Manfaat Jamur Bagi Manusia Lewat Sajian Menu Sarapan Praktis, Mau Coba di Rumah?

Reporter : Wuri Anggarini
Senin, 3 Februari 2020 15:00
Manfaat Jamur Bagi Manusia Lewat Sajian Menu Sarapan Praktis, Mau Coba di Rumah?
Awali pola makan yang sehat dengan mencoba mengolah jamur kuping, tiram, kancing, enoki, shitake hingga portabello jadi menu sarapan praktis.

Sarapan jadi menu makan yang sering dilewatkan dengan alasan tak sempat memasak dan menyantapnya. Memang butuh usaha dan waktu yang tak sebentar saat berada di dapur hingga menyajikan makanan di meja. Untuk menyiasatinya, ada berbagai trik yang bisa dilakukan, mulai dari mempersiapkan bahan masakan semalam sebelumnya hingga mencari menu yang praktis namun tetap sehat dan lezat.

Salah satu bahan makanan yang mudah diolah menjadi berbagai sajian sarapan adalah jamur. Sering dimasukkan dalam kategori sayuran, penambahan jamur dalam masakanmu memungkinkanmu untuk menambahkan citarasa umami, tanpa tambahan garam atau lemak.

Bukan hanya lezat, kebanyakan varietas jamur bebas lemak, rendah natrium, rendah kalori dan bebas kolesterol. Juga dipercaya menjadi sumber serat, vitamin dan mineral, manfaat jamur bagi manusia pun beragam, seperti meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan jantung, bahkan mencegah risiko kanker.

Ada berbagai jenis jamur yang dapat disiapkan dengan berbagai cara dan memadupadankannya dengan banyak bahan yang berbeda. Mulai dari dimasukkan ke dalam salad dalam kondisi mentah, dipanggang, ditumis, atau ditambahkan ke dalam sup, sandwich, hingga saus pasta untuk hidangan khas Italia. Bahkan teksturnya yang empuk dan berdaging sering disajikan sebagai pengganti daging untuk menu vegetarian.

Masih ragu dengan hebatnya manfaat jamur bagi manusia? Awali pola makan yang sehat dengan mencoba mengolah jamur kuping, tiram, kancing, enoki, shitake hingga portabello jadi menu sarapan praktis.

1 dari 7 halaman

Resep Dasar Anti Gagal

©Shutterstock

Buat yang mengaku pemula di dapur, resep yang satu ini bakal bikin dirimu merasa bagai masterchef. Hanya perlu sedikit bahan dan bumbu, olah beberapa jenis jamur menjadi lauk lezat buat sarapan atau pengisi bekal makan siang.

Awali dengan membersihkan kotoran dari jamur dengan menggunakan kain dapur lembap. Hindari merendamnya dalam air karena akan membuat jamur berubah layu dan lembek. Buang batang yang keras dan iris-iris jamur kancing, shitake atau portabello.

Panaskan minyak zaitun dalam wajan yang cukup lebar lalu masukkan jamur dan sebisa mungkin sebarkan agar dapat matang dengan merata. Hindari terlalu sering mengaduknya, tapi biarkan kecokelatan di satu sisi, antara tiga hingga lima menit. Balik dan masak lagi selama beberapa menit hingga berwarna cokelat keemasan.

Bumbui dengan garam dan lada hitam sebelum diangkat dari api untuk menghindari munculnya uap air yang mencegah jamur matang dengan sempurna. Sajikan hidangan jamur bertepi renyah dan kecokelatan ini dengan ayam panggang, telur dadar, salad sayur, hingga topping roti panggang yang lezat.

2 dari 7 halaman

Sate Jamur

Kelezatan jamur tiram memang tak perlu diragukan lagi, begitu juga manfaat jamur bagi manusia ini yang mampu menurunkan kolesterol dan risiko penyakit jantung. Buat yang punya stok cukup banyak, coba olah jadi sate jamur dengan tambahan bumbu pecel yang bikin citarasanya makin nendang.

Pertama, rebus jamur tiram yang sudah dicuci bersih dalam air mendidih selama tiga menit. Tiriskan lalu peras dan suwir-suwir. Susun dalam tusukan sate lalu rendam dalam bumbu yang terbuat dari campuran saus tiram, kecap manis dan bumbu pecel siap saji. Bakar hingga matang di atas wajan dengan tambahan sedikit minyak dan siap disajikan.

3 dari 7 halaman

Bola Nasi Isi Jamur

©Shutterstock

Kreasi nasi yang itu-itu saja bisa bikin sarapan atau bekal makan terasa membosankan. Coba bentuk jadi bola-bola dengan sensasi crispy di luar tapi lembut dan gurih di dalam.

