Resep Apem Goreng, Kue Tradisional yang Empuk, Kenyal, dan Legit Cocok Buat Camilan Keluarga Nih!

Reporter : Arifina
Selasa, 14 Mei 2024 10:07
Resep Apem Goreng, Kue Tradisional yang Empuk, Kenyal, dan Legit Cocok Buat Camilan Keluarga Nih!
Rasa empuk dan kenyal yang khas apem ini nikmat banget ya!

Ingin buat jajanan tradisional? Resep apem goreng ini bisa jadi pilihan yang tepat lho!

Ya, apem goreng adalah salah satu kudapan tradisional yang populer di Indonesia, khususnya di wilayah Jawa. Hadir dengan cita rasa yang manis dengan teksturnya yang empuk dan kenyal membuatnya disukai banyak orang.

Biasanya, apem goreng menjadi sajian khusus acara bulan Suro atau peringatan 1 Muharam (Tahun Baru Islam). Sajian ini bersanding engan bubur Suro yang khas.

Bentuk dari apem goreng ini hampir mirip dengan serabi. Tapi, apem terbuat dari tepung beras dan teksturnya lebih ringan.

 

1 dari 6 halaman

Resep Apem Goreng

Kue apem goreng juga biasa dikenal dengan sebutan apem Jawa. Berbeda dengan apem kukus, hidangan jadul ni dibuat dengan digoreng dengan sedikit minyak di wajan, Teflon, atau cetakan bulat khusus apem dan seakan menghasilkan cita rasa khas bau gosong yang lezat.

Meski menjadi ciri khas hidangan di bulan Suro, olahan kue satu ini juga bisa dinikmati untuk menu camilan keluarga sehari-hari lho! Kamu bisa membuatnya dengan mudah hanya dengan bahan-bahan sederhana. Simak resepnya berikut!

 

2 dari 6 halaman

Resep Apem Goreng

Sajian kue apem ini dibuat dengan bahan Utama tepung beras dan tape singkong. Kedua bahan ini disatukan untuk menghasilkan cita rasa yang khas dan lezat.

Pastikan kamu menggunakan bahan berkualitas ya. Sehingga, hasil olahan kue yang dibuat lebih nikmat.

Bahan-Bahan:

  • 500 gram tepung beras
  • 200 gram tape singkong
  • 200 gram gula merah (sisir halus)
  • 250 ml air kelapa
  • 500 ml santan
  • 2 sdt ragi instan
  • 1/2 sdt garam
  • Gula pasir secukupnya
  • Minyak goreng

 

3 dari 6 halaman

Cara Membuat Apem Goreng

Resep Apem Goreng

Langkah awal untuk membuat kue apem goreng, siapkan tape singkong berkualitas dan segar. Kemudian, haluskan dengan meremas-remas tape menggunakan tangan hingga halus.

Tambahkan gula merah yang sudah disisir dalam tape singkong dan ragi instan. Remas-remas kembali hingga tercampur rata.

Masukkan tepung beras sedikit demi sedikit sambal diaduk-aduk hingga tercampur sempurna. Kemudian, tuangkan air kelapa sambal uleni donan menggunakan tangan hingga tercampur.

 

4 dari 6 halaman

Tambahkan santan, lalu aduk-aduk kembali sampai semua bahan tercampur dengan aik. Tambahkan juga gula pasir, dan garam, aduk rata.

Setelah tercampur sempurna, diamkan adonan minimal 1 jam. Ini untuk membuat adonan mengembang sempurna.

Bila sudah satu jam, panaskan cetakan apem dan beri sedikit minyak. Tuang adonan apem ke dalam cetakan, tunggu hingga bagian tasnya berlubang, masak hingga matang, tiriskan.

Lakukan hingga semua adonan habis, maka kue apem goreng siap disajikan sebagai pendamping minum teh hangat atau kopi nih!

 

5 dari 6 halaman

Resep Apem Goreng

Bila kamu ingin cara yang lebih simple, proses menggoreng apem ini bisa dilakukan menggunakan teflon lho! caranya, panaskan teflon, beri minyak sedikit saja dan pakai api kecil.

Lalu, ambil adonan apem sebanyak 1 sendok sayur dan tuangkan ke dalam teflon. tutup teflon selama kurang lebih 5 menit, buka kembali dan balik adonan, masak hingga berwarna kecoklatan, angkat.

Mudah sekali bukan cara buatnya? Itulah resep apem goreng yang bisa kamu recook di rumah untuk menu camilan keluarga atau hidangan acara besar. Selamat mencoba ya!

Beri Komentar