Cara Menghias Kue Tart Sederhana untuk Pemula dengan Butter Cream, Coklat, dan Fondant

Reporter : Yayuk Harini
Senin, 3 Februari 2020 16:20
Cara Menghias Kue Tart Sederhana untuk Pemula dengan Butter Cream, Coklat, dan Fondant
Selain enak, kue tart identik dengan kelembutan butter cream dan fondandt derta toppimh coklat, keju, wafer, dan buah cherry. Simak resep cara menghias kue tart berikut ini!

Siapa sih yang nggak suka dengan olahan kue tart yang manis dan lembut serta memiliki berbagai variasi topping dan beraneka ragam bentuknya yang menggoda? Yap, kue tart memang olahan yang nggak bisa kita abaikan begitu saja, ya. Disetiap acara ulang tahun, perayaan kantor dan organisasi, bahkan untuk acara pernikahan pun, kue ini tetap selalu ada dan eksis memberikan nuansa yang berbeda dan special tentunya.

Kue tart merupakan olahan dengan bahan dasar bolu kering yang dihias dengan aneka hiasan tart seperti butter cream, fondant, topping coklat, keju, wafer, marsmellow, cherry dan banyak lagi hiasan yang digunakan. Variasi kue tart juga selalu disajikan secara berbeda mengikuti dengan konsep acara yang diselenggarakan. Ada bentuk kue tart yang sederhana hingga berbentuk nuansa megah dan romantis yaitu 'love', hingga ada pula kue tart dengan bentuk karakter yang lucu. 

Kue tart biasa sering dijual pada gerai dan toko kue juga roti. Tapi, selain memesan dan membeli kue tart, kamu tentunya juga bisa membuat olahan kue tart dan menghiasnya sendiri dengan kreasi serta imajinasimu di rumah. Penasaran bagaimana cara menghias kue tart yang bagus dan tentunya mudah? Yuk, langsung saja simak ulasan yang telah Diadona rangkum di bawah ini. Selamat mencoba!

 

 

1 dari 5 halaman

Cara Menghias Kue Tart dengan Butter Cream untuk Pemula

Ilustrasi Butter Cream

Butter cream merupakan salah satu bahan utama yang harus kamu persiapkan ketika akan menghias kue. Yap, butter cream dengan warna tertentu akan memuat tampilan kue tart semakin indah dan menggoda. Yuk simak cara menghias kue tart dengan butter cream yang telah Diadona ulas di bawah ini.

1. Pemilihan Kue
Hal pertama yang harus kamu perhatikan sebelum menghias kue tart dengan butter cream adalah memastikan kue yang akan dihias dalam keadaan benar-benar dingin. Hal ini berguna untuk mempermudah kamu dalam membentuk dan menggerakkannya.

Posisi kue hendaklah berada di atas permukaan datar dan meja putar agar proses mengoles lebih leluasa. Jika terdapat permukan kue yang berwarna coklat dan kering sedikit cenderung gosong, maka hilangkan bagian ini. Tujuannya untuk mendapatkan permukaan kue yang halus dan rata setelah diolesi dengan butter cream.

2 dari 5 halaman

2. Aplikasikan Butter Cream
Lapisi kue tart dengan butter cream untuk melembabkan dan bermanfaat sebagai dasaran hiasan. Kamu memerlukan alat berupa pisau kue yang bergerigi, scapper, spatula, meja putar, dan botol semprot yang berisi air. Warna butter cream yang kamu gunakan bisa disesuaikan dengan kebutuhan yang kamu inginkan.

Pada tahap ini, taruhlah butter cream di atas kue tart di bagian tengah. Ratakan menggunakan alat spaula untuk mendapatkan hasil olesan yang rapi dan rata ke seluruh permukaan. Setelah ini, simpan kue dalam kulkas selama kurang lebih 15 menit untuk menyatukan bagian yang ditambal.

3. Menggunakan Spuit

Ilustrasi Spuit

Cara menghias kue tart selanjutnya adalah dengan menghias bagian atas dan sisi kue. Kamu dapat menghiasnya dengn beraneka bentuk seperti daun, bintang, dan garis-garis.

Cara menghias pada tahap ini cukup sederhana.Jika permukaan kue tart kamu saat ini telah terlapisi dengan butter cream, maka kamu tingal menaruh sisa butter cream kamu pada plastik berbentuk segitiga yang sebelumnya telah dimasukkan dengan spuit.

Spuit sendiri memiliki banyak bentuk seperti polos, bintang, berlubang kecil, mawar, dan daun. Kamu bisa berkreasi sendiri dengan spuit yang kamu persiapkan sebelumnya.

Lakukan proses menghias kue tart ini secara perlahan agar hiasan tidak rusak dan didapatkan hasil hiasan yang rapi. Selai itu kamu jga bisa menambahkan topping permen coklat, daun, bunga, tulisan selamat ulang tahun, bentuk hati, dan lain sebagainya.

3 dari 5 halaman

Cara Menghias Kue Tart Sederhana

Mengias kue tart sebenarnya sangatlah sederhana. Kamu hanya memerlukan bolu kering serta bahan hiasan butter cream dan beberapa keju juga astor dan wafer, serta buah cherry. Yuk, simak cara menghias kue tart sederhana berikut ini.