Pertama, panaskan margarin dan tumis cincangan bawang bombay dan cincangan jamur hingga harum. Bumbui dengan gula dan garam, aduk sebentar dan sisihkan. Ambil dua sendok makan nasi, bulatkan lalu pipihkan. Masukkan isian jamur lalu bulatkan kembali. Celupkan ke dalam telur kocok dan gulingkan di atas tepung roti hingga rata. Goreng dalam minyak panas hingga berwarna kuning keemasan dan siap disajikan.

4 dari 7 halaman

Nugget Ayam Jamur

©Shutterstock

Bisa sih beli nugget beku dalam kemasan, tapi membuat sendiri frozen food ini bukan hanya menghemat uang belanja tapi juga menjauhkanmu dari bahan-bahan tambahan seperti penyedap rasa atau pengawet makanan. Biar lebih bernutrisi, dapatkan manfaat jamur bagi manusia dengan menambahkan jamur tiram ke dalam adonan.

Caranya, blender jamur tiram, daging ayam dan bawang putih hingga halus. Lalu masukkan dalam wadah dan tambahkan garam, merica, telur, kaldu jamur, tepung tapioka dan air. Aduk rata hingga menjadi adonan yang cukup padat.

Masukkan dalam loyang atau wadah tahan panas lalu kukus hingga matang. Biarkan dingin sebelum memotongnya lalu celupkan nugget ke dalam kocokan telur dan gulingkan ke tepung panir. Setelah didiamkan di lemari pendingin, goreng hingga kecokelatan.

5 dari 7 halaman

Cah Brokoli Jamur Hioko

©Shutterstock

Mumpung punya jamur hioko, coba resep super sehat yang menggabungkannya dengan brokoli. Pertama, tumus bawang bombay, bawang putih dan jahe yang sudah dimemarkan hingga harum. Tambahkan potongan cabai merah kering dan taosi, lalu aduk hingga layu.

Tambahkan brokoli dan jamur yang masing-masing sudah dicuci dan dipotong-potong. Aduk dan bumbui dengan saus tiram, kecap asin, garam, gula, dan merica. Tuangkan sedikit air lalu masak hingga semua bahan matang, masukkan minyak wijen dan aduk merata. Siap disajikan dengan nasi hangat untuk sarapan di pagi hari.

6 dari 7 halaman

Jamur Isi yang Lezat dan Mudah

©Shutterstock

Melihat penampakannya, mungkin banyak yang menganggapnya sebagai menu restoran atau café mewah. Padahal tak perlu keahlian khusus untuk memasak stuffed mushroom yang lezat ini. Mulai proses memasak dengan memanaskan oven dan siapkan jamur kancing dengan membersihkan dan memotong batangnya. Masukkan ke dalam wadah dan bumbui dengan sedikit minyak zaitun dan merica bubuk. Atur dalam keadaan terbalik di atas loyang yang sudah dilapisi baking paper.

Lelehkan mentega dan tumis bawang bombay beserta batang jamur yang sudah dicincang. Bumbui dengan sedikit garam dan sesekali aduk hingga bawang bombay layu sekitar 5 menit. Tambahkan cacahan bawang putih, rosemary dan thyme, aduk dan masak selama 2 menit, lalu masukkan parutan keju. Aduk dan bagi isian di setiap jamur dan taburkan remah roti panggang di atasnya. Panggang jamur hingga keju meleleh dan jamur melunak, kurang lebih 15-20 menit.

 

7 dari 7 halaman

Bihun Kuah Jamur

©Shutterstock

Pagi yang dingin bisa bikin mood beraktivitas ikut menciut. Kembalikan semangatmu dengan menyantap bihun kuah yang makin lezat dengan tambahan jamur merang atau jamur kancing. Caranya, tumis bawang putih hingga harum lalu masukkan udang dan aduk hingga berubah warna.

Tambahkan jamur merang dan pokcoy lalu aduk sampai setengah layu. Tuangkan kaldu ayam dan masak hingga mendidih lalu bumbui dengan garam, merica bubuk dan gula pasir. Aduk dan masak hingga matang baru masukkan bihun yang sudah direndam dalam air panas. Siap disajikan dengan tambahan daun bawang atau bawang goreng.

Makanan yang masuk ke tubuh bisa jadi rahasia untuk menjaga kesehatan, termasuk memaksimalkan manfaat jamur bagi manusia lewat menu sarapan yang lezat dan praktis. Selamat mencoba! (eth)

Beri Komentar