Resep Cara Membuat Tape Singkong Manis Khas Bondowoso hingga Bolu Tape Sederhana

Reporter : Yayuk Harini
Selasa, 21 Januari 2020 20:20
Resep Cara Membuat Tape Singkong Manis Khas Bondowoso hingga Bolu Tape Sederhana
Tape singkong merupakan olahan dengan fermentasi dan terkenal dari Bondowoso. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Yuk simak resep di bawah ini!

Tape merupakan olahan makanan yang difermentasi dengan menggunkana ragi. Olahan tape nikmat ini sangat terkenal di Bondowoso dan merupakan icon oleh-oleh dari kota tersebut.

Jika kamu memiliki bahan singkong melimpah dirumah, maka nggak ada salahnya kamu membuat olahan tape singkong manis yang dijamin akan membuat waktu bersantai semakin nikmat dengan makanan ini.

Selain itu, tape singkong juga bisa dibuat olahan lain seperti bolu kukus dan digoreng dengan aneka rasa. Yuk langsung saja simak resep cara membuat tape di bawah ini. Selamat mencoba!

1 dari 5 halaman

Cara Membuat Tape Singkong Beserta Gambarnya

Ilustrasi Tape

Salah satu tape yang menjadi idola kebanyakan orang adalah singkong. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Simak resep cara membuat tape singkong di bawah ini.

Bahan:

- 1 kg Singkong
- 1-1,5 butir ragi tape

Peralatan:

- Panci kukusan
- Wadah tertutup/kedap udara untuk penyimpanan

Cara membuat tape singkong:

  1. Buang kulit singkongnya lalu cuci bersih. Kukus singkong sampai matang. Tiriskan dan angin-angin supaya tidak beruap atau berair lagi. Pastikan singkong sudah dingin sebelum ditaburi ragi.
  2. Taburi ragi tape secara merata seluruh permukaan singkong. Lalu susun dalam wadah. Tutup rapat dan biarkan selama 3-5 Hari. Hari ke 3 dilihat apakag sudah masak tapenya, kalau kurang masak tutup kembali Dan biarkan sampai hari ke 5.
  3. Tape sudah jadi dan siap dikonsumsi atau digunakan. Kalau sudah jadi lebih baik disimpan di kulkas supaya lebih awet dan memperlambat proses fermentasinya, karena nanti semajin masak akan semakin beralkohol.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Bolu Tape Singkong

Ilustrasi Bolu Tape

Tape singkong yang manis dan tekstur kesat menggoda juga bisa dibuat olahan lain, salah satunya adalah bolu tape. Yuk simak resep cara membuat tape singkong yang diolah menjadi bolu kukus berikut ini.

Bahan:

- 300 gram tape singkong (pilih yang lembek)
- 400 gram tepung terigu
- 200 gram gula pasir
- 500 ml air
- 120 gram mentega yang telah dilelehkan
- 100 gram keju cheddar
- 1 sdt baking powder
- 1 sdt soda kue

Cara membuat bolu tape singkong:

  1. Haluskan tape dengan garpu hingga lembut dan parut keju di atasnya. Beri air sedikit demi sedikit lalu aduk rata.
    Saringlah agar tidak ada ampasnya.
  2. Tambahkan mentega cair dan kemudian aduk rata. Ayaklah tepung terigu, baking powder, dan soda kue. Lalu, tambahkan gula pasir. Kemudian masukkan adonan tape ke dalam wadah tepung. Aduk rata dengan whisk.
  3. Panaskan kukusan. dan lapisi tutup kukusan dengan serbet atau lap kering. Kukus selama 15 menit. Setelah 15 menit. Matikan kompor. Bolu tape singkong siap disajikan.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Tape Singkong Manis

Ilustrasi Tape

Tape singkong secara umum memiliki rasa manis dan tekstur kesat yang menggugah selera. Penasaran bagaimana cara membuat stape singkong manis ini? Yuk langsung saja simak resep cara membuat tape singkong di bawah ini.

