Jenis-Jenis Minuman Kopi, Biar Ngga Salah Pesan Waktu Nongkrong di Kafe

Reporter : Zaki
Kamis, 27 Februari 2020 07:36
Jenis-Jenis Minuman Kopi, Biar Ngga Salah Pesan Waktu Nongkrong di Kafe
Mana yang kira-kira akan menjadi favoritmu?

Kopi menjadi salah satu minuman paling populer yang tersohor dan masih sangat digemari sampai saat ini. Terbukti dari banyaknya kafe yang bermunculan di berbagai daerah di Indonesia dan menawarkan aneka varian kopi yang sangat bermacam. Meskipun dahulu kopi adalah minuman wajib para orang tua, tapi kini generasi muda pun sangat meminatinya.

Namun, pernahkah kamu mengalami kondisi ketika nongkrong di sebuah kafe lalu mencoba-coba aneka varian kopi dan berakhir dengan menyesal karena merasa salah pesan? Sebenarnya hal tersebut tak perlu bikin trauma karena saat mengetahui beragam jenis-jenis minuman kopi, kamu dapat menentukan mana minuman yang sesuai dengan seleramu.

Nah biar nggak sampai terjadi lagi salah pesan coba ketahui yuk beragam jenis-jenis minuman kopi yang biasa disajikan di coffee shop!

1 dari 16 halaman

Espresso

Jenis minuman kopi yang satu ini hampir selalu ada di coffee shop hits favorit para generasi muda kekinian. Pada dasarnya, espresso adalah minuman kopi murni yang disajikan tanpa memakai campuran bahan apapun, seperti susu atau gula. Umumnya, jenis kopi ini sangat digemari oleh para penikmat kopi sejati yang menyukai kopi dengan cira rasa kuat dan murni.

Bicara tentang tekstur, espresso dikenal sangat pekat dan hitam serta memiliki buih putih pada bagian atas yang terbentuk dari tekanan minyak dalam biji kopi. Cara penyajiannya pun begitu unik menggunakan sebuah cangkir khusus berukuran kecil, yakni sekitar 30 mililiter. Dikarenakan memiliki kandungan kopi murni, espresso merupakan kopi yang paling rendah kandungan kalorinya.

2 dari 16 halaman

Capucinno

Kalau jenis minuman kopi yang satu ini bisa disebut sebagai varian paling populer di coffee shop. Saat nongkrong bareng teman-teman di sana, bisa dipastikan kalau kamu takkan melewatkan Cappucinno di daftar menunya. Menjadi salah satu favorit juga karena jenis minuman kopi ini bisa dikonsumsi oleh siapa saja, bahkan bagi mereka yang tak terlalu menggemari kopi.

Cappucinno sebenarnya merupakan minuman tradisional Italia yang dikenal memiliki lapisan pada bagian atas berupa foam susu. Agar lebih menambah kecantikan dan citarasa, biasanya juga ditambahkan ditambahkan hiasan lain berupa bubuk cokelat. Mengenai pembuatannya sendiri, Cappucinno  dibuat dari dua bahan utama yaitu espresso dan textured milk dengan rasio 1:1.

3 dari 16 halaman

Americano

Jenis minuman kopi yang satu ini juga dikenal dengan sebutan Long Black. Americano memang sangat irip dengan espresso. Perbedaannya hanya terletak pada cara pengolahannya di mana Americano diperoleh dengan cara mengencerkan espresso. Namun perbandingannya harus tepat, yaitu 2 bagian espresso dengan 3 bagian air. Menariknya Americano bisa disajikan panas atau dingin sesuai selera.

4 dari 16 halaman

Ristretto

Jenis minuman kopi lain yang juga berasal dari Italia adalah ristretto, berasal dari kata restricted. Ristretto sangat mirip dengan espresso yang diekstrasi dalam waktu terbatas namun dengan air yang lebih banyak. Hasilnya, kopi ini jadi lebih pekat dan gelap.

5 dari 16 halaman

Macchiato

Ada dua jenis macchiato yang populer dan kerap disajikan beragam coffee shop, yaitu short dan long. Shot macchiato adalah single shot espresso dengan tambahan sedikit susu dan busa susu untuk sedikit mengurangi rasa espresso yang begitu kuat. Sedangkan long macchiato biasanya menggunakan double shot espresso. Tertarik untuk mencoba membuatnya sendiri? Pastikan kopi dan susunya memiliki perbandingan 4:1.

