8 Cara Menggoreng Tofu agar Tidak Hancur, Perhatikan Mulai dari Cara Potongnya ya!

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 26 Januari 2023 15:59
8 Cara Menggoreng Tofu agar Tidak Hancur, Perhatikan Mulai dari Cara Potongnya ya!
Cara menggoreng tofu agar tidak hancur yaitu dengan merendamnya menggunakan iar hangat, perhatikan cara dan ukuran potongan, lumuri dengan tepung maizena hingga teknik menggorengnya.

Sebenarnya nih dalam bahasa Inggris, tofu adalah tahu. Namun masyarakat Indonesia menggunakan nama tersebut untuk menyebut tahu Jepang. Dibandingkan dengan tahu biasa, tofu memiliki rasa lebih gurih dan tekstur super lembut. Dan karena itu, menggoreng tofu harus dilakukan dengan cara tertentu agar tidak hancur.

Tofu bisa kamu olah sebagai sapo tahu, yakni sajian tofu dengan sayuran dalam kuah yang gurih dan kental. Tofu yang digoreng lalu dimasak dengan saus telur asin juga jadi sajian favorit di restoran masakan oriental. Ketika dimakan, tofu terasa lembut dan lumer banget di mulut.

Tektur tofu terasa halus banget layaknya puding. Tofu biasanya dikemas dalam plastik kedap udara berbentuk tabung. Mengolahnya perlu kehati-hatian agar tofu tidak hancur lalu merusak cita rasa makanan dan penampilan hidangan. Dirangkum dari berbagai umber, berikut ini Diadona kasih tips cara menggoreng tofu agar tidak hancur :

1 dari 4 halaman

Cara Menggoreng Tofu Agar Tidak Hancur

Rendam di Air Hangat

Sebelum dipotong dan masih dalam di atas plastik pembungkusnya, rendam tofu di air hangat. Gunakan wadah yang pas agar tofu tidak tertekuk dan berubah bentuknya dan rendam selama beberapa saat.

Awali Memotong Tofu di Bagian Tengah

Tofu dikemas dalam plastik kedap udara yang berbentuk sepeti tabung. Bentuk kemasan seperti ini mungkin menyulitkan beberapa orang untuk memotongnya bukan? Dan itu juga bikin tofu rawan hancur lho!

Gunakan pisau yang tajam lalu potong ujung kemasan. Dalam keadaan masih terbungkus plastik, poton tofudi bagian tengah. Selanjutnya keluarkan dari plastiknya secara perlahan.

2 dari 4 halaman

Cara Menggoreng Tofu Agar Tidak Hancur

Jangan Memotong Tofu Terlalu Tipis

Setelah dikeluarkan dari platik, potong tofu dengan ketebalan sedang dan jangan teralu tipis. Bila terlalu tipis, tofu mudah hancur ketika digoreng bahkan ketika disiapkan.

Balur Dengan Tepung Maizena

Setelah dipotong, balur tofu dengan menggunakan tepung maizena sedikit saja. Baluran yang digunakan bukan adonan basah ya, melainkan tepung kering. Gulirkan tofu di atas tepung maizena secara perlahan, lakukan dengan hati-hati agar tofu tidak hancur. Tepung maizena ini bertugas untuk engikat tofu agar tidak ambyar ketika digoreng dan agar tidak lengket di wajan.

3 dari 4 halaman

Cara Menggoreng Tofu Agar Tidak Hancur

Gunakan Minyak Banyak

Pastikan seluruh bagian tofu terendam oleh minyak ketika menggorengnya ya! Kalau kamu ingin irit minyak, siasati dengan menggoreng menggunakan teflo berbentuk mangkuk.

Pakai Api Sedang

Api kecil akan membuat proses memasak jadi lama dan tofu menyerap banyak minyak. Akibatnya, tofu rawan hancur. Sedangkan menggunakan api besarbikin tofu rawan gosong. Oleh karena itu, gunakan api sedang ketika menggorengnya.

4 dari 4 halaman

Cara Menggoreng Tofu Agar Tidak Hancur

Goreng di Minyak Panas

Tunggu sampai minyak goreng panas untuk menggoreng tofu ya. Jika minyak belum benar-benar panas, tofu cenderung akan lebih lama terendam minyak. Selain lebih mudah hancur, tofu juga jadi lebih banyak menyerap minyak.

Untuk memastikan suhu minyak udah tepat untuk menggoreng, kamu bisa mengeckenya dengan muah kok. Mulai dari mendekatkan tangan ke minyak dan merasakan panasnya atau celupkan uju sumpit kayu ke dasar penggorengan. Minyak sudah panas ditandai dengan munculnya gelembung udara di ujung sumpit.

Jangan Dibolak-Balik

Tips yang paling penting dalam cara menggoreng tofu agar tidak hancur nih yakni cukup sekali balik tofu selama dalam penggorengan. Setelah satu sisi kecoklatan, balik tofu ke sisi selanjutnya. Angkat dengan hati-hati setelah kedua sisi sama matang.

Memasak membutuhkan banyak sekali hal yang hars diperhatikan untuk mengidangkan sajian terbaik dari suatu bahan. Dengan sedikit tips, jadi deh tahu lembut yang lezt dan bikin makan keluarga jadi lebih menyenangkan.

Beri Komentar