6 Cara Membuat Singkong Rebus Santan, Tanpa Gula Sudah Enak Banget Lho!

Reporter : Arifina
Jumat, 29 September 2023 20:47
6 Cara Membuat Singkong Rebus Santan, Tanpa Gula Sudah Enak Banget Lho!
Singkong rebus santan yang gurih dan enak, bisa dibuat meski tanpa tambahan gula aren!

Cara membuat singkong rebus santan bisa menjadi ide kreasi desseret tradisonal di rumah nih! Menu masakan olahan singkong ini cocok dijadidikan hidangan penutup yang nikmat

Singkong rebus santan merupakan salah satu hidangan yang berbahan utama singkong, santan, dan daun pandan yang kemudian diolah menjadi satu. Singkong rebus santan ini sangat populer di berbagai daerah terutama di Asia Tenggara seperti Indonesia dan malaysia. 

Selain beras, sejak zaman dahulu singkong sudah menjadi makanan pokok sehari-hari. Rasa yang gurih, dan manis dari santan dengan sangat meresap ke dalam singkong jadi kombinasi suatu hidangan yang sangat lezat dan memikat semua orang.

Kamu juga bisa menambahkan bahan lainnya untuk hidangan ini, misalnya gula aren atau gula merah. Namun alangkah baiknya, singkong rebus santan ini dikonsumsi tanpa adanya bahan tambahan yang manis seperti gula.

1 dari 10 halaman

Manfaat Singkong Rebus

Sebab, santan yang sering digunakan dalam setiap hidangan vegetarian ini sudah memberikan rasa dan tekstur yang gurih. Selain itu, santan mengandung banyak nutrisi dan komponen penting bagi kesehatan tubuh. Seperti lemak sehat, serat, mineral, vitamin, dan mineral.

Kandungan santan dan singkong akan bekerja dengan baik kepada tubuh jika dikonsumsi tanpa ada tambahan bahan apapun. Bahan tambahan seperti gula, susu, dan lainnya akan merubah kandungan gizi yang baik tadi kepada kesehatan tubuh kita.

Ikuti cara membuat singkong rebus santan berikut ini yang sangat mudah dan praktis!

2 dari 10 halaman

Perhatikan Pemilihan Singkong

Pertama-tama pilihlah singkong yang memiliki kulit bagian luar mudah terkelupas. Biasanya dengan ciri tersebut singkong akan lebih mudah matang dan empuk saat diolah.

Selain itu, akan memudahkan kamu saat mengupas kulitnya. Setelah dikupas bersih, jangan lupa untuk mencuci singkong dengan air mengalir sampai getahnya hilang.

Karena dengan mencuci di air mengalir, akan membuat sianida di singkong berkurang sedikit. Walaupun tidak sepenuhnya hilang, hal ini akan memengaruhi rasa singkong lebih nikmat.

3 dari 10 halaman

Potong Ukuran Kecil

Setelah singkong dikupas dan dicuci, potong kecil-kecil. Dengan lebar sekitar 3 jari orang dewasa, tetapi kamu juga bisa memotongnya sesuai keinginan.

Buat sayatan kecil pada setiap potongan singkong. Semakin kecil ukuran singkong maka semakin cepat pula proses memasaknya. Jangan lupa untuk selalu membuang bagian urat dari singkongnya. Hal ini sangat penting agar singkong lebih cepat matang dengan merata saat direbus.

4 dari 10 halaman

Rebus Singkong

Manfaat Singkong Rebus

Singkong yang sudah dipotong kecil-kecil harus direbus terlebih dahulu sebelum dijadikan hidangan. Siapkan panci besar dan masukkan singkong. Tambahkan air sampai semua singkong terendam air. Masak singkong sampai empuk.

Namun, saat merebus singkong harus memperhatikan durasi masaknya. Singkong hanya memerlukan waktu masak sekitar 15-20 menit saja.

Jika dalam durasi waktu tersebut tekstur singkong sudah mulai empuk, singkong bisa diangkat dan ditiriskan. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan tingkat kematangan singkong dengan menusukkan garpu ke singkong.

5 dari 10 halaman

Siapkan Santan Kelapa

Di wajan atau panci terpisah, siapkan santan dan panaskan. Kemudian, nyalakan api sedang dan aduk santan hingga tidak ada yang menggumpal.

Kamu juga bisa menambahkan gula aren atau gula merah tergantung selera dan rasa manis yang diinginkan. Santan dapat berperan sebagai pengikat dan penambah rasa untuk masakan, membantu menyatukan semua elemen rasa, termasuk rasa manis dari gula dan rasa garam yang seimbang.

6 dari 10 halaman

Beri Daun Pandan

Untuk menghasilkan aroma dan rasa yang kuat, tambahkan daun pandan saat memasak. Daun pandan dapat memberikan aroma alami yang khas pada hidangan tersebut, seperti aroma yang harum, manis, dan segar.

Masukkan daun pandan saat dimasak bersama santan, karena aroma daun pandan akan meresap dan kedalam singkong dan santan. Selain itu, penggunaan daun pandan pada masakan ini menjadi tradisi di berbagai daerah. Karena daun pandan menjadi bahan umum utama untuk setiap masakan tradisional di berbagai negara seperti Indonesia.

7 dari 10 halaman

Tambahkan Garam

Cara Membuat Singkong Rebus Santan

Saat mencampurkan santan dan singkong, tambahkan sedikit garam pada masakan. Garam dapat membantu menyeimbangkan rasa manisnya gula aren dan memberikan rasa yang lebih nyata dan jelas pada masakan tersebut.

Garam juga dapat memperkuat aroma dari bahan lainnya, termasuk aroma daun pandan atau yang  digunakkan dalam singkong rebus santan. Namun, jika kamu tak ingin menambahkan garam ke dalam hidangan singkong rebus santan juga tidak masalah, hal itu tergantung dengan selera pribadi.

8 dari 10 halaman

Perhatikan Durasi Masak

Durasi memasak singkong rebus santan akan memengaruhi tekstur rasa yang dihasilkan. Sebaiknya, jangan terlalu lama kita merebus singkong, sebab akan mengakibatkan hilangnya kandungan nutrisi yang penting, seperti vitamin dan mineral yang seharusnya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Jika ingin mengkonsumsi singkong rebus santan tapi masakan sudah mulai dingin, kamu bisa panaskan sebentar saja hingga mencapai suhu yang diinginkan. Namun jangan sampai mendidih atau lebih dari 20 menit.

Karena singkong akan menjadi sangat lembut dan bahkan bisa saja hancur. Jadinya saat menikmati singkong rebus santan, tekstur singkong menjadi hancur dan memungkinkan akan mengurangi rasa kenikmatannya saat akan dikonsumsi.

9 dari 10 halaman

Itulah beberapa cara membuat singkong rebus santan yang dapat membantu kamu menikmati hidangan penutup super lezat dan sederhana.

Hidangan ini juga lebih sehat dimakan tanpa tambahan gula lho! Selamat mencoba ya!

 

Penulis : Safira Salsabillah Maharani

Beri Komentar