Kesalahan Umum yang Dapat Merusak Es Krim

Reporter : Mila
Sabtu, 4 Januari 2020 11:02
Kesalahan Umum yang Dapat Merusak Es Krim
Menyimpan es krim yang salah dapat merusak kualitas bentuk dan rasanya.

Es krim adalah makanan penutup mulut yang dapat dinikmati oleh semua kalangan, baik tua maupun muda. Seringkali kita membeli es krim dalam kemasan besar yang kemudian dapat disimpan kembali di freezer. Namun, kesalahan yang dilakukan saat menyimpan es krim dapat membuatnya berumur lebih singkat yang salah satunya ditandai dengan kristal-kristal es di dalamnya.

Untungnya, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk memperpanjang umur makanan penutup ini saat disimpan di dalam kulkas. Beikut adalah kesalahan umum yang dapat merusak es krim dikutip dari Insider (4/1).

1 dari 6 halaman

Menutup Wadah Es Krim Kurang Rapat

Saat selesai memakan es krim, sangat penting untuk menutup wadahnya lagi dengan rapat, sebelum memasukkannya lagi ke dalam freezer. Jika tidak ditutup dengan rapat, maka kristal es akan terbentuk di dalamnya yang membuat es krim jadi tidak baik untuk dikonsumsi.

2 dari 6 halaman

Jangan Menaruh Es Krim di Pintu Freezer

Disarankan untuk tidak menaruh es krim di bagian pintu freezer, karena bagian pintu freezer adalah bagian terpanas dari freezer. Di takutkan es krim tidak beku dengan sempurna karena suhu yang mengalami fluktuasi. Sebaiknya untuk menaruhnya di paling belakang freezer, karena itu adalah bagian terdingin.

3 dari 6 halaman

Waktu Penyimpanan

Menyimpan es krim dalam waktu lebih dari seminggu akan mengubah rasa pada es krim. Maka dari itu, alangkah baiknya untuk menghabiskan es krim sebelum seminggu berada di freezer.

4 dari 6 halaman

Menyerap Aroma Tertentu

Saat menyimpan es krim di freezer, usahakan untuk perhatikan letak penyimpanannya. Jangan taruh di dekat makanan yang berbau menyengat seperti ikan contohnya. Hal ini dikarenakan es krim adalah produk dairy yang dapat menyerap bau dengan mudah. Kamu tidak ingin kan jika es krimmu berbau seperti ikan?

5 dari 6 halaman

Jangan Taruh di Microwave

Seringkali orang menaruh es krim di dalam microwave untuk melembutkannya agar mudah dimakan. Tapi, alih-alih melembutkan, hal ini justru akan membuat es krim meleleh. Hal ini dikarenakan microwave memiliki sifat memanaskan yang cepat.

6 dari 6 halaman

Membasahi Cooper dengan Air Panas

Meskipun membasahi cooper/sendok eskrim dengan air hangat atau panas terlebih dahulu dapat mempermudah menyajikannya, namun hal ini bisa jadi kesalahan. Setelah menyendok es krim dengan cooper yang dibasahi air panas, es krim akan lebih mudah mengkristal sehingga kualitas es krim tersebut tidaklah sebaik sebelumnya.

Semoga informasi ini dapat membantu, ya.

Beri Komentar