Resep Cara Membuat Es Cream Buah Sendiri di Rumah dengan Cara Sederhana

Reporter : Yayuk Harini
Senin, 20 Januari 2020 15:34
Resep Cara Membuat Es Cream Buah Sendiri di Rumah dengan Cara Sederhana
Olahan es cream lembut dengan berbagai varian rasa yang disukai semua kalangan terutama anak-anak. Yuk simak resep cara membuat es cream sederhana selengkapnya di bawah ini.

Siapa sih yang nggak suka makan es cream. Yap, rasa yang lembut dengan aneka varian rasa menjadikan olahan dengan rasa manis yang segar ini disukai semua kalangan. Es cream sendiri banyak dijual di kedai makanan dan minuman bahkan di toko swalayan. Banyak pula bisnis dengan nama brand lokal dan luar negeri yang sudah terkenal akan prosuk es creamnya yang melegenda.

Jika kamu yang biasanya selalu membeli es cream untuk keluarga dan anak tercinta, maka kamu harus mencoba membuat es cream sendiri di rumah. Jangan khawatir, cara membuat es cream terbilang mudah kok. Yuk langsung saja simak resep cara membuat es cream yang sederhana yang telah Diadona ulas di bawah ini. Selamat mencoba.

1 dari 5 halaman

Cara Membuat Es Cream Sederhana

Ilustrasi Es Cream

Cara membuat es cream terbilang sederhana. Berikut Diadona rangkum resep sederhana membuat es cream dengan menggunakan bahan ubi ungu.

Bahan:

- 100 gram ubi ungu
- 1 sdm maizena
- 1 saset susu kental manis
- 2 sdm gula pasir
- 200 ml air
- 1/2 sdt SP


Cara membuat es cream sederhana ubi ungu:

  1. Kukus ubi ungu hingga masak dan empuk. Hancurkan ubi ungu hingga halus.
  2. Campur bahan berupa air, maizena, susu kental manis, dan gula. Aduk semua bahan hingga rata.
  3. Panaskan adonan tersebut dengan api sedang sambil terus diaduk-aduk. Tunggu adonan mendidih dan matikan api.
  4. Diamkan hingga uap panas hilang. Masukkan ke dalam kulkas lalu tunggu selama 2 jam.
  5. Keluarkan adonan dari kulkas dan tim SP hingga mencair. Campurkan dalam adonan es krim. Mixer hingga adonan mengembang dan berubah menjadi ringan dan halus.
  6. Masukkan lagi adonan dalam kulkas. Dinginkan selama semalaman hingga 1 hari. Jika adonan sudah membeku maka es krim siap disajikan.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Es Cream Buah

Ilustrasi Es Cream Buah

Es cream secara umum terbuat dari buah segar dengan rasa dan aroma yang khas. Rasa manis dan asam yang bersamaan dengan teksturnya yang lembut akan membuat semua orang menyukai olahan ini. Yuk simak resep cara membuat es cream buah di bawah ini.

Bahan:

- 3 buah mangga
- 100 ml susu kental manis
- 150 gram whipped cream
- 200 ml air es

Cara membuat es krim buah mangga:

  1. Kupas 2 buah mangga kemudian blender hingga halus tanpa menambahkan air lalu sisihkan. Ambil whipped cream yang telah disiapkan.
  2. Tambahkan air pada whipped cream. Kocok hingga kental. Campurkan buah mangga yang sudah diblender sebelumnya. Aduk hingga buah dan whipped cream tercampur rata. Biarkan selama 10 menit. Masukkan dalam kulkas.
  3. Biarkan selama 15 menit dan keluarkan lagi es cream untuk diaduk, lakukan sebanyak tiga kali. Masukkan es cream dalam kulkas dan tunggu hingga 8 jam. Jika adonan sudah membeku sempurna maka es cream sudah siap dihidangkan.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Es Cream untuk Usaha

Ilustrasi Es Cream

Perkembangan dunia bisnis dan usaha kuliner kian marak di masyarakat. Kebiasaan dan gaya hidup menjadikan kebutuhan akan makanan kekinian kian bertambah. Tak jarang beberapa orang memilih es cream sebagai produk jual mereka karena memiliki banyak peminat. Jika kamu memilih membuka usaha dengan berjualan es cream, maka kamu harus melihat resep cara membuat es cream di bawah ini. 

