Resep Bolu Tape Panggang 6 Telur, Kue Jadul Super Lembut dan Legit Cocok untuk Teman Ngeteh

Reporter : Arifina
Rabu, 8 Mei 2024 12:17
Resep Bolu Tape Panggang 6 Telur, Kue Jadul Super Lembut dan Legit Cocok untuk Teman Ngeteh
Bolu tape legit begini bisa jadi camilan keluarga yang nikmat!

Cari referensi olahan kue? Resep bolu tape panggang 6 telur ini bisa jadi pilihan yang tepat.

Bolu tape adalah salah satu kue klasik yang difavoritkan banyak orang. Teksturnya yang lembut, rasa manis legit sedikit asam dari tape singkong, dan aroma khas begitu menggoda untuk dinikmati.

Kue jadul ini pilihan yang tepat untuk dinikmati sebagai pendamping minum teh hangat di sore hari nih!

Kue bolu tape panggang ini miliki tekstur yang mirip dengan buttercake, padat tetapi juga moist saat digigit. Kamu bisa berkreasi dengan berbagai variasi bentuk kue bolu yang diinginkan.

Bisanya, bolu tape dihidangkan secara original ataupun dengan tambahan berbagai toping yang lezat. Misalnya, menggunakan topping keju parut, kismis, kacang almond, chocochips, dan masih banyak lainnya.

 

1 dari 6 halaman

Resep Bolu Tape Panggang 6 Telur

Nah, untuk membuat olahan kue super lembut satu ini tidaklah sulit. Tentunya kamu harus menyiapkan bahan utamanya yakni tape singkong.

Bahan tersebut sebenarnya sangat mudah dicari karena banyak dijual di pasaran. Banyak orang menikmati tape singkong begitu saja, atau bisa juga dibuat olahan camilan menarik, seperti tape goreng hingga kue bolu ini.

Selain tape singkong, kamu perlu menambahkan dengan aneka bahan kue bolu pada umumnya untuk membuatnya. Yuk, simak resepnya!

 

2 dari 6 halaman

Resep Bolu Tape Panggang 6 Telur

Pastikan bahan tape singkong yang kamu beli masih segar dan berkualitas baik. Hal ini nantinya akan menjadi penentu cita rasa kue bolu lezat atau tidak.

Jika tape yang kamu pilih sudah mengalami kerusakan, bisa dipastikan cita rasanya akan kurang nikmat. Khusus resep satu ini, kamu harus menggunakan 6 butir telur untuk hidangan yang begitu moist.

Bahan-Bahan:

  • 450 gram tape singkong
  • 6 butir telur
  • 380 gram tepung terigu
  • 240 gram gula pasir
  • 1/2 sdt sp
  • 1/2 sdt vanili
  • 1/4 sdt garam
  • 300 gram blueband

 

3 dari 6 halaman

Cara Membuat Bolu Tape Panggang 6 Telur

Resep Bolu Tape Panggang 6 Telur

Panaskan oven terlebih dahulu pada suhu 180 derajat Celsius. Olesi loyang yang akan digunakan dengan mentega dan taburi dengan sedikit tepung terigu, atau gunakan kertas roti agar bolu tidak lengket.

Kemudian, haluskan tape singkong bisa menggunakan garpu atau dilumatkan dengan tangan. Sisihkan terlebih dahulu.

Sembari menunggu oven panas, kocok telur, gula pasir, garam, vanili, dan sp menggunakan mixer hingga mengembang dan berwarna putih. Pastikan gula benar-benar larut.

 

4 dari 6 halaman

Masukkan tape singkong halus ke dalam adonan telur, aduk perlahan hingga tercampur rata. Lalu, tambakan tepung terigu dengan diayak. Aduk secara perlahan hingga tercampur sempurna.

Tambahkan blueband, aduk Kembali dengan rata menggunakan spatula. Tuangkan adonan ke dalam loyang yang sudah disiapkan. Ratakan permukaannya dengan spatula.

Kemudian, panggang kue bolu tape dalam oven yang sudah dipanaskan selama sekitar 40-45 menit atau hingga matang dan permukaannya kecoklatan.

Untuk memastikan kematangan, gunakan tusuk gigi atau lidi. Tusukkan ke bagian tengah bolu, jika tusuk gigi keluar bersih, berarti bolu sudah matang.

 

5 dari 6 halaman

Resep Bolu Tape Panggang 6 Telur

Setelah matang, keluarkan bolu dari oven dan biarkan dingin sebelum dipotong dan disajikan. Potong bolu menjadi beberapa bagian sesuai selera.

Jika ingin menambah variasi rasa dan tekstur, kamu bisa menambahkan tambahan topping lezat untuk adonan kue bolu tape lho! Eeperti keju parut, kismis, atau almond slice di atas bolu sebelum dipanggang.

Itulah resep bolu tape 6 telur yang bisa kamu recook di rumah sebagai hidangan camilan super lembut untuk keluarga nih! Nikmati sebagai pendamping minum teh hangat atau kopi yang lezat ya. Selamat mencoba!

Beri Komentar