Nikmati Manfaat Jamur Tiram Putih Lewat 5 Resep Ini, Biar Olahannya Nggak Cuma Digoreng

Reporter : Wuri Anggarini
Selasa, 4 Februari 2020 19:00
Nikmati Manfaat Jamur Tiram Putih Lewat 5 Resep Ini, Biar Olahannya Nggak Cuma Digoreng
Apa saja sih sajian lezat yang bisa dicoba untuk mendapatkan manfaat jamur tiram putih?

Bingung mencari bahan makanan yang bisa diolah menjadi lauk hingga kudapan? Comot saja sebungkus jamur tiram yang dapat matang dengan cepat sehingga mudah untuk diolah menjadi berbagai menu sehat dan lezat.

Jamur tiram sendiri telah digunakan selama ribuan tahun, terutama di Asia, sebagai bahan kuliner dan obat. Dengan bentuk melebar menyerupai tiram, jamur bernama latin Pleurotus ostreatus ini dapat ditemukan tumbuh di alam liar seperti pohon mati atau batang kayu yang tumbang. Jamur berbentuk kipas ini memiliki variasi warna yang unik seperti abu-abu, biru, merah muda hingga kuning, tapi jamur tiram putih paling banyak ditemukan di pasaran.

Teksturnya yang lembut dan bebas alot membuat jamur tiram sering jadi pilihan menu sehari-hari. Kebanyakan digoreng dalam balutan tepung hingga renyah, masih ada banyak cara untuk mendapatkan manfaat jamur tiram putih dengan mengolahnya menjadi beberapa resep berikut.

1 dari 8 halaman

Lumpia Jamur

©Shutterstock

Siapa yang bisa menolak godaan lumpia yang berwarna keemasan dan teksturnya garing. Dengan berbagai isian yang padat, camilan yang satu ini lumayan mengenyangkan. Selain berisi sayuran dan bihun, coba tambahkan jamur tiram yang bikin rasanya semakin lezat.

Pertama, tumis bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih dan merica. Setelah muncul aroma yang harum, masukkan jamur tiram cincang dan aduk hingga berubah warna dan mengeluarkan air. Tambahkan telur orak arik dan bumbui dengan kecap manis, kecap ikan, gara dan gula pasir. Aduk lalu masukkan bihun dan masak hingga bumbu meresap.

Ambil kulit lumpia lalu letakkan beberapa sendok makan isian lalu lipat seperti amplop sambil dipadatkan. Rekatkan ujungnya dengan putih telur lalu goreng dalam minyak panas hingga warnanya keemasan.

2 dari 8 halaman

Pepes Tahu Jamur

Pepes menjadi salah satu kuliner khas Jawa yang digemari karena rasanya yang lezat saat disantap bersama nasi putih hangat. Kali ini, olah jamur tiram putih dan tahu menjadi pepes, lengkap dengan berbagai bumbu yang menggugah selera.

Pertama, siapkan jamur tiram dengan merebusnya lalu dinginkan dan suwir-suwir. Siapkan bumbu halus yang terdiri dari cabe rawit, cabai merah, kemiri, bawang putih, bawang merah, merica, gula pasir, garam dan kunyit. Uleg tahu dan campurkan dengan bumbu halus bersama dengan telor. Campur dengan jamur tiram lalu masukkan kemangi dan teri medan.

Bungkus dengan daun pisang menjadi bentuk memanjang, jangan lupa tambahkan irisan tomat, daun salam dan cabai rawit utuh di dalam pepes. Tutup ujung pepes dengan tusuk gigi lalu kukus selama 15 menit hingga matang. Selain bisa dinikmati langsung, bisa juga memanggangnya terlebih dahulu sebelum dihidangkan.

3 dari 8 halaman

Jamur Bumbu Kuning

©Shutterstock

Bukan hanya ikan dan sayuran yang sedap diolah dalam bumbu kuning, jamur tiram pun bisa dijadikan bahan utamanya. Pertama, suwir-suwir jamur tiram lalu rendam dalam air panas dan garam secukupnya selama 5-10 menit. Tiriskan lalu tumis beserta bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, kemiri, garam dan kunyit.

Biar makin sedap, masukkan juga potongan tomat dan belimbing wuluh lalu masak hingga bumbu meresap. Lauk praktis ini siap disajikan beserta nasi hangat dan pendamping lainnya seperti tempe atau ayam goreng.

