Resep Cara Membuat Crepes Mille Garing di Rumah dengan Teflon Tanpa Baking Powder

Reporter : Yayuk Harini
Jumat, 24 Januari 2020 17:24
Resep Cara Membuat Crepes Mille Garing di Rumah dengan Teflon Tanpa Baking Powder
Crepes merupakan jajanan tipis dengan topping dan isian coklat, pisang, keju, selai dan beberapa rasa kekinian lainnya. Kamu juga bisa membuat crepes ini di rumah. Simak resep selengkapnya di bawah!

Crepes merupakan olahan yang terbuat dari bahan dasar tepung terigu yang dimasak di atas teflon datar dengan hasil akhir yang bertekstur crispy dan tipis. Dilansir dari Liputan6, "crepes" dari segi bahasa berarti meringkuk, yang diambil dari bahasa Prancis, "crispa". Bisa dilihat secara umum memang crepes disajikan dengan keadaan yang meringkung dengan taburan topping tertentu.

Banyak sekali olahan crepes yang dijual oleh lapak pedagang di beberapa sudut kota di Indonesia. Olahan ini pun menjadi banyak diminati karena memiliki variasi topping dan isian yang beragam. Rasa manis dan crispy dari crepes ini menjadikannya idola bagi pencinta jajanan. Jika kamu biasanya menikmati crepes dengan membeli di pedagang pinggir jalan atau di beberapa kedai olahan dan resto serta cafe, maka nggak ada salahnya kamu mencoba membuat olahan crepes sendiri di rumah. Daripada penasaran yang berkelanjutan, yuk simak resep cara membuat crepes di bawah ini. Selamat mencoba!

1 dari 5 halaman

Cara Membuat Mille Crepes

Ilustrasi Mille Crepes

Salah satu resep crepes yang wajib kamu coba buat sendiri di rumah adalah mille crepes. Cara membuat crepes mile nggak ribet kok. Yuk langsung saja simak resep selengkapnya di bawah ini.

Bahan crepes:

1,5 cup tepung terigu
1 sdm bubuk dark cokelat
2 cup susu cair putih
4 butir telur ayam
5 sdm susu kental manis
1 sdt ekstrak vanila
4 sdt butter margarin lelehkan

Bahan isian:

2 bungkus kemasan cream cheese netto 226 gram
2 sdm perasan lemon
5 sdm gula tepung atau bisa diganti whipped cream atau butter cream

Cara membuat crepes mille:

  1. Blender semua bahan crepes hingga tercampur rata atau bisa diaduk dengan whisk dan disaring. Konsistensi adonan encer agar tekstur crepes lembut. Jika terlalu encer bisa ditambahkan 1 atau 2 sdm tepung terigu.
  2. Panaskan wajar anti lengket dan tuang adonan sekitar 1 sendok sayur. Ratakan dengan menggoyangkan wajan. Tunggu hingga bisa dibalik. Balik sebentar dan angkat.
  3. Panaskan cream cheese sebentar hingga tekstur kental seperti selai. Masukkan perasan lemon dan gula lalu aduk rata. Susun crepes dan oleskan bahan isian, ulangi hingga habis.
  4. Dinginkan selama 30 menit lalu trim pinggirannya yang tidak rapi. Taburi bubuk cokelat dengan saringan teh dan beri toping sesuai selera.
    Mille crepes siap dihidangkan.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Crepes dengan Teflon

Ilustrasi Crepes

Secara umum, para para pedagang crepes membuat jajanan ini dengan dimasak di atas wajan datar khusus. Tetapi kamu juga bisa kok membuat crepes di atas teflon. Simak resep cara membuat crepes dengan teflon datar sederhana di bawah ini.

Bahan:

100 gram tepung terigu berprotein sedang
150 ml susu cair bisa juga susu bubuk yang sudah dicampur dengan air
1 butir telur
1 sdm magarin leleh
1/2 sdt baking powder

Bahan isi crepes:

Pisang yang sudah dipotong kecil-kecil
Keju
Choco chip
Meses
Susu
Selai coklat

Cara membuat crepes dengan teflon:

