Resep Cara Membuat Tahu Crispy Variasi Olahan Tahu Aci, Walik, Isi, dan Nugget Sederhana

Reporter : Yayuk Harini
Sabtu, 18 Januari 2020 11:54
Resep Cara Membuat Tahu Crispy Variasi Olahan Tahu Aci, Walik, Isi, dan Nugget Sederhana
Olahan tahu merupakan salah satu makanan murah dan tentunya bisa menjadi olahan enak. Yap kamu bisa membuat aneka olahan tahu crispy. Simak resep selengkapnya di bawah ini!

Tahu merupakan bahan dengan kandungan nutrisi protein tinggi yang baik untuk kebutuhan gizi tubuh. Jika kamu ingin mengonsumsi tahu yang berbeda dan tidak hanya digoreng seperti itu-itu saja, maka kamu wajib mencoba berbagai variasi masakan tahu.

Tahu crispy dengan rasa yang kriuk sangat cocok dijadikan teman bersantai saat weekend seperti ini. Olahan tahu yang bisa kamu coba untuk dimasak di rumah seperti tahu crispy aci, walik, isi dan nugget. Yuk daripada penasaran, mending langsung saja simak resep selengkapnya di bawah ini dalam cara membuat tahu crispy. Selamat mencoba!

1 dari 5 halaman

Cara Membuat Tahu Aci Crispy

      View this post on Instagram

: "Buat ngemil. Selamat makan ^^ . TAHU ACI Utk: 8 buah .by @nadiahobimasak Bahan: 8 tahu putih/tahu kulit, keruk isinya 100 gr tepung sagu 100 ml air mendidih Daun bawang, iris 1/2 sdt Garam Kaldu bubuk . Cara membuat: Campur semua bahan (kecuali tahu), uleni sampai rata. Lapisi tangan dgn minyak agar adonan tdk menempel. Masukkan adonan ke dalam tahu. Goreng hingga coklat keemasan. #dc_tahuaci #reseptahuaci

A post shared by DOYAN COOKING (@doyancooking) on

Tahu aci merupakan salah satu olahan tahu yang bisa kamu coba dirumah. Rasa kenyal dari tepung aci dengan ditambah bumbu halus yang ada, menambah rasa nikmat dan sensasi yang berbeda dari olahan tahu kamu. Yuk simak resep selengkapnya di bawah ini dalam cara membuat tahu crispy aci.

Bahan:

- 8 tahu putih atau tahu kulit keruk isinya
- 100 gram tepung sagu
- 100 ml air mendidih
- Daun bawang iris
- Kaldu bubuk
- 1/2 sdt garam

Cara membuat tahu crispy variasi aci:

Campur semua bahan kecuali tahu dan uleni hingga rata. Lapisi tangan dengan minyak agar adonan Tidak menempel. Masukkan adonan ke dalam tahu. Goreng tahu hingga coklat keemasan.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Tahu Crispy Sederhana

Ilustrasi Tahu Crispy Sederhana

Tahu crispy bisa menjadi salah satu menu pilihan saat hari libur atau weekend. Kamu bisa mencoba resep ini di rumah yang tentunya sangat mudah dipraktikkan. Langsung saja simak resep cara membuat tahu crispy sederhana di bawah ini.

Bahan:

- 12 buah tahu putih
- 50 gram tepung terigu
- 1 sdm tapioka
- 1 sdt garam
- 1/4 sdt merica bubuk
- 1 sdt baking powder
- 300 ml air
- Kaldu bubuk optional
- Minyak secukupnya

Cara membuat tahu crispy sederhana:

  1. Potong tahu menjadi 4 bagian dan campur bahan terigu, tapioka, baking powder, garam, merica bubuk dan air kemudian aduk rata.
  2. Masukkan tahu dalam adonan kemudian aduk-aduk. Tiriskan tahu dan goreng dalam minyak yang benar-benar panas hingga tahu kering.
  3. Tuang sisa adonan dan aduk hingga adonan menempel pada tahu kering, lakukan 2-3 kali. Angkat tahu dan sajikan.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Tahu Crispy Walik Crispy

Ilustrasi Tahu Crispy Walik

Jika kamu sudah bosan dengan menu tahu goreng biasa, maka tidak ada salahnya kamu membuat variasi olahan tahu walik yang kriuk dan cripy. Langsung saja simak resep selengkapnya dalam cara membuat tahu crispy walik di bawah ini.