4 dari 8 halaman

Sate Jamur Tiram

Sate biasanya identik dengan daging ayam, sapi atau kambing, tapi kini kamu juga bisa menikmati versi vegan dengan memanfaatkan jamur tiram. Cara membuatnya pun cukup mudah karena hanya perlu beberapa bahan saja.

Pertama, potong memanjang jamur tiram lalu kukus hingga agak layu. Peras airnya dan rendam jamur dengan bumbu halus yang terbuat dari bawang putih, gula merah, ketumbar, jintan dan merica. Tambahkan kecap manis dan garam lalu diamkan selama 30 menit hingga 1 jam.

Tusuk jamur tiram ke tusukan sate lalu panggang di wajan anti lengket sambil diolesi bumbu rendaman. Sajikan sate jamur tiram yang sudah matang bersama sambal yang terbuat dari kecap manis, cabai rawit dan irisan bawang merah.

5 dari 8 halaman

Siomay Jamur

©Shutterstock

Sering disajikan sebagai salah satu menu dimsum yang punya banyak penggemar, menikmati siomay berisi potongan jamur tiram ini paling sedap dicelupkan ke dalam saus sambal atau saus kacang yang gurih. Bisa membuat adonan kulitnya sendiri atau menggunakan kulit siomay yang dijual di pasaran.

Untuk isiannya, campurkan tepung terigu dengan sedikit air, aduk rata lalu masukkan cincangan jamur tiram putih, bawang putih, garam dan wortel. Campur hingga menjadi adonan yang rata lalu isikan pada kulit siomay dan bentuk sesuai selera. Kukus hingga matang dan nikmati selagi hangat atau goreng dalam minyak panas hingga kecokelatan.

Ada berbagai resep lezat berbahan jamur tiram putih yang bisa langsung dieksekusi di dapur. Biar citarasanya terjamin lezat, cari jamur yang masih segar. Ciri-cirinya, payung berbentuk kipas yang masih utuh, tidak mengalami perubahan warna, atau berbau busuk.

Dengan menggunakan jamur yang masih segar, bukan hanya rasanya yang sedap tapi juga mendapatkan manfaat jamur tiram putih yang maksimal bagi kesehatan. Dalam satu cangkir jamur tiram mengandung 28 kalori dan kurang dari 1 gram lemak. Dikenal rendah lemak, jamur tiram putih memberikan 2 gram serat, 3 gram protein, dan dapat membantu memenuhi 8 persen dari kebutuhan harian kalium, vitamin B6 dan Folat.

6 dari 8 halaman

Bezi

©Shutterstock

Zat besi memiliki peran penting dalam membawa oksigen melalui media darah ke seluruh jaringan tubuh. Selain itu, kecukupan zat besi penting untuk mempertahankan sistem kekebalan tubuh. Tidak harus mengonsumsi suplemen penambah darah, manfaat jamur tiram putih dapat memberikan 12 persen dari kebutuhan harian zat besi untuk pria dan 6 persen untuk perempuan.

7 dari 8 halaman

Vitamin D

Jamur merupakan salah satu dari sumber vitamin D. uniknya, manfaat jamur tiram putih yang satu ini berasal dari zat ergosterol yang berubah menjadi vitamin D karena terkena sinar ultraviolet. Kecukupan vitamin D dalam tubuh dapat membantu melindungi kesehatan jantung dengan menurunkan tekanan darah.

Jumlah vitamin D bervariasi tergantung pada lamanya paparan sinar ultraviolet yang didapat jamur tiram. Menurut USDA Nutrient Data Laboratory, dalam 1 cangkir jamur tiram mengandung 25 IU yang dapat memenuhi 4 persen dari kebutuhan harian yang direkomendasikan.

8 dari 8 halaman

Antioksidan

©Shutterstock

Dibandingkan dengan jenis jamur lainnya, jamur tiram putih termasuk sumber antioksidan terbaik. Manfaat jamur tiram putih yang satu ini diperoleh dari ergothioneine, antioksidan unik yang hanya dimiliki jamur dan secara signifikan melindungi sel-sel tubuh.

Bahkan menurut penelitian yang diterbitkan Journal of Medicinal Food pada November 2010 menyimpulkan jika ergothioneine dapat mencegah penyakit jantung akibat penyumbatan plak di pembuluh darah. Dalam 3 ons sajian jamur tiram terdapat 13mg ergothioneine dan hebatnya lagi proses pemasakan tidak akan mengurangi atau memasak kadarnya.

Selain digoreng, ada banyak cara untuk menikmati manfaat jamur tiram putih buat kesehatan. Selamat mencoba!

Beri Komentar