki oven juga bisa membuat olahan roti dengan cara digoreng loh. Langsung saja simak resep cara membuat roti goreng yang telah Diadona rangkum dari berbagai sumber berikut ini. Selamat membaca!

1 dari 6 halaman

Cara Membuat Roti Goreng dari Roti Tawar

Ilustrasi Roti Goreng

Bagi kamu yang tidak memiliki banyak waktu untuk menyiapkan menu sarapan pagi bisa mengaplikasikan resep ini. Yuk simak saja langsung cara membuat roti goreng dari roti tawar yang praktis di bawah ini.

Bahan:
- 2 lembar roti tawar
- 1 butir telur, kocok lepas
- 2 sdm mentega
- Garam (sedikit saja)

Cara membuat roti goreng dari roti tawar:
1. Potong roti sesuai selera atau biarkan tetap utuh. Masukkan roti ke dalam adonan telur yang telah dikocok terlebih dahulu hingga rata.

2. Siapkan teflon dan lelehkan mentega. Masukkan roti yang telah dicelup dalam adonan telur ke dalam wajan, masak dengan api sedang.

3. Balik roti jika bagian bawahnya telah matang. Masak hingga roti matang merata dengan warna kuning kecoklatan. Roti goreng mentega siap untuk dihidangkan.

2 dari 6 halaman

Cara Membuat Roti Goreng Wijen

Ilustrasi Roti Goreng

Roti goreng secara umum selalu diberi taburan atau digoreng bersamaan setelah sebagian sisinya digulung di atas kumpulan wijen dalam wadah. Rasa manis dan gurih dari wijen mampu memikat pecinta jajanan roti satu ini. Yuk simak resep cara membuat roti goreng wijen di bawah ini.

Bahan biang:
- 1 sdm gula pasir
- 50 ml air hangat
- 1/2 sdm fermipan

Bahan roti:
- 150 gram tepung terigu
- 1 butir telur
- 1 sdm margarin
- 2 sdm susu bubuk
- 1/2 sdt vanili bubuk

Bahan topping:
- Wijen putih secukupnya
- Gula pasir secukupnya

Cara membuat roti goreng wijen:
1. Buat biang dengan mencampurkan bahan tersebut sampai rata dan diamkan kurang lebih 10 menit dan tunggu hingga berbuih.

2. Campurkan bahan terigu, telur, margarin, susu bubuk dan vanili. Aduk rata dan tuangkan biang sedikit demi sedikit sambil diuleni. Uleni adonan sampai benar-benar kalis.

3. Diamkan sekitar 45 menit hingga 1 jam. Tutup dengan serbet bersih sampai adonan mengembang dua kali lipat.

4. Bila adonan telah mengembang, kempeskan adonan dan uleni sebentar. Pipihkan adonan dengan ketebalan 2 cm dan olesi permukaannya dengan air.

5. Taburi dengan gula pasir dan wijen sampai rata. Tekan-tekan wijen agar menempel dan diamkan selama 15 menit.

6. Panaskan minyak dan goreng roti sampai kecoklatan. Goreng adonan roti dengan api kecil agar roti tidak hangus.

3 dari 6 halaman

Cara Membuat Roti Goreng Biasa

Ilustrasi Roti Goreng

Cara embuat roti goreng pada umumnya sangatlah mudah. Jika kamu sudah pernah membuat donat, maka demikian pula cara membuat roti goreng ini tidak jauh berbeda. Yuk langsung saja simak dalam cara membuat roti goreng biasa di bawah ini.

Bahan:
- 200 gram tepung terigu protein tinggi
- 50 gram tepung terigu protein sedang
- 25 gram gula pasir
- 1/2 sendok teh ragi instan
- 10 gram susu bubuk
- 1 butir telur
- 125 ml air es
- 20 gram margarin
- 1/2 sendok teh garam
minyak untuk menggoreng

Bahan Taburan:
- Wijen secukupnya

Cara membuat roti goreng biasa:
1. Campur tepung terigu, gula pasir, ragi instan, dan susu bubuk. Aduk semua bahan tersebut hingga rata. Tambahkan telur dan air es sedikit demi sedikit sambil terus diuleni hingga kalis.

2. Masukkan bahan margarin dan garam pada adonan. Uleni lagi sampai elastis. Diamkan adonan selama 15 menit.

3. Kempsskan adonan dan giling tipis. Potong adonan kemudian diamkan 3 jam atau sampai mengembang maksimal.

4. Goreng adonan pada proses akhir dalam minyak yang sudah dipanaskan sampai matang. Gunakan nyala api kecil agar adonan yang digoreng tidak mudah gosong. Sajikan dengan bahan taburan.

4 dari 6 halaman

Cara Membuat Roti Goreng Coklat

Rasa coklat memang selalu menjadi pilihan rasa langganan hampir pada setiap olahan jajanan. Begitu pula dengan jajanan roti goreng ini bisa menggunakan tambahan rasa coklat agar semakin lezat dan lumer sebagai isian roti. Simak saja resep cara membuat roti goreng coklat yang telah Diadona rangkum di bawah ini.

