Cara Membuat Roti Kukus Gula Merah dan Pisang Sederhana hingga Dibuat Brownies Gulung

Reporter : Yayuk Harini
Jumat, 7 Februari 2020 22:21
Cara Membuat Roti Kukus Gula Merah dan Pisang Sederhana hingga Dibuat Brownies Gulung
Roti kukus mekar yang manis dan lembut menjadi salah satu pilihan menu camilan keluarga. Simak resep cara membuat roti kukus di bawah ini!

Apakah kamu termasuk pencinta olahan roti? Yap, jiak demikian kamu wajib untuk mencoba olahan roti kukus yang enak dan simple ini. Roti kukus yang sederhana terbuat dari bahan tepung yang dicampur dengan bahan pengembang seperti ragi dan soda kue.

Cara membuat roti kukus sangatlah sederhana. Kamu tentunya bisa membuatnya sendiri di rumah. Penasarankan bagaimana cara membuat roti kukus yang lembut, mekar dan tentunya enak menggoda ini? Yuk langusng saja simak resep yang telah Diadona ulas di bawah ini. Selamat mencoba!

 

1 dari 5 halaman

Cara Membuat Roti Kukus Gula Merah

Ilustrasi Roti Kukus

Roti kukus yang pertama bisa kamu coba buat sendiri di rumah adalah roti kukus dengan gula mkerah yang manis alamai ini. Pepaduan gula merah yang manis dan gurih ini sangatlah cocok untuk menu camilan keluarga tercinta di rumah. Yuk, simak resep cara membuat roti kukus gula merah berikut ini.

Bahan:
- 200 gram gula merah, sisir halus
- 200 ml air
- 3 helai daun pandan
- 1/4 sdt garam
- 1/4 sdt vanilla bubuk
- 2 butir kuning telur
- 1/2 sdt soda kue
- 50 gram gula gasir
- 1/4 sdt baking powder
- 250 gram tepung segitiga
- 100 ml minyak goreng

Cara membuat roti kukus gula merah:

  1. Didihkan air, gula merah, daun pandan, garam, dan vanilli bubuk sampai larut lalu saring dan sisihkan.
  2. Mixer kuning telor, gula pasir, baking powder, dan soda kue sampai pucat mengembang dengan kecepatan tinggi. Tambahkan secara berurutan air gula merah lalu campuran terigu sampai rata dengan dengan kecepatan tinggi. Terakhir masukkan minyak lalu aduk dengan spatula.
  3. Tuang dalam cup bolu kukus. Kukus selama 20 menit dengan api besar. Tutup dandang dilapisi serbet supaya tidak menetes. Bolu kukus siap disajikan. Agar awert empuk, kemas dalam plastik.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Roti Brownies Kukus

Ilustrasi Roti Kukus Brownies

Menu kedua yang wajib kamu buat di rumah adalah brownies kukus. Cara membuat roti kukus brownies ini juga sangatlah mudah, kok. Adonan yang kamu persiapkan sebelumnya hanya tinggal di kukus dalam kukusan panci dengan topping sesuai selera. Yuk, langsung saja simak resep cara membuat roti kukus brownies di bawah ini.

Bahan
Bahan 1:
- 4 butir telur ayam
- 175 gram gula pasir
- 1/2 sdt garam
- 1 sdt SP
- 1/2 sdt essence vanilla

Bahan 2:
- 30 gram cokelat bubk ayak
- 80 gram tepung terigu protein tinggi, ayak
- 1 sdt baking powder

Bahan 3:
- 70 gram dark choccolate cairkan
- 120 ml minyak goreng

Bahan 4:
- Meses cokelat
- 6-7 sdm susu kental manis cokelat

Cara membuat roti kukus brownies:

  1. Lelehkan dark cokelat dengan cara tempatkan wadah cokelat di atas air mendidih aduk hingga meleleh tunggu hingga hangat lalu campurkan minyak goreng aduk rata.
  2. Campur bahan 1 kedalam satu wadah dan telur dimasukkan satu per satu kocok hingga mengental dan mengembang. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk/dikocok hingga rata.
  3. Masukkan cokelat bubuk sambil diaduk rata dengan spatula atau sendok kayu. Campurkan adonan cokelat yang telah dicampurkan minyak ke dalam adonan telur, lalu aduk rata kembali.
  4. Setelah rata ambil 5 sdm adonan pisahkan ke wadah lain. Tambahkan 6 sdm susu kental manis dan meses cokelat kedalam adonan yang dipisahkan, aduk rata.
  5. Bagi 2 sisa adonan sama rata. Panaskan air untuk mengukus brownies. Masukkan salah satu adonan yang telah dibagi 2 wadah tadi ke dalam loyang yang telah dialasi kertas roti hentakkan lalu kukus selama 10 menit.
  6. Setelah 10 menit masukkan adonan meses dan susu ratakan diatasnya lalu kukus kembali selama 5 menit. Setelah 5 menit masukkan adonan terakhir ratakan lalu kukus selama 30 menit atau hingga matang. Dinginkan lalu potong sesuai selera.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Roti Gulung Kukus

