Resep Cara Membuat Cilor Makaroni dan Aci Telor Gulung Enak Menggunakan Tusuk khas Bandung

Reporter : Yayuk Harini
Rabu, 5 Februari 2020 20:36
Resep Cara Membuat Cilor Makaroni dan Aci Telor Gulung Enak Menggunakan Tusuk khas Bandung
Ingin makan jajanan murah yang super duper enak? Yuk, coba cilor jajanan khas Bandung ini. Simak resep selengkapnya berikut!

Jajanan cilor atau aci telor yang khas dari Bandung ini merupakan jajanan enak dan murah yang biasa dijual di depan sekolah. Olahan ini terbuat dari tepung aci dengan bumbu halus yang dibulatkan lalu direbus. Setelah itu digoreng dengan telur sebagai luarannya. Tak lupa ditambah saus dan mayones semakin nikmat.

Jika kamu kangen dengan jajanan ini, maka kamu tentunya juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Tenang saja, cara membuatnya cukup sederhana kok. Berikut telah Diadona ulas resep cara membuat cilor sederhana dan mudah. Selamat mencoba!

1 dari 6 halaman

Cara Membuat Cilor Makaroni

Ilustrasi Cilor

Olahan cilor pertama yang wajib kamu coba adalah olahan cilor dengan makaroni. Makaroni yang diipakai sebelumnya harus direbus terlebih dahulu hingga benar-benar empuk. Simak resep selengkapnya cara membuat cilor makaroni berikut ini.

Bahan:
- 2 sdm tepung terigu
- 2 sdm tepung tapioka
- 3 sdm makaroni elbow
- 1 siung bawang putih, geprek
- 1 butir telur
- Secukupnya garam
- Secukupnya merica
- Secukupnya bumbu kentang/bumbu rasa-rasa

Cara membuat cilor makaroni:

  1. Buat acinya dengan cara rebus air secukupnya, masukkan bawang putih yang sudah digeprek, merica dan garam. Campur tepung terigu dan tepung tapioka dalam mangkok. Siram menggunbkan air rebusan tadi sedikit demi sedikit, hingga jadi adonan.
  2. Uleni adonan hingga kalis, dan bentuk jadi aci kotak-kotak kecil. Rebus dan beri minyak sedikit direbusannya supaya tidak menempel.
  3. Rebus juga makaroni ditambah garam sedikit hingga empuk. Tusuk pake garpu untuk cek kematangan. Sisihkan bahan tersebut dan tunggu hingga makaroni dan aci tidak panas dan lembek.
  4. Panaskan minyak dalam penggorengan telor kecil-kecil. Masukkin cilor dan makaroni, jika sudah sedikit kering maka masukkan telor yang sudah dikocok.
  5. Tunggu hingga mateng, baru balik. Masak hingga telor matang dan aci makaroni sedikit kering. Angkat cilor dan bumbui dengan bumbu kentang dan siap disajikan.

2 dari 6 halaman

Cara Membuat Cilor Aci Telor

Ilustrasi Cilor

Cilor aci telor yang gurih dengan bumbu saus mayones sangat cocok dijadikan camilan dan jajanan saat bersantai. Langsung saja simak resep selengkapnya cara membuat cilor aci telor di bawah ini.

Bahan:
- 200 gram tepung tapioka
- 100 gram tepung terigu
- 2 siung bawang putih (haluskan)
- 2 batang daun bawang (iris tipis)
- 200 ml air hangat
- Secukupnya garam & merica
- Secukupnya minyak goreng
- 2 buah telur ayam
- Saus sambal & saus mayonaise

Cara membuat cilor aci telor:

  1. Campurkan tepung tapioka, tepung terigu, dan bawang putih yang sudah dihaluskan. Potongan batang daun bawang dan tambahkan garam secukupnya lalu aduk hingga rata.
  2. Tambahkan air hangat sedikit demi sedikit lalu uleni hingga kalis. Bulatkan adonan seukuran kelereng, lakukakn hingga adonan habis.
  3. Panaskan air dalam panci dan tambahkan minyak goreng secukupnya. Setelah mendidih, masukkan adonan tadi. Masak hingga matang dan mengapung, kemudian sisihkan.
  4. Tusuk cilok dengan menggunakan tusuk sate. lakukan hingga habis. Kocok lepas telur dengan menggunakan garpu. Tambahkan garam dan merica secukupnya.
  5. Rendam cilok yang sudah ditusuk dengan tusukan sate dalam adonan kocokan telur, lalu goreng hingga matang. Cilor enak disajikan dengan saus sambal dan saus mayonaise.