Bahan:

- 10 buah tahu pong yang sudah matang
- 10 sdm tepung aci
- 2 sdm tepung terigu
- 1 siung bawang putih ukuran besar (kupas dan haluskan)
- 1 batang daun bawang segar (iris tipis)
- Kaldu bubuk
- Merica halus secukupnya
- Garam secukupnya
- 150 ml air panas

Cara membuat tahu crispy walik:

  1. Panaskan minyak dalam wajan untuk menggoreng tahu. Masak tahu sampai matang atau keluar lapisan coklat kulitnya dan tiriskan.
  2. Masukkan tepung terigu dengan bawang putih, tepung aci, kaldu bubuk, merica halus, garam dapur dan irisan daun bawang. Aduk semua bahan adonan isi tahu walik hingga tercampur rata.
  3. Tuang air panas sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai rata. Adonan jangan terlalu encer atau kental. Setelah adonan isi siap lalu belah tahu menjadi 2 bagian bentuk segitiga.
  4. Keluarkan isi tahunya. Isi tahu boleh dibuang atau dicampur bersama dengan adonan aci. Balik hingga kulitnya berada di dalam lalu isi dengan adonan aci sesuai kebutuhan.
  5. Siapkan wajan berisi minyak banyak lalu masukkan tahu yang sudah diisi tadi setelah minyaknya benar-benar panas. Balik dan goreng sampai matang dengan api sedang agak kecil saja supaya matang sampai di dalamnya. Angakt dan tiriska tahu walik. Tahu walik crispy siap disajikan.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Tahu Isi Crispy

      View this post on Instagram

Assalamualaikum, ini tahu isi spesial wkwk Isiannya banyak jadi ndut2 tahunya hehe.. Cocolannya jga sesuai selera mau sambal kecap bawang, saus sambal atau saus kacang. Kalo sy sih senengnya sambal bawang kecap maknyuuss ???? TAHU ISI SAYUR By @mentarivaleria . . Bahan: ?20 bj tahu goreng/tahu pong ?200 gr cambah panjang ?50 gr wortel, parut kasar ?1 ikat daun seledri, iris halus ?1 sdm saus tiram ?Secukupnya minyak goreng Bumbu halus: ?3 siung bawang putih ?10 bj cabe rawit (sesuai selera) Bahan Pelapis: ?150 gr tepung terigu ?50 gr tepung kanji ?2 siung bawang putih ?2 ruas kunyit ?1 sdt ketumbar ?100 ml air Bahan cocolan: ?2 siung bawang merah, iris tipis ?5 bj cabe rawit, iris tipis ?2 sdm kecap manis Cara Membuat: 1. Lubangi salah satu bagian tpi jangan sampai putus supaya isian gak keluar saat digoreng 2. Tumis bumbu halus hingga harum 3. Masukkan saus tiram dan wortel 4. Masukkan cambah tumis sampai layu, tes rasa 5. Matikan api, masukkan seledri 6. Pinggirkan isian di pinggiran wajan supaya airnya keluar jadi saat diisi kedalam tahu sayuran nya kering 7. Isi tahu dgn sayur, rapikan agar tidak keluar saat digoreng 8. Bahan pelapis: Haluskan bawang putih, kunyit, dan ketumbar lalu masukkan ke dalam tepung dan masukkan juga air tumisan tadi serta air. Aduk rata 9. Masukkan ke adonan tepung lalu goreng hingga kuning keemasan.. 10. Cocolan: campurkan bawang merah & cabe rawit yg telah diiris tipis tambahkan kecap manis 11. Siap disajikan #tahuisi #tahuisisayur #tahuisipedas #tahuisisayurpedas #reseptahuisi #reseptahuisisayuran #reseptahuisipedas

A post shared by Add Line @doyanmasak (@doyanmasak) on

Tahu isi atau di Jawa lebih dikenal dengan tahu brontak ini merupakan makanan salah menu gorengan yang biasa dijual oleh pedagang. Kamu juga bisa membuat tahu isi crispy sendiri di rumah. Simak resep selengkapnya di bawah ini dalam cara membuat tahu crispy isi.