6 dari 16 halaman

Latte

Banyak yang berpikir jika latte itu sama dengan cappuccino. Namun, bisa dipastikan jika kedua jenis minuman kopi itu memiliki racikan yang berbeda. Untuk Latte, biasanya perbandingan komposisi yang digunakan adalah espresso dan susu yaitu 2:1. Sedangkan dalam urusan rasa, latte sangat lezat apabila dibandingkan dengan jenis minuman kopi lain karena rasanya yang enak dan ringan. Dalam penyajiannya pun, secangkir kopi  latte dihiasi dengan motif menarik yang akrab disebut dengan latte art.

7 dari 16 halaman

Flat White

Tahukah kamu kalau Flat White berasal dari Australia dan Selandia Baru. Ketika dilihat sekilas, bentuknya memang cukup punya kemiripan dengan latte. Perbedaannya terletak pada Flat White yang dibuat dari steamed milk dari bagian bawah tabung sehingga menghasilkan citarasa lebih creamy dan tanpa busa.

Apabila diperhatikan dari segi rasa, flat white lebih kuat apabila dibandingkan dengan latte, tapi lebih lembut dari cappucinno. Ini disebabkan flat white memakai susu yang lebih banyak ketimbang café latte dan disajikan hampir tanpa menggunakan foam.

8 dari 16 halaman

Piccolo Latte

Nah kalau jenis minuman kopi yang satu ini menggunakan perpaduan unik. Piccolo latte sebenarnya merupakan jenis latte yang disajikan dengan ristretto dengan ekstrasi espresso sempurna. Hasilnya? Tentu saja kopi yang nikmat dan begitu memanjakan lidah para pecinta kopi. Kadar asamnya begitu rendah dengan sensasi pahit serta manis yang cukup imbang. Saat menikmati Piccolo Latte, bersiaplah menrasakan intensitas kopi yang dibalut dengan sentuhan susu lembut.

9 dari 16 halaman

Mocha

Apakah kamu juga termasuk orang yang suka memesan mocha ketika nongkrong di sebuah coffee shop? Harus diketahui kalau jenis minuman kopi ini memang unik dengan perpaduan cokelat plus campurasn espresso serta susu. Mocha juga sering banget disebut dengan nama lain yaitu mochacino.

10 dari 16 halaman

Red Eye

Memang kalau didengar dari namanya, kopi yang satu ini memiliki nama yang kesannya cukup menyeramkan. Namun kalau diperhatikan dari komposisinya, cukup familiar dan rasanya juga sangat nikmat karena mencampurkan antara espresso dan kopi hitam. Untuk nama akrabnya, Red Eye juga disebut dengan coffee with espresso.

11 dari 16 halaman

Affogato

Tahukah kamu kalau di Eropa, affogato sering banget dimanfaatkan untuk pencuci mulut dan disuguhkan sepanjang musim panas usai makan malam. Komposisinya sendiri, affogato dibuat dari percampuran espresso yang kuat dan pahit dengan es krim vanilla yang lembut dan nikmat. Jenis minuman kopi yang satu ini sangat cocok buat jadi pilihan bagi kamu yang mendambakan sensasi kopi dengan citarasa tak biasa.

12 dari 16 halaman

Cold Brew

Dilihat dari namanya, sudah bisa menebak bukan kalau jenis minuman kopi yang satu ini tidak diseduh menggunakan air panas. Sebagai gantinya, cold brew disajikan memakai air dingin dengan suhu ruang dalam waktu beberapa jam. Hasilnya mengesankan, kopi yang akan kamu nikmati memiliki aroma yang khas dengan citarasa tak terlalu pahit atau asam.

13 dari 16 halaman

Yuangyang

Yup, sesuai tebakan kamu kalau jenis minuman kopi yang satu ini berasal dari China. Yang unik, Yuangyang mencampurkan dua bahan yaitu kopi dan teh dengan rasio berimbang. Bukan tanpa sebab, pencampuran kedua bahan itu mengacu pada dua hal yang saling melengkapi, yakni laki-laki dan perempuan. Keren, kan?

14 dari 16 halaman

Cortado

Kalau jenis minuman kopi yang satu ini asalnya dari Spanyol dan berasal dari kata cortadi yang berarti memotong. Cortado dibuat dari campuran susu hangat dan espresso dengan perbandingan 1:1. Nah di Negeri Pizza sendiri, minuman ini dianggap puna kemiripan dengan macchiato.

15 dari 16 halaman

Frappe

Diambil dari bahasa Yunani, tahukah kamu kalau Frappe memiliki arti es kopi? Yup, minuman ini memang lebih banyak disajikan dengan es dengan lapisan busa yang dibuat dari campuran kopi, air, gula, dan es batu yang dikocok serta di-blend hingga berbusa.

16 dari 16 halaman

Nah sudah tahu kan beberapa jenis minuman kopi yang bisa kamu pesan di Coffee Shop favorit. Yuk tentukan pilihan biar nggak ada lagi ceritanya salah pesan!

Beri Komentar