21 Menu Rice Bowl Kekinian untuk Bekal atau Ide Jualan

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 14 Juni 2024 21:16
21 Menu Rice Bowl Kekinian untuk Bekal atau Ide Jualan
Ada rice bowl rendang hingga rice bowl telur mayo, beragam menu rice bowl kekinian yang cukup variatif ini cocok jadi bekal makan hingga sebagai ide jualan lho!

Rice bowl  merupakan makanan menu nasi dan lauk pauknya ditempatkan dalam mangkok kertas. Penyajiannya sederhana namun unik serta praktis. Porsinya pas dengan menu beragam, membuat rice bowl jadi pilihan usaha kuliner yang cukup menjanjikan.

Ketika awal-awal beredar, rice bowl memang identik dengan menu ayam dan sapi saja. Tetapi, seiring berkembangnya waktu dan meluasnya persebaran rice bowl di Indonesia, mulai banyak beredar menu rice bowl kekinian, loh! Nggak cuma ayam dan sapi, kamu juga bisa menemukan menu rice bowl dengan olahan bahan laut seperti ikan, udang, dan cumi, serta lauk pauk sederhana seperti telur, tempe, dan sosis.

Harga jualnya pun beragam. Rice bowl dengan piliha menu ayam misalnya bisa kamu dapatkan dengan harga mulai Rp 15 ribuan. Sementara itu menu rice bowl Rp10 ribuan biasanya didominasi oleh menu yang lebih murah, misalnya telur, jamur, atau ayam namun dalam porsi yang lebih sedikit.

Apa saja sih, menu rice bowl kekinian yang saat ini lagi banyak dicari dan ngetrend? Berikut Diadona coba rangkum dari berbagai sumber.

 

1 dari 9 halaman

Rice Bowl Ikan Dori

Menu Rice Bowl Kekinian - Ricebowl Ikan Dori© 2024 instagram.com/teamingxauntie/

Menu rice bowl kekinian yang bisa kamu coba adalah rice bowl ikan dori. Sensasi daging ikan dori yang lembut dan dipadukan dengan balutan tepung yang krispi bisa jadi perpaduan yang sempurna.

Agar semakin menambah cita rasa, rice bowl ikan dori cukup fleksibel dan cocok dipadukan dengan berbagai macam sambal, mulai dari sambal matah, sambal bawang, sambal dabu dabu, dan masih banyak lagi. Buat kamu yang lagi nggak mood makan sambal, padukan dengan saus keju juga bisa, kok!

Rice Bowl Telur Krispi

Menu Rice Bowl Kekinian - Rice Bowl Telur Krispi© 2024 instagram.com/dailybrewbogor/

Menu rice bowll kekinian yang satu ini cocok buat kamu yang lagi mau makan enak tapi dalam budget yang nggak perlu menguras kantong. Cara pembuatannya juga nggak ribet, kamu cuma perlu membalut telur yang sebelumnya sudah digoreng dengan tepung krispi dan menggorengnya lagi. 

Telur krispi tersebut juga bisa kamu geprek atau biarkan saja sesuai selera. Sajikan dengan sambal kesukaanmu, misalnya sambal bawang, sambal korek, atau sambal matah agar semakin maknyus.

Rice Bowl Rendang

Menu Rice Bowl Kekinian - Rice Bowl Rendang© 2024 instagram.com/balinights_nz

Siapa sangka kalau makanan tradisional legendaris Indonesia yang satu ini bisa disajikan sebagai menu rice bowl kekinian? Yup, saat ini ternyata sudah mulai banyak yang menyediakan menu rice bowl rendang, loh!

Satu mangkok rice bowl bisa kamu isi dengan nasi, daging dengan bumbu rendang, kuah rendang, daun singkong, wortel dan buncis, serta pelengkap seperti sambal balado merah atau sambal hijau. Pastinya bakal dicari banget sama pecinta rendang yang nggak mau ribet, deh!