Bahan:

- 20 biji tahu goreng atau tahu pong
- 200 gram cambah panjang
- 50 gram wortel (parut kasar)
- 1 ikat daun seledri (iris halus)
- 1 sdm saus tiram
- Minyak goreng secukupnya

Bumbu halus:

- 3 siung bawang putih
- 10 biji cabe rawit (sesuai selera)

Bahan Pelapis:

- 150 gram tepung terigu
- 50 gram tepung kanji
- 2 siung bawang putih
- 2 ruas kunyit
- 1 sdt ketumbar
- 100 ml air

Bahan cocolan:

- 2 siung bawang merah (iris tipis)
- 5 biji cabe rawit (iris tipis)
- 2 sdm kecap manis

Cara membuat tahu crispy isi:

  1. Buat lubang pada salah satu bagian tahu dan jangan sampai putus agar isian tidak keluar saat digoreng. Tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan saus tiram dan wortel.
  2. Tambahkan cambah dan tumis hingga layu. Matikan api kemudian masukkan seledri dan pinggirkan isian di pinggiran wajan agar air keluar. Hal ini memudahkan kamu pada saat pengisian kedalam tahu, isian dalam kondisi kering.
  3. Isi tahu dengan sayur lalu rapikan agar tidak keluar saat digoreng. Buat bahan pelapis dengan menghaluskan bawang putih, kunyit, dan ketumbar lalu masukkan ke dalam tepung dan tambahkan juga air tumisan tadi serta air biasa. Aduk rata.
  4. Masukkan dalam adonan tepung lalu goreng hingga kuning keemasan. Buat cocolan dengan mencampurkan bahan bawang merah dan cabe rawit yg telah diiris tipis tambahkan kecap manis. Tahu isi crispy siap disajikan.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Nugget Tahu Crispy

Ilustrasi Tahu Crispy Nugget

Nugget tidak hanya diolah dari daging saja. Kamu juga bisa membuat nugget crispy dari tahu yang pastinya memiliki rasa yang nggak kalah dengan nugget daging. Simak resep cara membuat tahu crispy nugget di bawah ini.

Bahan:

- 400 gram tahu
- 3 butir telur ayam
- 100 gram tepung roti
- 4 sdm tepung terigu
- 2 sdm tepung maizena
- 4 siung bawang putih (haluskan)
- 1/2 buah bawang bombay (cincang halus)
- 1 sdt kaldu bubuk
- 1 sdt garam
- 1 sdt gula
- 1 sdt merica

Cara membuat tahu crispy nugget:

  1. Haluskan tahu lalu campur dengan semua bahan. Aduk rata. Masukkan adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi minyak. Kukus tahu selama 30 menit.
  2. Tuang tepung roti dalam piring dan siapkan nampan kosong. Kocok satu butir telur. Nugget yang sudah dikukus diamkan selama 10 menit lalu potong sesuai selera.
  3. Masukkan nugget ke dalam kocokan telur kemudian balut dengan tepung roti hingga merata dan semua adonan tertutupi dan letakkan di nampan. Lakukan sampai semua adonan habis.
  4. Masukkan nugget yang sudah dibalut dengan tepung roti ke dalam kulkas selama 20 menit. Siapkan wajan dan minyak goreng. Goreng nugget sampai warna keemasan. Angkat dan tiriskan.

Itulah beberapa resep cara membuat tahu crispy yang berbeda untuk menambah variasi olahan tahu kamu agar tidak bosan dengan menu tahu yang digoreng biasa. Kamu lebih suka olahan tahu yang apa? Jawab di kolom komentar ya!

Beri Komentar