Keju Busuk yang Sudah Dipenuhi Belatung Ini, Jadi Santapan Favorit Warga Sardinia, Italia

Reporter : Hevy Zil Umami
Senin, 10 Februari 2020 17:24
Keju Busuk yang Sudah Dipenuhi Belatung Ini, Jadi Santapan Favorit Warga Sardinia, Italia
Keju busuk yang penuh belatung jadi keju tradisional bagi masyarakat Sardinia, Italia.

Bukannya dibuang, keju yang sudah busuk dan penuh belatung ini malah jadi santapan lezat! Ingin mencobanya?

1 dari 4 halaman

Ilustrasi Keju Busuk Italia

Dikenal dengan nama " Casu Marzu" yang secara harfiah berarti " Keju Busuk" adalah hal yang sangat mulia bagi warga Sardinia, Italia. Keju ini awalnya adalah keju Pecorino, yaitu keju yang terbuat dari susu domba, yang kemudian dikunjungi oleh lalat keju yang bertelur sampai menghasilkan larva belatung yang menyebar pada keju.

2 dari 4 halaman

Ilustrasi Keju Busuk Italia

Membuat keju ini tidaklah sembarangan, karena keju ini juga dijuluki sebagai " keju paling berbahaya di dunia" , namun segelintir pengrajin keju ini terus memproduksinya, karena memangs sudah menjadi tradisi sejak ratusan tahun lalu, sehingga memperkuat status keju sebagai bagian dari budaya di Sardinia.

3 dari 4 halaman

Ilustrasi Keju Busuk Italia

Tektur dari casu marzu sangat keras, membiarkan larva belatung ada di keju selama sekitar 2-3 bulan, akan membuat tekstur keju ini jadi lembut, dan konon akan meningkatkan rasa dari keju.

4 dari 4 halaman

Ilustrasi Keju Busuk Italia

Mendapat julukan sebagai keju paling berbahaya di dunia membuat tidak semua orang mau mengonsumsi keju ini, mereka takut kalau larva akan tumbuh di dalam tubuh mereka. Namun bagi Simone Ibba, salah satu peternak domba di Sardinia, memakan keju ini justru untuk memperpanjang umurnya. Namun Simone kini hanya memproduksi keju bagi keluarganya sendiri, dan tidak didistrubiskan dalam skala besar.

Beri Komentar