2 dari 9 halaman

Rice Bowl Sarden

Menu Rice Bowl Kekinian - Rice Bowl Sarden© 2024 instagram.com/onegoodmeal.a.day/

Sarden kalengan yang biasa dijual di pasaran bisa kamu modifikasi dalam bentuk rice bowl yang ekonomis, loh! Tambahkan saus seperti saus tomat, sambal, bumbu rica-rica, dan lain-lain ketika menumis ikan sarden agar menambah cita rasanya.

Untuk melengkapi zat protein yang ada dalam ikan, kamu bisa menambahkan sayuran hijau yang kaya akan vitamin dan telur agar menambah kesan bergizi pada rice bowlmu.

Rice Bowl Gyudon

Menu Rice Bowl Kekinian - Rice Bowl Gyudon© 2024 instagram.com/hibikimedan

Menu rice bowl kekinian satu ini cukup terkenal karena menjadi menu andalan di salah satu gerai rice bowl cepat saji di Indonesia. Gyudon sendiri merupakan menu yang berisikan nasi, daging sapi bagian perut, dan potongan bawang bombay yang dimasak dengan gula dan kecap asin.

Perpaduan rasa manis dan asin membuat menu yang satu ini cukup unik. Nah, karena cukup populer saat ini dan bahannya cukup mudah ditemukan, rice bowl yang satu ini bisa masuk list menu kamu, nih!

Rice Bowl Salmon

Menu Rice Bowl Kekinian - Rice Bowl Salmon© 2024 instagram.com/lets.guri/

Bosan dengan olahan salmon yang gitu-gitu aja? Kamu bisa coba mengolah salmon menjadi rice bowl yang kekinian. Nggak perlu ribet, kamu bisa kombinasikan salmon yang telah ditumis dengan bumbu dan saus teriyaki atau sambal matah sesuai selera.

Setelahnya, kamu bisa tambahkan sayuran dan hiasan seperti biji wijen agar rice bowl salmon kamu semakin menarik dilihat.

3 dari 9 halaman

Rice Bowl Ayam Suwir Kemangi

Menu Rice Bowl Kekinian - Rice Bowl Ayam Suwir Kemangi© 2024 instagram.com/dapurkave

Kombinasi ayam suwir yang lembut dengan aroma segar daun kemangi menciptakan rasa yang unik dan memikat. Ayam suwir kemangi juga relatif mudah dan cepat dibuat, jadi bisa distok dalam jumlah banyak.

Rice Bowl Salad Seafood

Menu Rice Bowl Kekinian - Rice Bowl Seafood Salad© 2024 shutterstock.com/Anton Kor

Salad seafood adalah hidangan perpaduan antara udang, seafood, sayuran dan dressing. Rice bowl salad sayuran bisa jadi camilan, makanan pembuka, atau makanan ringan buat diet.

Rice Bowl Lidah Sambal Ijo

Menu Rice Bowl Kekinian - Lidah Sambal Ijo© 2024 instagram.com/mangkokku_id

Kepikiran nggak sih bikin menu rice bowl dari makanan tradisional Indonesia? Lidah sambal ijo terasa menggugah selera karena perpaduan antara gurih, pedas dan juga sedikit manis. Trus ditambah dengan tekstur yang lembut dan kenyal, yang memberikan pengalaman makan yang berbeda dibandingkan dengan daging sapi biasa.

Rice Bowl Kekinian - Endog Burger Mayo

Menu Rice Bowl Kekinian - Endog Burger Mayo© 2024 instagram.com/mangkokku_id

Nah, menu rice bol dari brand Mangkokku ini juga bisa banget kamu tiru! Nasi hangat berpadu dengan telor trus ditambah dengan daging burger slice dengan lapisan mayo dan taburan daun bawang yang wangi.