Bahan:
- 15 sdm tepung terigu
- 1 sdt ragi instan
- 1 sdt gula pasir
- 4 sdm air hangat
- 4 sdm susu uht
- 2 sdm tepung maizena
- 2 sdm butter
- cokelat blok secukupnya

Cara membuat roti goreng coklat:
1. Aktifkan ragi terlebih dahulu dengan mencampurkan ragi dengan gula dan air hangat. Tunggu larutan tersebut selama 5 menit sampai berbusa.

2. Lelehkan butter dengan di tim. Siapkan wadah kemudian masukkan bahan tepung, susu uht, ragi dan aduk hingga rata lalu tambahkan butter. Uleni hingga kalis.

3. Tutup adonan dengan wrap dan diamkan selama 1 jam hingga mengembang. Kempeskan adonan lalu uleni sebentar, pipihkan adonan isi dengan cokelat. Diamkan selama 10 menit

4. Goreng dengan minyak sedang dan api panas. Angkat roti dari penggorengan kemudian taburi gula halus dan siap disajikan.

5 dari 6 halaman

Cara Membuat Roti Goreng Sederhana

Ilustrasi Roti Goreng

Berikut Diadona ulas resep cara membuat roti goreng sederhana yang mudah untuk dipraktikkan di rumah. Selamat mencoba!

Bahan:
- 250 gram tepung terigu
- 100 gram kentang matang (haluskan)
- 150 gram gula pasir
- 2 sdm margarin
- 1 butir kuning telur
- 1 sdm ragi instan
- 1 sdm susu bubuk
- 1 sdt baking powder
- 1/2 sdt garam
- 1/2 sdt vanili bubuk
- Wijen secukupnya
- Air secukupnya

Cara membuat roti goreng sederhana:
1. Campurkan bahan tepung, gula pasir, ragi, susu bubuk, baking powder dan vanili. Aduk rata semua bahan tersebut dalam satu wadah.

2. Masukkan bahan kentang, kuning telur, mentega, garam dan ragi instan. Tuang air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga jadi adonan kalis.

3. Diamkan adonan kurang lebih 45 menit dan tutup dengan lap basah di atas wadahnya. Setelah adonan mengembang, tipiskan dan potong-potong sesuai selera. Basahi permukaannya dengan air dan gulung di atas permukaan wijen.

4. Diamkan adonan yang telah terbentuk kurang lebih 10 menit lagi agar mengembang sempurna. Goreng dalam minyak hingga tenggelam dengan api kecil hingga kecokelatan dan matang. Jangan terlalu sering dibolak balik agar tidak menyerap banyak minyak.

6 dari 6 halaman

Cara Membuat Roti Goreng Manis

Ilustrasi Roti Goreng

Roti goreng yang satu ini memang memiliki rasa manis yang menggugah selera. Bagi kamu yang menyukai jajanan manis, roti ini sangat cocok untuk dijadikan camilan menemani waktu santai di rumah. Simak resep cara membuat roti goreng manis di bawah ini.

Bahan:
- 500 gram tepung terigu (dianjurkan menggunakan segitiga biru)
- 2 sdm gula pasir (sesuai selera)
- 1 sdm cake emulsifier SP atau TBM
- 3 sdm mentega
- 1/2 sdt garam

Bahan untuk biang:
- 2 sdt fermipan
- 2 sdm gula
- 260 ml air hangat kuku

Bahan tambahan:
- 50 gram tepung terigu
- Air bersih secukupnya sesuai kebutuhan
- Tepung panir secukupnya
- Abon, keju, nutella, coklat atau lainnya untuk isian

Cara membuat roti goreng manis:
1. Ambil gelas dan beri air hangat bersama dengan fermipan dan gula pasir kemudian aduk-aduk sampai rata. Beri tutup kemudian diamkan sampai berbuih sendiri selama kurang lebih 10 menit.

2. Ambil wadah adonan kemudian tambahkan bahan garam, cake emulsifer, tepung terigu dan gula pasirnya kemudian aduk sampai tercampur rata. Tuang air fermipan yang sudah berbuih ke dalam wadah tepung kemudian aduk kembali.

3. Masukkan mentega kemudian aduk menggunakan tangan atau uleni sampai tercampur rata. Tutup adonan dengan kain sampai mengembang atau kurang lebih selama setengah jam.

4. Uleni sebentar saja jika perlu diberi sedikit taburan tepung lagi sampai rata. Bagi dan ambil adonan sesuai besar roti yang akan dimasak kemudian pipihkan dan beri isian sesuai selera.

5. Bentuk kembali dengan rapi adonan roti tersebut sesuai selera. Diamkan kembali kurang lebih selama 5 menit.

6. Aduk tepung terigu dan air untuk celupan. Masukkan adonan yang sudah diisi tadi ke dalam celupan kemudian gulingkan atau beri tepung panir.

7. Siapkan wajan dengan minyak dengan nyala api sedang. Goreng sampai matang dan berubah warna. Tiriskan dan siap untuk disantap.

Nah, sudah tahu kan bagaimana cara memebuat roti goreng dengan berbagai rasa dan taburannya. Kamu lebih menyukai roti goreng yang mana, nih? Share jawaban kamu di kolom komentar ya!

 

 

 

Beri Komentar