Bahan:

- 1 kaleng susu kental manis
- 3 sdm tepung maizena
- 5 sdm gula pasir
- 1 sdm pengembang atau SP
- air secukupnya

Cara membuat es cream untuk usaha:

  1. Masak bahan susu kental manis, tepung maizena beserta gula dan air secukupnya hingga sedikit mendidih dalam panci. Aduk-aduk bahan ketika dalam tahap memasak ini hingga tercampur rata.
    Dinginkan dalam freezer bahan tersebut setelah tidak ada uap panas. Diamkan selama 4 hingga 5 jam dan jangan sampai adonan membeku.
  2. Setelahnya adonan dicairkan kembali dengan cara dimixer, agar adonan dapat lebih mengembang tambahkan SP dan terus aduk hingga adonan benar-benar mengembang.
  3. Tambahkan perasa sesuai selera seperti coklat atau stroberi. Sebelum adonan dimasukan kembali kedalam frezzer untuk dibekukan, pindahkan adonan ke dalam kemasan yang diinginkan serta tambahkan aneka topping. Es cream siap disajikan setelah membeku.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Es Cream Sendiri

Ilustrasi Es Cream

Cara membuat es cream terbilang mudah. Pastinya resep di bawah ini bisa kamu at budan praktikkan sendiri di rumah. Penasaran bagaimana cara membuat es cream sederhana ini? Simak resep cara membuat es cream sendiri di bawah ini.

Bahan:

- 15 gram tepung maizena
- 1 liter susu segar
- 4 butir kuning telur ayam (kocok)
- 200 gram gula pasir
- 3 sdm espresso
- 1/2 sdm vanili

Cara membuat es cream sendiri:

  1. Masukkan bahan susu segar dan gula pasir ke dalam panci. Masak hingga mendidih dambil terus diaduk-aduk.
  2. Campur kopi dengan 1 sdm air panas. Aduk hingga semua bahan merata. Campurkan 1 sdm susu dengan tepung maizena. Aduk sampai larut.
  3. Tuangkan maizena dan kopi tersebut ke dalam rebusan susu pertama dan aduk hingga merata.
    Tambahkan vanili dan aduk hingga rata.
  4. Saring susu menggunakan kain bersih ke dalam wadah lain. Setelah susu tersaring sempurna, tuangkan kuning telur ke dalamnya. Aduk bahan hingga rata. Masukkan kuning telur secara perlahan.
  5. Diamkan selama 10 menit. Kemudian masukkan ke dalam lemari es atau freezer. Tunggu selama 15 menit, lalu aduk kembali es krimnya. Lakukan hal tersebut sebanyak 3 kali agar mendapatkan es krim yang halus dan lembut.
  6. Terakhir masukkan lagi ke dalam freezer dan tunggu selama 8 jam agar es krim rasa kopi membeku sempurna.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Es Cream Walls

Ilustrasi Es Cream

Banyak sekali brand produk es cream yang memang memiliki produk enak dan melegenda. Tak terkecuali adalah es cream Brand Walls ini. Kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Yuk simak resep cara membuat es cream ala Walls di bawah ini.

Bahan:

- 500 ml susu uht
- 2 sdm susu dancow putih
- 1 sachet skm
- 8 sdm gula pasir
- 3 sdm tepung maizena (larutkan)
- 1 sdt SP
- 1 sachet pop ice strawberry
- 1 sachet pop ice melon
- 2 sdm coklat bubuk

Cara membuat es cream walls:

  1. Campurkan bahan susu uht, gula pasir, dancow dan 1 sachet skm ke dalam panci kemudian rebus sebentar. Matikan api dan campurkan larutan maizena.
  2. Tuangkan adonan ke dalam wadah dan tunggu hingga dingin. Masukkan ke dalam freezer lalou
    tunggu hingga adonan beku.
  3. Jika sudah beku kerok es lalu masukkan ke dalam wadah besar. Hancurkan dan kocok dengan mixer. Masukkan SP dan kocok sampai mengembang tiga kali lipat dana donan berjejak.
  4. Bagi adonan menjadi 3 bagian dan beri masing-masing rasa sesuai yang diinginkan. Masukkan ke dalam cup / wadah dan siap dibekukkan kembali dalam freezer. Es cream ala walls siap disajikan.

Nah, sudah tahu kan bagaimana cara membuat es cream sendiri di rumah? Pastinya banyak sekali varian es cream yang bisa kamu praktikkan. Kamu lebih suka makan es cream rasa apa? Share jawaban kamu di kolom komentar ya!

Beri Komentar