Bahan:

- 2 kg singkong segar
- 6 biji ragi yang sudah dijemur sebelumnya
- 1 sdm gula pasir
- Daun pisang

Cara membuat tape singkong manis:

  1. Kupas singkong dan kerik bagian luarnya. Cuci bersih singkong. Kukus singkong selama kurang lebih 25 menit sampai matang. Dinginkan singkong selama kurang lebih 10 jam.
  2. Tabur ragi yang sudah dihaluskan dengan saringan di atas singkong. Masukkan singkong ke dalam wadah yang sudah dilapisi daun pisang. Tambahkan 1 sdm gula pasir.
  3. Tutup rapat singkong dan simpan di suhu ruang selama 36-48 jam lamanya. Tape siap disajikan.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Tape Singkong Bondowoso

Ilustrasi Tape

Tape singkong yang menjadi primadona adalah tape yang berasal dari Bondowoso. Konon tape dari kota kecil di bagian timur Provinsi Jawa ini memiliki ciri khas yang berbeda dari tape pada umumnya. Jika kamu ingin membuatnya sendiri, maka kamu bisa melihat resep cara membuat tape singkong khas Bondowoso di bawah ini.

Bahan:

- 1 Kg singkong
- 500 ml air panas
- 1 ½ liter air
- 4 butir ragi tape halus
- 7 sdm gula pasir
- 3 sdm pasta pandan

Alat:

- Entong Kayu
- Panci
- Tampah
- Kompor
- Kantung Plastik (atau daun pisang)

Cara membuat tape singkong Bondowoso:

  1. Cuci bersih tiap alat yang akan digunakan untuk proses pembuatan tape. Cuci bersih singkong yang telah dikupas. Rendam singkong ke dalam 1,5 liter air dan tambahkan 3 sdm pasta panda setelah itu diamkan selama kurang lebih 12 jam.
  2. Tiriskan singkong dan dilanjutkan dengan mengukus hingga sampai mengeluarkan uap. Siram dengan 500 ml air panas dan kukus kembali dengan waktu kurang lebih 25 menit. Angkat singkong dari tempat pengukusan dan letakan di tampah selanjutnya diamkan hingga dingin.
  3. Taburi secara merata ragi dan gula. Setelah ditaburkan secara merata ragi dan gula, bungkuslah singkong dengan plastik ataupun daun pisang yang telah dipersiapkan. Simpan di tempat yang hangat. Biarkan selama kurang lebih 3 hari untuk hasil yang maksimal.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Tape Singkong Aneka Rasa

      View this post on Instagram

Bola Bola Tape Coklat Lumer made by anne S•W•I•P•E >>> ------------ Bahan : ------------ 500 gr tape singkong 100 gr meisis coklat 1 bungkus tepung pisang goreng instan ( campur air sesuai takaran di belakang kemasan ) Minyak untuk menggoreng ------------------------- Cara membuat : ------------------------- 1. Bersihkan tape singkong dari serat2nya 2. Haluskan tape menggunakan garpu (saya menggunakan PIE Knife) 3. Ambil 1 sendok makan tape.. lalu bulatkan.. lubangi tengahnya menggunakan tanggan.. lalu masukkan 1 sdt meisis.. lalu bulatkan kembali.. ulangi sampai habis 4. Siapkan adonan tepung pelapis (tepung pisang goreng) 5. Celupkan bola bola tape kedalam adonan pelapis lalu goreng sampai coklat keemasan.. angkat dan tiriskan 6. Bola bola tape coklat siap dihidangkan #resepnyaanne #resepbolabolatapecoklat #reseptapecoklat #reseptapecoklatlumer #reseptape #resep #tape #tapecoklat #tapecoklatlumer #coklatlumer #lumer #berbagiresep #shareresep #sukamasak #belajarmasak #memasakmudah #hobimasakid #hobimasak

A post shared by Resepnya Anne (@resepnya_anne) on

Bahan:

- 500 gram tape singkong
- 100 gram meses coklat
- 1 bungkus tepung pisang goreng instan (campur air sesuai takaran di belakang kemasan)
- Minyak untuk menggoreng

Cara membuat tape singkong aneka rasa:

  1. Bersihkan tape singkong dari serat-seratnya. Haluskan tape menggunakan garpu. Ambil 1 sendok makan tape lalu bulatkan dan lubangi tengahnya menggunakan tanggan.
  2. Masukkan 1 sdt meses lalu bulatkan kembali. Ulangi sampai habis. Siapkan adonan tepung pelapis (tepung pisang goreng). Celupkan bola bola tape kedalam adonan pelapis lalu goreng sampai coklat keemasan, angkat dan tiriskan. Tape singkong aneka rasa siap dihidangkan.

Demikian resep cara membuat tape singkong yang bisa kamu praktikkan sendiri di rumah. Kamu lebih suka olahan tape seperti apa? Share jawaban kamu di kolom komentar ya!

Beri Komentar