  1. Kocok bahan susu dan telur yang ada dengan memakai whisker hingga tercampur rata dan terlihat berbusa. Pastikan untuk mengocok hingga adonan terlihat berbusa untuk membuat adonan kue crepes tetap kenyal.
  2. Tuangkan tepung terigu yang sudah diayak halus secara perlahan. Aduk terus hingga rata. Masukkan baking powder dalam adonan tadi lalu aduk lagi hingga merata.
  3. Tuangkan margarin yang sudah dilelehkan aduk lagi hingga merata. Siapkan teflon yang akan digunakan untuk membuat kue crepes. Panaskan teflon terlebih dahulu.
  4. Jika teflonnya sudah panas maka angkat dulu dari perapian, lalu masukkan 1 sendok sayur adonan crepes, putar teflon hingga adonannya menyebar rata dan tipis. Taruh kembali teflon di atas kompor menggunakan api kecil agar adonan crepes tidak gosong.
  5. Sementara adonan masih dipanaskan, letakkan bahan isian di atasnya misalnya potongan pisang kemudian diberi keju parut dan meses. Sesudah itu lipat crepes menjadi dua bagian, kemudian lipat sekali lagi sampai membentuk segi tiga. Angkat dan sajikan.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Crepes Tanpa Baking Powder

Ilustrasi Crepes

Cara membuat crepes memang mudah dan sederhana. Jajanan ini bisa dibuat meski tanpa bahan tambahan baking powder loh. Yuk langsung saja simak resep selengkapnya dalam cara membuat crepes mudah di bawah ini.

Bahan:

1-1/2 cup susu
3 telur
2 sdm mentega atau margarine yang cairkan
1/2 sdt extract jeruk nipis/lemon extract
1-1/4 tepung terigu
2 sdm gula
Garam sedikit

Cara membuat crepes tanpa baking powder:

  1. Campurkan bahan kering terigu, gula, garam ke dalam wadah. Terlebih dahulu ayak tepung agar didapatkan adonan yang lebih lembut dan ringan dicampur.
  2. Masukkan susu dan aduk hingga rata. Pada proses ini akan muncul gumpalan-gumpalan tepung. Ratakan gumpalan dengan whisk/sendok. Masukkan lemon ekstrak dan telur satu per satu kemudian aduk rata.
  3. Masukkan mentega yang sudah dicairkan, aduk rata dengan menggunakan whisk. Tutup wadah adonan crepes dengan plastik dan simpan di dalam kulkas selama 1 jam.
  4. Panaskan wajan dan tuang adonan crepes secara perlahan tunggu hingga matang. Gunakan mentega sedikit agar wajan tidak terlalu lengket. Angkat dan siap dihidangkan.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Crepes di Rumah

Ilustrasi Crepes

Olahan crepes cocok juga dibuat hidangan menjamu tamu di rumah. Yuk simak resep cara membuat crepes mudah di bawah ini.

Bahan:

2 sdm terigu
1 butir telur
8 sdm tepung beras
2 sdm maizena
6 sdm gula pasir
1 sachet susu bubuk putih
150 ml air
1/2 sdt soda kue
Garam secukupnya
Meses (untuk isian)

Cara membuat crepes di rumah:

  1. Campur semua bahan, aduk rata dan saring hingga adonan tidak ada yang bergerindil. Panaskan wajan atau teflon tunggu hingga panas.
  2. Ambil satu sendok sayur adonan, tuangkan ke teflon, ratakan dan panggang di atas kompor dengan api kecil. Biarkan sampai setengah garing, beri isian meses, tunggu garing baru dilipat. Angkat crepes dan siap disajikan.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Crepes Garing

Ilustrasi Crepes

Sensasi garing dan kriuk crepes juga manis topping dan isiannya memang menjadi pilihan menu camilan yang nikmat. Yuk langsung saja kita simak resep cara emmbuat crepes garing di bawah ini.

Bahan:

4 sdm tepung beras
2 sdm tepung maizena
1 sdm tepung segitiga
2 sdm gula halus
1 butir telur
1/2 sdt vanili
1 sdm susu bubuk
75 ml air
Garam secukupnya

Bahan topping:

Meses
Keju parut

Cara membuat crepes garing:

  1. Campurkan semua bahan jadi satu lalu aduk adonan sampai rata tidak bergerindil. Panaskan teflon hingga benar-benar panas. Sambil siapkan topping meses coklat dan keju parut.
  2. Tuang adonan 1 sendok sayur kecil. Ratakan adonan dengan cara angkat teflon lalu goyangkan kiri kanan. Tunggu sebentar hingga adonan kecokelatan dan beri toping jika ada, lalu lipat sesuai selera.

Nah, itulah beberapa resep cara membuat crepes nikmat dengan beberap varian topping dan isian yang pastinya mudah dibuat sendiri di rumah. Bagaimana dengan pengalaman kamu menikmati jajanan khas tipisnya cremes ini? Share jawaban kamu di kolom komentar ya!

Beri Komentar