Ini Loh Rahasia Kenapa Es Krim Turki Nggak Bisa Leleh, Tapi Tetap Bisa Melelehkan Hatimu

Reporter : Nasa
Rabu, 5 Februari 2020 15:37
Ini Loh Rahasia Kenapa Es Krim Turki Nggak Bisa Leleh, Tapi Tetap Bisa Melelehkan Hatimu
Bukan, bukan karena abang penjual es krimnya yang ganteng kok. Tapi ternyata ada rahasianya loh, kenapa es krim Turki nggak bisa meleleh tapi tetap bisa melelehkan hatimu.

Dondurma, es krim Turki ini terkenal seantero dunia karena atraksi penjualnya yang super duper usil. Kamu pasti pernah kan melihat pertunjukkan abang-abang Turki yang usil ketika menjual dondurma berseliweram di media sosialmu? Hmmm memang seusil itu loh mereka. Bahkan nggak jarang video-video keusilan mereka ini jadi viral.

Tapi kamu tahu nggak kalau keusilan para penjualnya adalah memang karena dondurma ini nggak bisa meleleh. Jadi pertunjukkan super usil yang ditampilkan ketika menjual dondurma ini adalah untuk memamerkan kalau es krim unik ini nggak gampang meleleh dan punya tekstur berbeda. Jadi semacam untuk menarik perhatian konsumen gitu lah.

Nah kok bisa gitu? gimana caranya si dondurma ini jadi es krim Turki tapi nggak bisa meleleh? Kamu pasti juga penasaran kan? Ternyata ada satu rahasianya, kenapa di dondurma ini nggak bisa meleleh. Jadi rahasianya adalah salep, bukan salep yang biasa kita kenal di Indonesia ya. Salep yang menjadi rahasia es krim Turki biar nggak meleleh ini ternyata adalah umbi akar tanaman anggrek.

1 dari 2 halaman

Es krim Turki

Jadi saleplah yang membuat es krim Turki punya tekstur, cita rasa, dan aroma yang khas dan berbeda. Nah itu dia rahasianya. Es krim Turki biasanya menggunakan susu kambing berkualitas dan gula dengan standar khusus. Perpaduan bahan-bahannya kemudian bisa menjadikan es krim Turki menjadi nikmat dan bisa melelehkan hati kamu.

Dondurma atau es krim Turki ini memiliki tekstur yang sangat unik. Bahkan nggak seperti es krim lain yang diambil menggunakan scoop, es krim Turki ini harus dipotong menggunakan pisau atau sendok panjang dengan ujung yang tajam. Cara penyajiannya bisa menggunakan cone, tapi bisa juga langsung dipotong dan dihidangkan di piring.

2 dari 2 halaman

Es krim Turki

Channel youtube Great Big Story membagikan video tentang satu kota di Turki, yang menjadi Ibu Kota dari es krim Turki, yakni kota Kahramanras. Kota tersebut konon merupakan asal muasal dari es krim Turki ini. Bahkan di sana masih ada satu keluarga paling tua yang masih memproduksi es krim Turki dengan skala besar. Mereka memproduksi 5 ton es krim Turki setiap jamnya, dengan beragam varian rasa.

Nah itu dia ulasan tentang dondurma atau es krim Turki. Udah mulai ngiler? Es krim Turki ini sudah bisa kamu temui di beberapa kota besar di Indonesia loh. Jadi kamu nggak perlu jauh-jauh ke Turki untuk mencicipinya.

Beri Komentar