Mabela Cooking Club, Dari Hobi Kini Jadi Komunitas Memasak

Reporter : Bagus Prakoso
Selasa, 30 Juli 2024 16:56
Mabela Cooking Club, Dari Hobi Kini Jadi Komunitas Memasak
Mabela berasal dari kata “Mari Belajar” yang mana anggota komunitas bisa saling support untuk belajar masak bareng.

Bunga Safari, owner dan founder dari Mabela Cooking Club menciptakan komunitasnya karena punya hobi memasak. Wanita yang berprofesi sebagai Chef itu awalnya memiliki hobi baking bersama teman-temannya di Bandung. Mabela cookings Club ini ia buat agar bisa memfasilitasi keinginan teman-temannya agar bisa sering berkumpul dan belajar bersama.

Penggunaan nama Mabela bukan tanpa alasan. Mabela sendiri merupakan singkatan dari Mari Belajar yang mana para anggota komunitas bisa saling tukar informasi dan belajar memasak bersama. Tujuan dari didirikannya Mabela sendiri agar bisa sharing ilmu dalam bidang kuliner kepada semua masyarakat khususnya perempuan.

 

1 dari 3 halaman

Sejarah Terbentuknya Mabela Cooking Club

Mabela Cooking Club© dok. Mabela Cooking Club

Berdiri sejak 24 November 2015, kini Mabela Cooking Club sudah memiliki banyak anggota. Komunitas Mabela Cooking Club kini memiliki 3 grup di platform online yang berbeda, yakni Whatsapp, Facebook, dan Telegram yang mencakup anggota dari Bandung dan Jabodetabek dengan jumlah sekitar 5 ribu anggota. Untuk Media Sosial instagram Mabela Cookings Club juga sudah memiliki 14.822 pengikut.

“ Untuk Facebook dan Instagram terbuka untuk umum sedangkan grup WhatsApp dan Telegram hanya khusus yang berdomisili di Kota Bandung, Kabupaten Bandung dan Jabodetabek,” ujar Bunga Safari.

Kegiatan yang kerap dilakukan oleh Mabela Cooking Club antara lain belajar bersama atau latihan bareng dengan anggota grup WhatsApp yang rutin dilakukan setiap bulan.


2 dari 3 halaman

Suka Masak Dari Usia Belia Sampai Menjadi Chef

Mabela Cooking Club© dok. Mabela Cooking Club

Bunga Safari, sang pemilik dan pendiri Mabela Cooking Club memang sudah menyukai masak sejak remaja. Ia sudah mengikuti kursus memasak sejak usianya masih duduk di bangku SMP. Karena ketekunannya dalam dunia memasak ia kemudian mulai serius mengikuti pelatihan memasak mulai tahun 2010.

Namun, meskipun Bunga sudah mengikuti pelatihan, ia mengaku dulu masih kesulitan karena kurangnya akses terhadap pelatihan. Ketekunannya berbuah manis, kini Bunga telah menjadi seorang chef dan pengajar. Ia mengajar kursus berbagai makanan dan juga dessert dan kerap diundang sebagai pengajar untuk cooking class di berbagai kota.

 

3 dari 3 halaman

Harapan Besar Mabela Cooking Club

Mabela Cooking Club© dok. Mabela Cooking Club

Ia berharap dunia kuliner Indonesia bisa menjadi populer di Mancanegara dan generasi muda Milenial tetap bisa melestarikan kuliner tradisional Indonesia di masa mendatang.

Gimana Diazens? Tertarik untuk gabung komunitas Mabela Cooking Club? Yuk join Grup Facebook MaBela Cooking Club, dan follow instagramnya di @mabela_cooking_club.

 

 

 

Beri Komentar