3 dari 6 halaman

Cara Membuat Cilor Tusuk

Ilustrasi Cilor

Cara membuat colir secara umum adalah dengan ditusuk pada tusukan sate untuk memudahkan proses menggoreng setelah dibalur cairan dari kocokan telur yang dibumbui. Yuk simak resep cara membuat cilor tusuk di bawah ini.

Bahan:
- 10 sdm sagu
- 4 sdm terigu
- 1 batang daun bawang iris tipis
- 1 butir telor
- 1 siung bawang putih uleg
- Secukupnya garam
- Secukupnya lada
- Secukupnya air panas
- Secukupnya minyak goreng

Cara membuat cilor tusuk:

  1. Uleni bahan sagu, terigu, daun bawang, bawang putih uleg, garam dan lada dengan air panas sedikit demi sedikit hingga kalis.
  2. Bentuk bulat-bulat lalu rebus dalam air yang mendidih hingga mengapung. Angkat dan tiriskan lalu tusuk dengan tusuk sate.
  3. Kocok telor dan beri garam sedikit lalu masukkan cilok tusuk ke telur hingga rata. Panaskan minyak goreng lalu goreng cilok hingga keemasan. Angkat dan sajikan.

4 dari 6 halaman

Cara Membuat Cilor Bandung

      View this post on Instagram    

NYILOK, kali ini dibuat CILOR, cuma bentuknya lebih ke BANDUNG style, yg ditusuk lalu dicelup ke kocokan telur. hehehe... ???? CILOR ???? #BAHAN_CILOK : - 1 gelas TEPUNG TERIGU - 1 gelas TEPUNG SAGU/TAPIOKA - 1 butir TELUR (PUTIH nya untuk campuran CILOK, KUNINGnya buat isiannya) - AIR HANGAT secukupnya - AIR PANAS untuk merebus beri sedikit MINYAK SAYUR #BUMBU_HALUS : - 1 sdt GARAM - 3 siung BAWANG PUTIH - 1/2 sdt MERICA BUBUK #BAHAN_PENCELUP : - 1 butir telur, kocok lepas Siapkan AIR PANASnya, pakai api kecil, sisihkan. Campur semua BAHAN jadi satu sampai bisa dibentuk, lalu bentuk bulat2 kecil, jangan lupa beri ISIAN kuning telurnya, lalu cemplungkan ke AIR PANAS. Buat sampai semua terbentuk, kalau sudah mengapung, angkat dan tiriskan. Lalu tusuk sesuai jumlah yg diinginkan. Celup ke KOCOKAN TELUR ke seluruh permukaan, kemudian goreng sampai kuning kecoklatan, angkat. Tiriskan. Sajikan bersama sambal kacang, kecap dan saus sambal. #Note : Sambal kacangnya Aq pake sambal sate/gado2 yg dah kemasan Beli di swalayan, yg tinggal tambah air panas ajach. . #cilok #aci #telur #pedes_segeeerrr #ResepCemilan #ResepCilor #Eskafoodies #shareresep #dapurresep #lapermakanenak #ResepCilorBandung #CilorBandung #AciTelor #Love_Cooking????

A post shared by Eska Foody (@eskafoody) on

 

Secara umum, jajanan yang terbuat dari tepung aci merupakan jajanan khas dari Bandung. Tak terkecuali dengan olahan cilor ini. Simak resep cara membuat cilor Bandung berikut.

