Resep Cara Membuat Kolak Pisang Ubi dan Kolang Kaling Tanpa Santan yang Enak dan Sederhana

Reporter : Yayuk Harini
Selasa, 4 Februari 2020 18:28
Resep Cara Membuat Kolak Pisang Ubi dan Kolang Kaling Tanpa Santan yang Enak dan Sederhana
Sedap dan gurih kolak pisang perpaduan santan dan daun pandan yang menyatu sempurna siap menemani sore hari di kala hujan. Simak resep selengkapnya di bawah ini!

Siapa sih yang nggak kenal dengan olahan kolak pisang yang biasa menjadi santap sore dan pilihan menu berbuka puasa? Yap, olahan pisang yang satu ini memang sangat melegenda. Tidak hanya pisang, kolak bisa dibuat dengan campuran bahan seperti ubi, buah nangka, durian, dan kolang kaling. 

Perpaduan hangat dan kuah gurih manis yang pas semakin membuat olahan ini kian diminati. Mungkin olahan kolak pisang bukan merupakan sesuatu yang special, tapi kamu tetap bisa membuatnya di rumah dengan resep lezat yang telah Diadona rangkum di bawah ini dalam cara membuat kolak pisang sederhana. Selamat mencoba!

1 dari 5 halaman

Cara Membuat Kolak Pisang Sederhana

Ilustrasi Kolak Pisang

Kolak pisang yang menghangatkan. Yap, salah satu olahan yang bisa kamu buat saat cuaca hujan dan dingin. Simak resep cara membuat kolak pisang sederhana di bawah ini.

Bahan:
- 7 buah pisang kepok
- 200 ml santan
- 300 ml air
- 4 balok kecil gula merah
- Gula pasir
- Garam
- 3 lembar daun pandan

Cara membuat kolak pisang sederhana:

  1. Rebus air, santan, dan daun pandan hingga mendidih. Masukkan gula merah, gula pasir dan garam secukupnya sambil terus aduk sesekali.
  2. Setelah mendidih masukkan pisang kepok. Cicipi rasanya. Jika manis sudah pas, tunggu hingga pisang matang. Kolak siap disajikan.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Kolak Pisang dan Ubi

Ilustrasi Kolak Pisang

Campuran bahan kolak pisang yang cocok salah satunya adalah dengan ubi. SImak resep selengkapnya cara membuat kolak pisang dan ubi dan bawah ini.

Bahan:
- 500 gram pisang lilin
- 500 gram ubi
- 300 gram gula merah/sesuai selera
- 3 lembar daun pandan
- 1000 cc air santan
- Gula pasir sesuai selera
- Garam sesuai selera

Cara membuat kolak pisang dan ubi:

  1. Potong-potong pisang dan ubi sesuai selera, sisihkan. Rebus gula merah dengan 100cc air, saring airnya.
  2. Rebus santan, ubi, air gula merah, gula pasir, dan daun pandan sambil diaduk-aduk hingga santan mendidih dan ubi setengah empuk.
  3. Masukkan pisangnya lalu aduk-aduk. Tunggu hingga matang lalu aduk sesekali dengan api kecil aja. Kolak pisang dan ubi siap disajikan.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Kolak Pisang yang Enak

      View this post on Instagram    

??? Kolak Pisang Ubi Ungu follow @sukamasakenak follow @sukamasakenak follow @sukamasakenak Bahan : 500 gr pisang uli 250 gr ubi ungu 500 gr singkong 1300 ml santan encer 200 ml santan kental 200 gr gula pasir 1 sdt garam 1 sdt vanili bubuk 3 lembar daun pandan, sobek2 simpulkan Cara membuat : 1. Rebus singkong bersama santan encer dan daun pandan hingga empuk. Masukkan ubi ungu, masak hingga matang. 2. Masukkan santan kental, aduk rata. Masukkan gula, garam dan vanili. Masak sambil diaduk hingga mendidih. 3. Terakhir masukkan pisang, aduk rata masak hingga matang sambil diaduk supaya santan tidak pecah. Angkat dan sajikan. . credit @mayasefry . #anekaolahanpisang #kolakpisang #resepkolakpisang #kolak #resepkolak #kolakubiungu #resepkolakubiungu #cemilanmanis #bekalanak #resepbukapuasa #resep #masakenak

A post shared by Menu Masakan Bunda (@menubunda.id) on

 

Hidangan kolak pisang merupakan salah satu pilihan yang cocok saat menu berbuka puasa. Tidak hanya itu, rasanya yang enak dengan berbagai campuran bahan seperti ubi semakin megenyangkan. Simak resep cara membuat kolak pisang yang enak di bawah ini.

Bahan:
- 500 gram pisang uli
- 250 gram ubi ungu
- 500 gram singkong
- 1300 ml santan encer
- 200 ml santan kental
- 200 gram gula pasir
- 1 sdt garam
- 1 sdt vanili bubuk
- 3 lembar daun pandan, sobek2 simpulkan

Cara membuat kolak pisang yang enak:

  1. Rebus singkong bersama santan encer dan daun pandan hingga empuk. Masukkan ubi ungu, masak hingga matang.
  2. Masukkan santan kental, aduk rata. Masukkan gula, garam dan vanili. Masak sambil diaduk hingga mendidih.
  3. Terakhir masukkan pisang, aduk rata dan masak hingga matang sambil diaduk supaya santan tidak pecah. Angkat dan sajikan.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Kolak Pisang Tanpa Santan

Ilustrasi Kolak Pisang

Kolak pisang juga bisa kamu buat walau pun tanpa santan. Jangan khawatir, rasanya akan tetap sedap dengan campuran bahan kayu manis tentunya. Simak resep selengkapnya dalam cara membuat kolak pisang tanpa santan di bawah ini.

Bahan:
- Pisang
- Kayu manis
- Cengkih
- Pandan
- Gula merah
- Gula putih
- Sedikit garam

Cara membuat kolak pisang tanpa santan:

  1. Rebus air bersama pandan, kayu manis, cengkih, gula merah, gula putih dan sedikit garam.
  2. Masukkan pisang yang sudah diiris-iris.
    Koreksi rasa dan kolak siap disajikan.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Kolak Pisang dan Kolang Kaling

Ilustrasi Kolak Pisang

Selain ubi, kamu juga bisa menambahkan bahan campuran lainnya seperti kolang kaling ini. Penasarankan bagaimana rasanya? Yuk langsung saja simak resep selengkapnya di bawah ini.

Bahan:
- 800 gram pisang kepok
- 300 gram gula merah/sesuai selera
- 3 lembar daun pandan
- 150 gram kolang kaling
- 400 gram singkong
- 1.000 cc air santan
- Gula Pasir
- Garam
- 1/4-1/2 sdt vanilli bubuk

Cara membuat kolak pisang dan kolang kaling:

  1. Potong singkong sesuai selera dan cuci bersih. Lalu kupas pisang, potong sesuai selera, rebus gula merah dengan 100 cc air, saring airnya, rebus kolang kaling, tiriskan.
  2. Rebus santan, air gula merah, gula pasir, vanilli bubuk, dan daun pandan dalam api sedang sambil diaduk-aduk hingga mendidih.
  3. Masukkan singkong dan kolang kaling. Kalau singkong sudah 1/2 matang, masukkan pisang. Diamkan sampai matang, jangan terlalu banyak diaduk. Kolak siap disajikan.

Nah, itulah beberapa resep cara membuat kolak pisang sederhana dengan rasa gurih dan sedap serta cocok disajikan untuk menemani waktu soremu. Bagaimana dengan persiapan kamu dalam membuat olahan kolak pisang ini? 

Beri Komentar