Ilustrasi Roti Kukus Gulung

Roti kukus yang digulung dengan isian aneka rasa. Siapa sih yang tidak tergoda? Yap menu pilihan selanjutnya yang bisa kamu buat sendiri di rumah adalah roti kukus gulung. Cara membuat roti kukus gulung juga mudah. Langsung saja simak resep selengkapnya cara membuat roti kukus gulung di bawah ini.

Bahan:

- 3 sdm terigu cakra
- 4 sdm gula pasir
- 2 butir telur
- Mentega secukupnya
- Mesis atau selai secukupnya
- 1/2 adt ovalet
- Vanili secukupnya
- Pewarna makanan secukupnya
- 2 sdm susu cair

Cara membuat roti kukus gulung:

  1. Mixer gula dan telur hingga putih pucat. Masukkan Ovelet, vanili bubuk, pewarna makanan, dan terigu lalu aduk sebentar. Masukkan susu cair dan aduk sebentar.
  2. Siapkan loyang lalu olesi dengan mentega lalu taburi terigu sedikit. Tuang dalam loyang, kukus kurang lebih 10 menit.
  3. Setelah matang, olesi roti dengan mentega. Taburi meses lalu gulung selagi hangat.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Roti Kukus Sederhana

Ilustrasi Roti Kukus

Roti kukus sederhana ini dibuat dengan berbagai isian seperti pisang dan coklat. Kamu tentunya bisa membuatnya di rumah dengan melihat resep cara membuat roti kukus sederhana berwarna putih berikut ini. 

Bahan:
- 16 sdm tepung terigu protein sedang
- 6 sdm gula pasir
- 1 sdt ragi
- 1 sdm margarin
- 1/2 gelas air hangat
- Secukupnya susu kental manis
- Secukupnya selai coklat
- 1 buah pisang

Cara membuat roti kukus sederhana:

  1. Siapkan ragi yang diisi air hangat dan 1 sdm gula pasir, aduk rata tunggu hingga 10 menit agar ragi aktif.
  2. Siapkan baskom, masukan terigu, susu kental manis, 5 sdm gula pasir dan larutan ragi sedikit-sedikit.
  3. Masukan margarin, aduk hingga kalis. Tutup adonan pakai serbet bersih. Tunggu hingga 45-60 menit agar adonan mengembang.
  4. Siapkan loyang lalu oles loyang menggunakan margarin agar adonan tidak lengket ketika dikukus. Tinju adonan agar udara keluar, lalu bentuk adonan dengan isian pisang dan coklat.
  5. Simpan adonan di loyang. Kukus hingga kurang lebih 30 menit. Sajikan selagi hangat.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Roti Pisang Kukus

Ilustrasi Roti Kukus Pisang

Olahan pisang memang nggak akan ada habisnya. Seperti halnya olahan roti kukus pisang sederhana dengan rasa mantul ini. Yuk langsung saja simak resep cara membuat roti kukus pisang berikut.

Bahan:
- 4 buah pisang bulen
- 2 butir telur
- 6 sdm tepung terigu
- 4 sdm gula
- 1/2 sdt soda kue
- Sedikit garam
- 6 sdm minyak
- 1/2 sdt vanili

Cara membuat roti pisang kukus:

  1. Pisang yang matang hancurkan hingga halus. Kocok telur, gula dan vanili hingga larut. Masukkan tepung terigu, garam, dan soda kue. Ayak agar tidak bergerindil.
  2. Masukkan pisang dan minyak aduk hingga tidak bergerindil. Olesi loyang dengan minyak atau margarin. Panaskan kukusan lalu kukus hingga matang, sajikan.

Itulah resep cara membuat roti kukus yang tentunya mudah dan bisa banget kamu buat sendiri di rumah. Bagaimana dengan menu roti kukus kesukaanmu?

Beri Komentar