Rice Bowl Ayam Saus Gulai

Menu Rice Bowl Kekinian - Ayam Bumbu Gulai© 2024 instagram.com/mangkokku_id

Ada juga variasi menu rice bowl dari sajian nusantara, yakni ayam bumbu saus gulai. Sajian ini adalah perpaduan ayam goreng tepung yang juicy tapi garing di luar, dengan bumbu gulai yang kaya dan kompleks.

4 dari 9 halaman

Rice Bowl Cumi Pedas

Menu Rice Bowl Kekinian - Ricebowl Cumi Pedas© 2024 instagram.com/ayamgrxcumacumi/

Selain ikan, cumi bisa jadi opsi lain dari olahan laut yang saat ini cukup banyak disajikan dalam bentuk rice bowl. Cukup tumis daging cumi yang sudah dibersihkan bagian tintanya dan dipotong-potong terlebih dahulu, lalu tambahkan rasa pedas sesuai selera.

Biasanya nih, rice bowl cumi pedas disajikan dengan telur yang bisa semakin memanjakan lidah dan mengenyangkan perut. Kamu bisa buat telur dadar atau telur mata sapi yang sesuai sama kesukaan kamu, ya!

Rice Bowl Ayam Mentai

Menu Rice Bowl Kekinian - Rice Bowl Ayam Mentai© 2024 instagram.com/coffeegrounds.jkt/

Saat ini, ayam mentai menjadi salah satu menu olahan ayam khas Jepang yang cukup populer dan disukai banyak orang Indonesia. Ayam mentai yang biasanya disajikan dalam aluminium tray sekarang bisa kamu olah dalam bentuk menu rice bowl kekinian.

Sajikan nasi hangat di bagian dasar dan tambahkan ayam yang telah dimasak dengan saus mentai. Kamu juga bisa menambahkan keju mozzarella yang telah dilelehkan dan garnish berupa potongan nori agar semakin menambah nuansa Jepang.

5 dari 9 halaman

Rice Bowl Ayam Saus Madu

Menu Rice Bowl Kekinian - Rice Bowl Ayam Saus Madu© 2024 instagram.com/idaayuaricahyani

Nah, menu rice bowl satu ini direkomendasikan banget buat yang suka sama cita rasa manis. Ayam fillet yang lembut dan dibalut tepung krispi yang renyah serta saus madu yang manis, siapa sih yang bisa menolak?

Jangan khawatir, rasa manis dari madunya nggak bakalan bikin kamu merasa kemanisan banget karena menyatu dengan bumbu ayam yang gurih. Selain itu, kamu juga bisa tambahkan biji wijen dan potongan-potongan sayur untuk menambah kuantitas rice bowl kamu.

Rice Bowl Tuna Mayo

Menu Rice Bowl Kekinian - Rice Bowl Tuna Mayo© 2024 instagram.com/fire_and_brimstone/

Ikan tuna biasa menjadi andalan buat yang nggak mau ribet karena bisa dikreasikan jadi berbagai macam olahan. Salah satunya adalah kreasi ikan tuna dalam bentuk rice bowl yang dipadukan dengan saus berbahan dasar mayonnaise. 

Kamu bisa memakai ikan tuna kalengan atau daging tuna fillet yang dipotong dadu. Setelahnya, tambahkan saus mayonnaise diatasnya. Kamu juga bisa menambahkan potongan nori untuk menambahkan nuansa Jepang pada rice bowlmu.

6 dari 9 halaman

Rice Bowl Beef Black Pepper

Menu Rice Bowl Kekinian - Rice Bowl Beef Black Pepper© 2024 instagram.com/luis_widarto

Menu rice bowl kekinian yang nggak kalah lezat lainnya adalah rice bowl beef black pepper yang satu ini. Menu yang biasa kamu temukan di kafe atau restoran dengan harga fantastis bisa kamu olah dalam bentuk rice bowl yang minimalis.

Dengan memadukan tumis daging sapi yang empuk serta bumbu lada hitam yang pedas, cita rasanya pasti akan memanjakan lidah yang melahapnya. Buat pelengkapnya, kamu juga bisa menambahkan potongan bawang bombay juga, ya!

