Koki Brasil Memasak Buah yang bisa Mengubah Apa pun Jadi Biru

Reporter : Riza Umami
Selasa, 7 Januari 2020 17:00
Koki Brasil Memasak Buah yang bisa Mengubah Apa pun Jadi Biru
Suatu buah di Brasil bisa mengubah makanan apa pun menjadi warna biru. Penasaran buah apa itu? Baca ulasan berikut ini, yuk!

Berry Jenipapo adalah buah yang biasa dimasak menjadi kolak, sirup dan minuman keras oleh orang Brasil. Namun, saat belum matang buah ini akan terasa pahit yang menarik perhatian koki di negara tersebut. Jenipapo yang belum matang ini akan mengandung genipin dalam jumlah tinggi.

Dilansir dari laman atlasobscura.com (16/12), genipin ini saat bereaksi dengan protein dan asam amino akan dengan adanya oksigen dan panas, akan menghasilkan pigmen biru. Itulah sebabnya buah ini bisa mengubah makanan apa pun menjadi warna biru.

1 dari 2 halaman

Ilustrasi Jenipapo

Warga Brasil telah lama menggunakan jenipapo ini untuk berbagai keperluan. Tidak hanya untuk dimasak, tetapi juga untuk bahan pewarna dan untuk pengecatan tubuh. Dalam beberapa suku, garis dan bentuk geometris dari jenipapo bisa digunakan untuk membedakan klan, keluarga, dan bahkan status perkawinan.

Pada tahun 2017, seorang ahli gizi bernama Neide Rigo menulis artikel bahwa dia menggunakan jenipapo ini untuk membuat hidangan-hidangan berwarna biru cerah. Setelah beberapa tes, dia menemukan bahwa cara terbaik yaitu dengan menambahkan bubur jenipapo ke dalam susu. Sejak itu jenipapo ini banyak Neide gunakan untuk memberikan warna biru pada tortilla, saus, bubur, roti, pasta dan kue.

2 dari 2 halaman

Resep masakan birunya itu pun banyak beredar di Internet dan menarik perhatian para koki baik yang profesional maupun yang amatir. Beberapa mencoba mempraktekkan resep Neide itu dan beberapa yang lain mencoba mengkreasikan resep itu dengan menambahkan hal-hal yang baru.

Jika kamu suka memasak, kamu pun juga bisa mencoba melakukan hal yang sama dengan para koki yang menggunakan resep Neide itu. Bagaimana? Apakah kamu tertarik mencobanya?

Beri Komentar