Bahan:
- Kue Bolu yang sudah dipanggang
- Butter Cream
- Chocolatos & Wafer
- Keju
- Kantong segi tiga & cetakan kue (spuit)

Cara menghias kue tart sederhana:

  1. Oleskan bolu dengan butter cream ditengahnya lalu ratakan. Parut dengan sedikit keju dan tumpuk degan roti lagi. Olesi semua bagian roti dengan butter cream.
  2. Beri chocolatos dan wafer di damping bagian bolu yang melinggar. Beri parutam keju di atasnya. Beri hiasan butter cream dengan menggunakan spuit pada plastik segitiga.
  3. Taruh hiasan cherry pada sisi atas sesuai selara. Kue tart dengan hiasan sederhana siap dihidangkan.

4 dari 5 halaman

Cara Menghias Kue Tart dengan Coklat

Ilustrasi Kue Tart

Bahan yang nggak bisa kamu tinggalkan untuk membuat hiasan menarik kue tart adalah coklat lumer. Langsung saja simak resep cara menghias kue tart sederhana dengan coklat di bawah ini.

Bahan:

- Base cake (bisa menggunakan spiku dan spongecake)
- Secukupnya coklat masak (cholatta/chefmatte)
- 1 bungkus hersey chocolate
- Secukupnya coklat aneka bentuk
- Secukupnya kitkat, chocoball, toblerone, marshmellow, pocky

Cara menghias kue tart dengan coklat:

  1. Panaskan coklat masak dengan cara siapkan mangkuk stainless steel. Masukkan coklat kedalamnya. Taruh mangkuk diatas panci berisi air. Gunakan api sedang lalu aduk terus hingga mencair. Pastikan coklat masak tidak terkena/tercampur air.
  2. Tuangkan coklat masak yang sudah cair di atas base cake. Tunggu hingga dingin. Masukkan ke dalam kulkas 10 menit kemudian keluarkan.
  3. Beri topping/garnish diatasnya menggunakan aneka bentuk coklat, hersey, marsmellow atau yang lainnya. Pastikan tertata rapi.

5 dari 5 halaman

Cara Menghias Kue Tart dengan Fondant

Ilustrasi Kue Fondant

Bahan base cake:

- 4 butir kuning telur
- 3 butir putih telur
- 100 gram tepung protein sedang
- 25 gram coklat bubuk
- 25 gram kopi instan mocaccino atau white coffee
- 175 gram margarin
- 150 gram gula pasir
- 1 sdt SP

Bahan butter cream:

- 500 gram mentega putih
- 200 ml Susu kental manis
- 200 gram gula pasir
- 100 ml air
- 1 sdt garam
- 1 sdm pasta Vanilla

Bahan kulit luar / finishing:

- 750 gram fondant siap pakai
- 100 gram maizena
- 2 pewarna makanan merah dan hitam (sesuai selera)
- 1 buah edible pen

Cara menghias kue tart dengan fondant:
Cara membuat Base Cake:

  1. Pisahkan kuning telur dan putih di wadah masing-masing. Campur dan ayak, tepung terigu, coffee instan dan coklat bubuk sampai rata, sisihkan.
  2. Oles loyang bulat berdiameter 20 cm dengan margarin dan beri baking paper alasnya dan oles kembali dengan margarin. Kocok putih telur dan gula sampai softpeak, sisihkan
  3. Panaskan oven suhu 180°c atau sesuai dengan oven dirumah. Pada wadah lain, kocok kuning telur bersama margarin dan SP hingga pucat dengam speed rendah, masukkan campuran tepung bergantian dengan campuran putih telur, aduk menggunakan spatula dengan tehnik aduk balik.
  4. Masuk kan adonan kedalam loyang, hentak dan ratakan permukaan cake. Oven kurang lebih 30 menit. Setelah 30 menit tes kematangan, tusuk cake menggukan tusuk sate, bila sudah tidak ada adonan menempel tandanya cake sudah bisa diangkat, keluarkan dari oven dan cetakan, lalu dinginkan

Cara membuat Butter cream:

Rebus gula dan garam bersama air, aduk hingga rata dan mendidih, angkat dan biarkan dingin. Siapkan wadah, masukkan mentega putih, susu kental manis, air gula, vanilla pasta mixer dengan speed tinggi selama kurang lebih 20 menit, dan siap digunakan.

Cara menghias kue tart dengan fondant:

  1. Oles base cake dengan butter cream tambahkan keju parut, atau bisa diganti parutan coklat atau maises sesuai selera. Tumpuk kembali dengan cake 1 nya dan tutup semua bagian menggunakan butter cream, simpan beberapa saat di dalam kulkas sampai butter cream agak sedikit mengeras.
  2. Siapkan meja marmer atau kayu atau alas apa saja, taburi dengan sedikit tepung maizena agar tidak lengket. Giling fondant selebar diameter 20 cm ditambah panjang pinggiran tinggi cake 10 cm tiap sisinya, kemudian angkat perlahan dan tutupkan pada cake yang sudah dipoles butter cream tadi, dari arah pinggir menuju tengah dan seterusnya. Ratakan permukaan dan pinggirnya.

    Ambil sisa fondant, beri pewarna dan bentuk sesuai selera, sesekali ambil tepung maizena apabila dirasa adonan agak lengket kemudian tempel pada cake dengan menggunakan air dengan bantuan kuas, gunakan edible pen untuk menulis ucapan dan batangnya.

Beri Komentar