Cara Mengolah Usus yang Benar agar Tidak Amis

Reporter : Riza Umami
Selasa, 28 Januari 2020 14:52
Cara Mengolah Usus yang Benar agar Tidak Amis
Beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar usus ayam tidak amis.

Usus adalah salah satu bagian ayam yang bisa diolah menjadi berbagai hidangan. Usus ayam ini bisa digoreng, dibuat sate, dibuat campuran tumis atau dimasukkan ke kari ayam. Namun, yang perlu diperhatikan mengolah usus ayam ini tidak semudah itu karena bisa terasa amis.

Pernah makan usus ayam yang masih bau amis? Dilansir dari laman Fimela.com (19/20), kamu perlu melakukan beberapa hal ini agar hidangan usus ayam buatanmu tidak amis lagi, antara lain yaitu:

1 dari 3 halaman

Lumuri dengan Air Jeruk Nipis

Ilustrasi Jeruk Nipis

Air jeruk nipis bisa membantu menghilangkan bau amis dari usus. Cukup melumuri usus dengan air perasan jeruk nipis dan diamkan selama 15 menit. Jika sudah cuci bersih sampai aroma amisnya berkurang.

2 dari 3 halaman

Rebus dengan Daun Salam, Lengkuas dan Jahe

jahe

Rebusan beberapa rempah bisa digunakan untuk menghilangkan bau amis seperti daun salam, lengkuas dan jahe. Geprek lengkuas dan jahe agar aromanya hilang. Masak air lalu masukkan usus dan berbagai bahan di atas selama beberapa saat.

3 dari 3 halaman

Diungkep dengan Bumbu dan Air Kelapa

Ilustrasi Air Kelapa

Cara yang paling sering digunakan adalah mengungkep usus ayam dengan bahan yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, daun salam, lengkuas, kaldu bubuk, air dan air kelapa. Ungkep sampai airnya menyusut lalu usus siap dimasak dengan digoreng, ditumis atau cara yang lainnya.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar usus ayam tidak amis. Kalau kamu punya cara lain silahkan tulis di bawah ini.

Beri Komentar