Bahan:
- 1 gelas tepung terigu
- 1 gelas tepung sagu
- 1 butir telur, ambil putihnya untuk cilok, kuniungnya untuk isian
- Air hangat secukupnya
- Air panas untuk merebus beri sedikit minyak sayur

Bahan bumbu halus:
- 1 sdt garam
- 3 siung bawang putih
- 1/2 sdt merica bubuk

Bahan pencelup:
- 1 butir telur, kocok lepas

Cara membuat cilor Bandung:

  1. Siapkan air panasnya dan gunakan api kecil, sisihkan. Campur semua bahan jadi satu hingga bisa dibentuk, lalu bentuk bulat-bulat kecil. Berikan isian telur dan masukkan dalam air panas.
  2. Buat hingga semua terbentuk, kalau sudah mengapung, angkat dan tiriskan. Tusuk sesuai jumlah yang diinginkan.
  3. Celup ke dalam kocokan telur pada seluruh permukaan, kemudian goreng sampai kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan. Sajikan bersama sambal kacang, kecap dan saus sambal.

5 dari 6 halaman

Cara Membuat Cilor Enak

Ilustrasi Cilor

Menyantap jajanan cilor cocok banget kamu nikmati juga saat jalan-jalan sore dengan pasangan tercinta. Tapi, jika kamu malas untuk keluar rumah, maka kamu juga bisa membuat camilan cilor ini di rumah. Tenang saja, rasanya dijamin nggak kalah enak dengan yang dijual oleh Abang Abang kok. Simak resep cara membuat cilor enak berikut.

Bahan:
- 20 sdm tepung aci
- 10 sdm tepung terigu
- 1 batang daun bawang iris
- 1 butir telor
- 1 bungkus bon cabe
- 1 bungkus royco

Cara membuat cilor enak:

  1. Campurkan tepung terigu, aci, bawang daun, dan royco secukupnya lalu aduk sampai tercampur.
  2. Tuang air mendidih sedikit demi sedikit lalu uleni sampai kalis dan buat bentuk bulat-bulat.
  3. Rebus cilok aci dalam air mendidih yang sudah dicampur minyak sayur sedikit. Sampai matang lalu angkat dan tiriskan.
  4. Tuang semua cilok ke teflon siram minyak sedikit tambahkan telor lalu orak arik lalu taburi secukupnya royco.
  5. Setelah merata cilok terbalut telor, angkat taburi bon cabe dan siap disajikan.

6 dari 6 halaman

Cara Membuat Cilor Gulung

Ilustrasi Cilor

Kamu juga bisa mmebuat variasi cilor dengan cara menggulungnya dengan telur, loh. Penasasran kan bagaimana cara membuatnya? Simak resep selengkapnya cara membuat cilor gulung di bawah ini.

Bahan:
- 2,5 sendok sayur besar tepung tapioka atau sagu
- 1 sendok sayur besar tepung terigu
- 2 buah bawang putih
- 1 batang daun bawang
- 1 buah telur
- Secukupnya merica
- Garam secukupnya
- Penyedap rasa

Cara membuat cilor gulung:

  1. Panaskan air bening. Campur tepung tapioka (sagu), bawang putih halus dan merica serta garam dan penyedap rasa.
  2. Tuang air panas sedikit demi sedikit. Adoni hingga kalis, berikan irisan daun bawang dan koreksi rasa.
  3. Panaskan air dalam panci lalu beri sedikit minyak. Bentuk adonan menjadi bulat bulat sesuai selera.
  4. Masukkan adonan yang sudah terbentuk. Tunggu hingga adonan mengapung. Setelah itu tiriskan cilok, siapkan minyak untuk menggoreng.
  5. Isi tusukan sate dengan 3-5 buah bulatan adonan yang sudah direbus. Goreng sebentar ciloknya, angkat dan tiriskan.
  6. Buat adonan telur gulung dengan cara campur telur dan tepung sagu, beri garam dan penyedap rasa serta tambahkan 100 ml air putih.
  7. Masukan ke wadah, bisa gunakan botol air mineral yang tutupnya sudah dibolongi sebelumnya.
  8. Setelah semua tusuk cilok digoreng sebentar. Tuang telur di atas minyak bekas goreng cilok dan gulung gulung telur dengan cilok.
  9. Arahkan ke bagian wajan tanpa minyak dan tekan-tekan, supaya telur kuat terikat di cilok. Setelah matang bisa dimakan langsung atau tambahkan saus dan kecap untuk cocolannya.

Nah, sudah terbayang kan bagaimana mudahnya cara membuat cilor ini? Yap, tentunya kamu tetap bisa berkreasi dengan beraneka ragam camilan cilor di rumah. Selamat mencoba!

Beri Komentar