Resep Bolang Baling untuk Jualan, Kue Jadul Super Empuk, Lezat, Garing, dan Menggugah Selera Banget!

Reporter : Arifina
Jumat, 10 Mei 2024 10:17
Resep Bolang Baling untuk Jualan, Kue Jadul Super Empuk, Lezat, Garing, dan Menggugah Selera Banget!
Udah pernah cobain dong pastinya? Kue super empuk ini bikinnya gak sulit lho!

Cari referensi ide usaha? Resep bolang baling untuk jualan ini bisa jadi pilihan yang tepat lho!

Ya, kue bolang baling atau dikenal uga sebagai kue bantal, odading, hingga roti goreng ini salah satu jajanan yang cukup populer. Masyarakat Indonesia tentunya sudah tak asing dengan jajanan yang banyak dijual di pinggir jalan ini.

Terbuat dari bahan-bahan sederhana, namun bolang baling memiliki cita rasa yang menggugah selera. Olahan camilan satu ini menjadi pilihan yang tepat untuk dijual dan dipasarkan di berbagai tempat.

Biasanya, bolang baling banyak diburu untuk disantap dengan teh atau kopi hangat. Kue goreng khas Bandung ini bentuknya mirip kue bantal.

 

1 dari 7 halaman

Resep Bolang Baling untuk Jualan

Kamu bisa menjumpai kue ini dijual bersama cakwe, odading yang bertabur biji wijen putih yang membuatnya semakin nikmat untuk disantap. Tapi, jika ingin membuatnya sendiri di rumah tidaklah sulit.

Selain untuk camilan harian kamu bisa menjadikan bolang baling sebagai ide jualan yang menarik. Apalagi, olahan kue satu ini dapat dikreasikan dengan berbagai topping dan rasa.

Memang menikmati versi bolang baling original sudah nikmat. Tapi, dengan kreasi aneka rasa seperti coklat, keju, hingga topping menarik seperti wijen, keju, gula halus, dan lainnya akan lebih menggugah selera bukan?

Simak resepnya berikut yuk!

 

2 dari 7 halaman

Resep Bolang Baling untuk Jualan

Cita rasa khas dari kue bolang baling ini adalah super embut di bagian dalamnya, namun juga nyah di luar. Resep kue kali ini adalah versi bolang baling original. Tapi, kamu bebas berkreasi dengan berbagai variasi rasa menarik untuk dijual lho!

Untuk membuat kue bantal ini tidak butuh bahan yang banyak dan tak begitu memakan waktu. Persiapkan bahan-bahan berkualitas agar hasil olahan kue empuk satu ini lezat ya!

Bahan-Bahan:

  • 500 gram tepung terigu
  • 2 butir telur
  • 2 sdm ragi instan
  • 200 gram gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 200 ml air hangat
  • wijen putih
  • Minyak goreng

 

3 dari 7 halaman

Cara Membuat Bolang Baling untuk Jualan

Resep Bolang Baling untuk Jualan

Siapkan wadah, kemudian mulai campurkan tepung terigu, gula pasir, ragi instan, dan garam. Aduk-aduk cukup menggunakan whisk atau spatula sampai benar-benar tercampur rata.

Terpisah, pecahkan telur dalam mangkok dan kocok lepas. Untuk hasil kue bolang baling yang lezat, jangan mengocok telur terlalu lama ya.

Setelah itu, masukkan kocokan telur ke campuran tepung. Aduk-aduk hingga tercampur rata.

 

4 dari 7 halaman

Tuangi air hangat secara perlahan sedikit demi sedikit sambal uleni adonan kue dengan tangan. Pastikan menguleni sampai adonan benar-benar tercampur sempurna dan kalis.

Diamkan adonan dalam wadah tertutup sampai mengembang sekitar 30 menit. Baru setelahnya bentuk adonan menjadi kue bolang baling yang mengembang.

Ambil sedikit adonan, lalu bulatkan atau bentuk seperti kue bantal. Letakkan di loyang, beri taburan biji wijen di atasnya. Ulangi hingga semua adonan habis.

5 dari 7 halaman

Resep Bolang Baling untuk Jualan

Panaskan minyak di wajan, lalu goreng kue bolang baling hingga berwarna coklat keemasan. Angkat, lalu tiriskan dan kue siap disajikan selagi hangat.

Jika ingin menambah variasi rasa yang lebih lezat, kamu bisa menyiapkan isian pasta coklat, strawberry, red velvet, keju, vanilla, dan lainnya.

Bolongi saja salah satu sisinya sedikit, lalu masukkan isian rasa-rasa yang diinginkan. Baru siap dijual dan disajikan selagi hangat.

 

6 dari 7 halaman

Cara lainnya, kamu juga cukup memberi varian rasa di bagian atas kue bolang baling seperti hiasan. Bila tak ditaburi wijen putih, kamu juga bisa menyajikan kue dengan taburan gula halus yang legit.

Itulah resep bolang baling untuk jualan yang bisa kamu jadikan ide usaha menarik. Kreasikan sesuai keinginanmu untuk menggaet pembeli ya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar