© Jiwa Group
Lima tahun hadir mengisi ruang gaya hidup masyarakat, Janji Jiwa terus meluncurkan inovasi terkini dan menebar kebahagiaan serta keseruan melalui secangkir kopi yang dibuat dengan penuh ‘rasa’. Di usia yang baru, Janji Jiwa memperkenalkan logo dan konsep outlet yang baru, serta menghadirkan “Mobile Coffee Cart: Kopi Sejuta Jiwa (KSJ)” untuk semakin memudahkan para pelanggan merasakan nikmatnya kopi Janji Jiwa.
Billy Kurniawan, CEO dan Founder Jiwa Group, mengungkapkan, “ Konsep fresh-to-cup dalam menyajikan pilihan kopi lokal Indonesia telah kami bawa lewat gerai kopi 'Grab & Go' Janji Jiwa sejak lima tahun lalu. Dalam perjalanan Janji Jiwa di tahun ke-5 ini, Janji Jiwa menyadari bahwa dalam keseharian masyarakat Indonesia, mereka membutuhkan excitement atau keseruan baru di setiap harinya.
“ Oleh karena itu, Janji Jiwa hadir dengan satu janji baru “ Keseruan Baru Tiap Hari” yang ditunjukkan melalui perayaan perjalanan Janji Jiwa yang kelima lewat logo yang semakin dinamis, serta konsep outlet yang lebih kekinian. Tak hanya itu, kami juga menghadirkan “ Mobile Coffee Cart: Kopi Sejuta Jiwa” sebagai inovasi terbaru dari Janji Jiwa untuk melayani segmen pasar yang lebih luas dengan menghadirkan sajian minuman kopi yang berkualitas.” tambah Billy.
Janji Jiwa kini sudah memiliki lebih dari 900 outlet yang tersebar di lebih dari 100 kota dan kabupaten di Indonesia. Keseluruhan outlet ini didominasi oleh Kopi Janji Jiwa dengan lebih dari 900 outlet, dengan lebih dari 400 outlet menawarkan Jiwa Toast.
Dalam perayaan ulang tahun kelima, Janji Jiwa menghadirkan logo baru yang diberi julukan Pinky dengan visualisasi jari kelingking atau yang biasa disebut pinky finger. “ Visual jari kelingking ini dipilih karena ‘hubungan janji’ yang biasanya disimbolkan dengan gestur jari kelingking, dan diimbangi dengan tampilan palet warna baru yang memberikan kesan gembira seperti warna merah muda (pink) dan ungu yang terinspirasi dari warna asli buah ceri kopi"
" Perpaduan warna yang kontras merupakan manifestasi semangat dan keseruan dalam menghadapi berbagai tantangan dan rasa bosan yang kerap muncul. Kami berharap hubungan antara Janji Jiwa dan logo Pinky ini akan selalu diingat masyarakat dan dapat mewakili komitmen Janji Jiwa untuk terus membawa keseruan serta inovasi baru mengikuti tren yang ada,” ujar Billy.
Selain memperkenalkan logo baru dalam perayaan ulang tahun kelima ini, Janji Jiwa juga menghadirkan outlet berkonsep baru yang mengedepankan offline experience dengan design outlet yang lebih exciting sesuai dengan konsep baru Janji Jiwa untuk memberikan pengalaman baru bagi setiap pelanggan.
Konsep baru Janji Jiwa akan difokuskan pada pembaharuan consumer journey mulai dari cara pemesanan produk (melalui self service kiosk), pengambilan produk (melalui restaurant paging system) dan melengkapi pengalaman menikmati produk (dengan inovasi pada packaging dan menu pilihan).
Kemudian, Janji Jiwa juga menghadirkan berbagai menu yang jauh lebih beragam seperti menghadirkan JOE Series (“ Jiwa Origin Espresso”) yang menggunakan biji kopi pilihan dan hanya tersedia di outlet konsep baru, hingga varian non-kopi lainnya. Dalam konsep terbaru ini, Janji Jiwa juga menghadirkan lebih banyak pilihan menu makanan kategori quick serve meal mulai dari Toast, Bakmie, Nasi, cemilan (seperti singkong goreng, pisang goreng), sampai hidangan penutup (seperti Ice Cream).
Bersamaan dengan rebranding ini, Janji Jiwa juga turut memperkenalkan salah satu inovasi cup baru Janji Jiwa yang berbahan r-PET (recycled polyethylene terephthalate). Dengan menggunakan cup berbahan r-PET Janji Jiwa dapat mengurangi angka penggunaan plastik murni setidaknya 200 ton per tahun. Hal ini merupakan komitmen Janji Jiwa untuk mengurangi limbah plastik melalui kerjasama dengan partner-partner strategis dalam pengelolaan limbah.
Ulang tahun yang kelima ini juga menandai peluncuran “ Mobile Coffee Cart: Kopi Sejuta Jiwa” untuk menyentuh para pecinta kopi yang lebih luas. Sebanyak 50 sepeda berdaya listrik yang ramah lingkungan akan berkeliling menjangkau para pelanggan dan menawarkan produk-produk unggulan, baik kopi maupun non-kopi, dengan harga yang terjangkau mulai dari Rp8.000 hingga Rp10.000.
Tujuannya adalah untuk mendukung masyarakat menjadi pelaku UMKM, Janji Jiwa menerapkan pendekatan melalui bentuk kemitraan yang akan bekerja sama dengan local partners dalam mendukung kegiatan operasional bagi mitra Kopi Sejuta Jiwa. Janji Jiwa memiliki misi untuk dapat mencapai total satu juta Mitra mobile yang dapat melakukan wirausaha mandiri lewat program kemitraan Kopi Sejuta Jiwa dan mendorong setiap pelaku UMKM untuk dapat menjadi pengusaha kopi yang andal melalui pembinaan yang akan dilakukan secara berkala oleh Jiwa Group kepada setiap mitra.
Terakhir, Billy mengungkapkan jika berbagai inovasi yang mereka hadirkan ini adalah cara untuk lebih mendekatkan diri pada pelanggan dan memberikan pengalaman yang lebih bervariasi. Ia ingin Janji Jiwa lebih dari sekedar sebuah brand kopi yang selalu hadir untuk membawa semangat positif dalam setiap momen pelanggan.