Resep Cara Membuat Manisan Mangga Kering, Basah, dan Pedas Sederhana Tanpa Bahan Kimia

Reporter : Yayuk Harini
Selasa, 28 Januari 2020 20:26
Resep Cara Membuat Manisan Mangga Kering, Basah, dan Pedas Sederhana Tanpa Bahan Kimia
Manisan mangga yang cocok dinikmati saat siang hari yang panas. Simak resep cara membuat manisan mangga dengan rasa manis, asam, dan pedas di bawah ini!

Salah satu menu camilan yang bisa kamu nikmati di siang hari dengan terik matahari yang menyengat adalah manisan mangga. Rasa manis, asam, dan pedas yang menyegarkan akan membuat waktu santap siangmu semakin menggoda.

Mangga sendiri merupakan buah yang berasal dari negara India dengan nama ilmiahnya yaitu Mangifera indiace. Sedangkan di Indonesia sendiri tanaman mangga dapat tumbuh di beberapa daerah yang tersebar di seluruh nusantara. Karenanya, mangga memiliki sebutan lain yang berbeda seperti palem, mempelam, dan poh.

Begitu banyaknya mangga yang didapatkan ketika musimnya, membuat beberapa orang suka membuat manisan mangga yang menggugah selera. Kamu tentunya juga bisa membuat olahan manisan mangga sendiri di rumah dengan melihat resep yang telah Diadona rangkum dalam resep cara membuat manisan mangga berikut ini. Selamat mencoba!

1 dari 5 halaman

Cara Membuat Manisan Mangga Kering

Ilustrasi Manisan Mangga Kering

Salah satu manisan kering yang bisa kamu coba buat sendiri di rumah adalah manisan kering dari buah mangga. Cara membuat manisan mangga kering ini cukup sederhana kok. Penasaran bagaimanan cara membuatnya? Yuk, langsung saja simak resep selengkapnya di bawah ini.

Bahan:

- 9 buah mangga muda
- 8 sdm gula
- 2 sdm garam

Cara membuat manisan mangga kering:

  1. Kupas mangga kemudain potong memanjang. Taburi garam sambil diremas-remas sampai layu dan keluar airnya.Cuci bersih lalu peras agar garam dan air hilang.
  2. Tambahkan gula kemudian aduk rata. Masukkan ke dalam lemari es. Jemur di terik matahari selama 1 hari atau sampai kering. Setelah itu taburi gula. Manisan mangga kering siap dihidangkan.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Manisan Mangga Basah

Ilustrasi Manisan Mangga Basah

Selin kering, manisan mangga juga bisa dibuat dengan varian olahan basah. Rasa asam dan manisnya gula menjadi perpaduan nikmat tersendiri ketika dimakan. Simak resep cara membuat manisan mangga basah di bawah ini.

Bahan A:

- 125 gram gula pasir
- 75 ml air
- Garam secukupnya

Bahan B:

- 150 gram gula pasir
- 300 ml air

Cara membuat manisan mangga basah:

  1. Rendam mangga yang sudah dipotong-potong dalam larutan kapur sirih selama kurang lebih 30 menit. Cuci mangga yang sudah direndam hingga benar-benar bersih.
  2. Setelah bersih masukan mangga ke dalam toples kaca dan tutup rapat lalu sisihkan. Campurkan bahan A, lalu rebus sampai mendidih lalu dinginkan. Jika sudah dingin, tuangkan larutan gula kedalam toples yang berisi mangga, biarkan semalaman.
  3. Ambil mangga yang ada di toples dan tiriskan. Campurkan bahan B dan rebus sampai mendidih lalu dinginkan. Siapkan toples baru, masukkan mangga dan larutan B yang sudah dingin. Masukkan dalam lemari es, tunggu sampau dingin. Manisan mangga siap untuk disajikan.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Manisan Mangga Sederhana

Ilustrasi Manisan Mangga

Cara membuat manisan mangga sangatlah sederhana. Dengan bahan tambahan gula, garam, dan cabe yang dicampur, olahan manisan mangga pun siap disantap. Langsung saja simak resep cara membuat manisan mangga sederhana di bawah ini.

Bahan:

- 500 gram mangga muda
- 175 gram gula pasir
- 250 ml air
- Garam secukupnya
- 4 buah cabe merah keriting

Cara membuat manisan mangga sederhana:

  1. Kupas mangga, dan potong sesuai selera. Rebus air, gula, garam dan cabe merah keriting hingga mendidih. Setelah mendidih, matikan api dan dinginkan.
  2. Masukkan mangga dan larutan gula ke dalam toples kaca, lalu tutup rapat. Simpan dalam lemari es selama semalam. Manisan mangga siap untuk disajikan.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Manisan Mangga Kering Tanpa Bahan Kimia

Manisan mangga merupakan olahan alami yang dibuat tanpa bahan kimia, karena bahan alami yang digunakan untuk membuat olahan ini cukup dengan gula dan garam saja. Simak resep cara membuat manisan mangga tanpa bahan kimia di bawah ini.

Bahan:

- 9 buah mangga muda
- 2 sdm garam
- 8 sdm gula

Cara membuat manisan mangga kering tanpa bahan kimia:

  1. Kupas mangga lalu potong memanjang. Taburi dengan garam lalu remas-remas hingga layu dan keluar airnya, lalu cuci bersih, peras agar garam dan air hilang.
  2. Beri gula dan kocok-kocok sampai rata lalu masukkan ke dalam kulkas. Jemur di terik matahari selama 1 hari atau sampai kering lalu beri taburan gula. Manisan mangga kering siap dihidangkan.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Manisan Mangga Pedas

Ilustrasi Manisan Mangga

Manisan mangga akan semakin nikmat dengan rasa pedas yang menggoda. Jika kamu suka camilan pedas, manis dan asam yang menyegarkan, maka kamu wajib mencoba membuat olahan manisan ini di rumah. Yuk simak langsung cara membuat manisan mangga pedas di bawah ini.

Bahan:

- Cabai rawit merah secukupnya
- 5 buah mangga apel kupas dan iris tipis
- 4 sdm gula pasir
- 1 1/2 gelas air es
- 1 sdt garam
- 1/2 gelas air panas

Cara membuat manisan mangga pedas:

Ulek cabai bersama garam sampai halus. Tuang air panas, masukkan ke wadah yang sudah diisi irisan buah mangga apel. Beri gula pasir, aduk rata. Tunggu sampai gula larut. Tuang air es.

Nah, sudah tahu kan bagaimana cara membuat manisan mangga yang manis, pedas, dan asam super menyegarkan ini? Kamu lebih suka olahan manisan mangga yang mana nih? Share jawaban kamu dalam kolom komentar ya!

Beri Komentar