Rice Bowl Sosis Teriyaki

Menu Rice Bowl Kekinian - Rice Bowl Sosis Ayam Teriyaki© 2024 instagram.com/barbequewithbuki/

Menu rice bowl kekinian selanjutnya juga identik banget sama Jepang. Meskipun begitu, bahan dasarnya yang berupa sosis membuat kreasi rice bowl yang satu ini bisa dibilang cukup unik.

Sosis yang bisa ditemukan dengan mudah akan terkesan makin lezat ketika dipadukan dengan saus teriyaki khas Jepang yang punya cita rasa oriental asin dan manis. Rasanya pasti nggak kalah sama olahan teriyaki yang dipadukan dengan daging ayam atau sapi. Selain itu, harganya juga bsia dipatok lebih murah dibanding rice bowl dengan ayam.

7 dari 9 halaman

Rice Bowl Udang Saus Tiram

Menu Rice Bowl Kekinian - Rice Bowl Udang Saus Tiram© 2024 instagram.com/sbsfood/

Saus tiram yang identik dengan rasa asin yang dominan bisa kamu coba kombinasikan dengan udang dalam menu rice bowl kekinian. Daging udang yang punya hint rasa manis tentunya cocok kalau akan diolah dengan saus tiram.

Meskipun terdengar sederhana, tetapi rice bowl yang satu ini cukup banyak diminati karena daging udang yang cukup juicy dan sensasi saus tiram yang melengkapi cita rasa masakan ini.

Rice Bowl Oyakodon

Menu Rice Bowl Kekinian - Rice Bowl Oyakodon© 2024 instagram.com/hellosundayindonesia/

Olahan ayam dan telur dalam mangkuk ini bisa masuk list menu rice bowl kekinian yang patut kamu coba. Cara mengolahnya juga cukup unik, yakni merebus ayam, telur, irisan daun bawang sehingga berbentuk seperti sup yang dipadukan dengan kecap dan kaldu. 

Nah, bahan-bahan tersebut kemudian baru dituang di atas nasi, sehingga nantinya nasi akan benar-benar tertutup. Jadi, menu rice bowl kekinian yang unik ini bisa kamu pertimbangkan nantinya.

8 dari 9 halaman

Rice Bowl Tempe Balado

Menu Rice Bowl Kekinian - Rice Bowl Tempe Balado© 2024 instagram.com/friel_sit/

Tempe memang sudah biasa menjadi alternatif makanan yang bisa diolah meskipun dalam keadaan kantong kering sekalipun. Siapa sangka kalau ternyata tempe juga bisa diolah dalam bentuk rice bowl yang lezat? 

Kamu bisa padukan tempe yang telah dipotong bite size dengan bumbu balado yang pedas. Agar semakin mantap, kamu bisa menyajikan rice bowl tempe balado ini dengan tumis sayur ala teppanyaki yang sedap.

Rice Bowl Ebi Furai Asam Manis

Menu Rice Bowl Kekinian - Rice Bowl Ebi Furai Asam Manis© 2024 instagram.com/bizzicoffee

Daging udang yang juicy dan dibalut dengan tepung krispi ala Jepang ini bisa kamu coba dalam bentuk menu rice bowl kekinian. Kalau ebi furai biasanya disajikan dengan mayonnaise, kamu bisa kreasikan rice bowl ini dengan saus asam manis yang banyak digunakan dalam masakan Indonesia.

Selain itu, kamu bisa tambahkan scrambled egg yang lembut untuk menambah cita rasa rice bowl yang satu ini.

Cukup banyak juga, ya, menu rice bowl kekinian yang lagi ngetrend dan dicari! Apalagi semuanya mudah dicoba karena pembuatannya yang simpel dan nggak ribet, serta nggak perlu bahan yang memutar otak. Kira-kira, menu mana nih yang bakalan segera kamu eksekusi? 

Penulis : Aimee Mayza Aulia

9 dari 9 halaman

Beri Komentar