8 Cara Memilih Buah Alpukat yang Bagus, Anti Zonk dan Matang Sempurna

Reporter : Arifina
Senin, 5 Agustus 2024 10:00
8 Cara Memilih Buah Alpukat yang Bagus, Anti Zonk dan Matang Sempurna
Jangan asal ya, kamu perlu cermat dalam memilih buah alpukat yang bagus. Jika alpukat berkualitas dan segar, tentu rasanya lebih nikmat.

Ada beberapa cara memilih buah alpukat yang bagus. Sehingga, kamu bisa mendapatkan hasil daging yang segar dengan cita rasa lebih nikmat.

Alpukat adalah salah satu buah yang digemari karena rasanya yang lezat dan manfaat kesehatannya. Apalagi, buah dengan kulit kehijauan ini bisa diolah menjadi berbagai hidangan. Mulai dari dimakan langsung, hingga jadi menu sarapan sehat.

 

1 dari 9 halaman

Cara Memilih Buah Alpukat yang Bagus© 2024 shutterstock.com/gresei

Biasanya, alpukat dijadikan jus, salad, dibuat campuran es buah, ataupun dimakan langsung dengan tambahan madu dan susu. Hal inilah yang menjadikan buah ini banyak difavoritkan.

Namun, tidak semua buah alpukat yang tampak segar di luar memiliki kualitas yang baik di dalam. Memilih alpukat yang bagus, matang dan siap dimakan bisa jadi tantangan, terutama jika kamu tidak tahu tanda-tanda yang harus diperhatikan.

Nah, biar tidak zonk, simak yuk beberapa cara memilih buah alpukat yang bagus berikut!

2 dari 9 halaman

Cara Memilih Buah Alpukat yang Bagus© 2024 shutterstock.com/kornnphoto

Perhatikan Warna Kulitnya

Warna kulit alpukat bisa menjadi indikator penentu buah ini bagus dan tidak. Alpukat yang masih mentah biasanya memiliki kulit yang berwarna hijau cerah, sementara alpukat yang sudah matang memiliki warna hijau tua, bahkan mendekati kehitaman.

Kamu bisa memilih alpukat dengan warna hijau lebih tua jika akan menggunakannya dengan segera. Warna ini menandakan buah tersebut segera matang, sehingga kamu tidak perlu menunggu lama untuk mengonsumsinya.

Namun, perlu diingat tidak semua jenis alpukat mengalami perubahan warna yang signifikan saat matang. Sebagai contoh, jenis alpukat Hass akan berubah warna menjadi lebih gelap, sedangkan jenis lainnya mungkin tidak menunjukkan perubahan warna yang mencolok.

 

3 dari 9 halaman

Cara Memilih Buah Alpukat yang Bagus© 2024 shutterstock.com/g/Benzoix

Cek Kelunakan Alpukat

Cara lain untuk mengetahui alpukat bagus dan matang adalah dengan mengecek tingkat kelunakannya. Tekan lembut alpukat dengan menggunakan jari.

Jika alpukat terasa keras, kemungkinan besar buah tersebut masih mentah. Jika terasa sedikit lunak dan memberi sedikit tekanan, itu adalah tanda bahwa alpukat sudah mulai matang dan siap dimakan.

Hindari alpukat yang terlalu lunak atau tampak penyok, karena ini bisa jadi tanda buah tersebut terlalu matang atau bahkan sudah busuk.

 

4 dari 9 halaman

Cara Memilih Buah Alpukat yang Bagus© 2024 Stephen Bedase on Unsplash

Lihat Bagian Tangkai

Cara lainnya untuk menguji alpukat dalam kondisi bagus kamu bisa melihat pada bagian tangkai atau batang kecil ujungnya.

Cobalah untuk melepaskan tangkai tersebut. Jika mudah terlepas dan bagian di bawahnya berwarna hijau kekuningan, itu adalah tanda bahwa alpukat sudah matang.

Namun, jika bagian bawah tangkai tersebut berwarna cokelat, ini bisa menjadi tanda bahwa alpukat sudah terlalu matang atau mulai busuk.

 

5 dari 9 halaman

Cara Memilih Buah Alpukat yang Bagus© 2024 shutterstock.com/gresei

Periksa Kulit Alpukat

Bagian kulit alpukat juga bisa menjadi penanda buah ini bagus atau tidak lho! Nah, kulit buah yang bagus harus mulus dan bebas dari bintik-bintik atau noda.

Bintik hitam atau cokelat yang muncul bisa menjadi indikasi bahwa buah alpukat sudah terlalu matang atau mulai membusuk. Namun, bintik-bintik kecil pada jenis alpukat tertentu, seperti alpukat Hass, kadang masih normal dan tidak mempengaruhi kualitas buah di dalamnya.

Hindari juga membeli alpukat yang memunculkan lekukan pada kulitnya. Sebab, ini menandakan dagingnya dah memar dan kurang lezat saat dikonsumsi nantinya.

 

6 dari 9 halaman

Cara Memilih Buah Alpukat yang Bagus© 2024 Diana Polekhina on Unsplash

Ukur Berat Buah Alpukat

Alpukat yang matang dan bagus biasanya terasa lebih berat dibandingkan ukurannya. Ini karena kandungan air dan lemak alami dalam daging buah yang telah mencapai titik optimal.

Berat bisa menjadi salah satu indikator buah alpukat memiliki daging yang tebal dan padat. Selain itu, ini juga menandakan kesegaran dari daging buahnya.

Namun, jika alpukat terasa ringan ada kemungkinan bagian dalamnya telah kering dan busuk.

 

7 dari 9 halaman

Cara Memilih Buah Alpukat yang Bagus© 2024 Jen Dries on Unsplash

Periksa Biji Alpukat

Bagaimana memeriksa biji alpukat jika tidak dibelah untuk memeriksa kualitasnya? Nah, hal ini bisa kamu lakukan dengan mudah lho!

Secara umum, biji alpukat yang sudah matang akan terpisah dari dagingnya. Sehingga, kamu bisa memeriksanya dengan menggoyangkan buah dan dengarkan pantulan bijinya,

Biasanya, alpukat yang matang akan memunculkan bunyi bijinya tersendiri.

 

8 dari 9 halaman

Cara Memilih Buah Alpukat yang Bagus© 2024 shutterstock.com/Krasula

Perhatikan Bentuknya

Cara lainnya untuk memastikan alpukat bagus adalah dengan memperhatikan bentuknya. Pilihlah buah yang bentuknya bulat atau mirip seperti pir.

Bentuk tersebut menunjukkan kematangan dan kualitas buah. Alpukat yang matang cenderung memiliki bentuk yang simetris dan seragam.

Hindari alpukat yang bentuknya terlalu lonjong atau terlalu kecil. Sebab, ini justru menandakan jika buah kurang berkualitas.

 

9 dari 9 halaman

Cara Memilih Buah Alpukat yang Bagus© 2024 freepik.com/jcomp

Ketuk Alpukat

Kamu juga bisa melakukan pengetukan di bagian luar alpukat untuk memastikan kualitasnya. Buah yang matang akan mengeluarkan bunyi yang sedikit berongga saat diketuk.

Ini menandakan bahwa daging alpukat sudah lembut dan siap dimakan. Namun, alpukat yang belum matang akan mengeluarkan bunyi yang lebih padat.

Itulah beberapa cara memilih buah alpukat yang bagus. Praktikkan saat membelinya biar tidak terkena zonk dan kamu tak perlu khawatir saat akan mengolahnya menjadi hidangan lezat. Semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar