Resep Cara Membuat Terang Bulan Mini Empuk Rasa Manis di Teflon Sederhana

Reporter : Yayuk Harini
Sabtu, 18 Januari 2020 10:38
Resep Cara Membuat Terang Bulan Mini Empuk Rasa Manis di Teflon Sederhana
Apakah kamu lagi pingin makan yang manis-manis? Terang bulan atau martabak manis bisa menjadi menu pilihan kamu di weekend ini. Yuk simak resep cara membuat terang bulan di bawah ini!

Terang bulan atau martabak manis merupakan salah satu kudapan yang juga memiliki banyak penikmat. Secara umum pastinya kita sering melihat terang bulan atau martabak manis yang dijual di lapak pinggir jalan dengan nama brand tertentu. Tak jarang para pedagang ini kebanjiran order-an karena selain enak, banyak juga varian rasa dan topping yang ditawarkan.

Kebanyakan topping martabak manis ini adalah meses coklat, kacang, keju dan susu manis. Tapi tidak hanya itu, sekarang martabak manis semakin banyak mengalami perkembangan varian rasa kekinian seperti selai buah, kopi, nutella, matcha, green tea, dan kopi. Tak tanggung-tanggung, terkadang pedagang juga tidak pelit topping. Taburan keju, kacang dan meses berlimpah disajikan dalam olahan ini. Oleh karena itu, tak sedikit orang mengantri hanya untuk menikmati makanan ini.

Jangan khawatir, kamu juga bisa kok membuat olahan terang bulan ini dengan kreasimu di rumah. Jadi kamu nggak perlu antri panjang dan lama hanya untuk sekedar makan terang bulan. Cara membuat terang bulan cukup mudah kok. Yuk langsung saja simak resep selengkapnya di bawah ini. Selamat mencoba!

1 dari 4 halaman

Cara Membuat Terang Bulan Mini

Ilustrasi Martabak Manis Mini

Terang bulan mini yang lembut dengan topping melimpah menjadikan olahan ini disukai kebanyakan orang. Makan terang bulan mini bisa membuat kamu ketagihan karena ukuran yang simple dan mini, membuat kamu ingin terus memakannya dan tentunya nggak membuat enek atau dalam Bahasa Jawa disebut " blenger" . Yuk langsung saja simak resep cara membuat terang bulan mini di bawah ini.

Bahan:

- 200 gram tepung terigu
- 1 butir telur ayam
- 2 sdm margarin
- 1 sdm ragi bubuk
- 1 sdt vanili bubuk
- 1 sdt baking powder
- 4 sdm gula pasir
- Meses coklat (toping)

Cara membuat terang bulan mini:

  1. Masukkan ragi bubuk dan gula pasir dalam wadah lalu tuang air 50 ml. Aduk rata bahan ini dan sisihkan. Masukan tepung dan 3 sdm gula pasir lalu masukan 1 butir telur, 1/2 sdt vanili bubuk, 1/4 sdt baking powder aduk hingga tercampur.
  2. Masukan ragi bubuk yg telah dicampur air dan gula tadi, pastikan ragi dan air sudah berbusa dan mengembang. Masukan margarin yang telah di lelehkan. Tutup adonan dengan kain bersih dan diamkan selama 1 jam.
  3. Panaskan loyang sebagai cetakan. Masukan adonan dan tekan bagian tengah dgn sendok sayur agar terbentuk pinggiran tipis lalu tutup dan diamkan hingga setengah matang.
  4. Beri taburan gula secukupnya. Jika pinggiran adonan sudah berwarna kecoklatan, maka angkat dan hiasi dengan topping meses cokelat.

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Terang Bulan Teflon

Ilustrasi Martabak Manis Teflon

Cara membuat terang bulan cukup sedehana. Kamu bisa menggunkan alat pencetak khusus atau juga bisa dengan menggunakan teflon. Teflon yang kamu olesi dengan margarin akan memudahkan kamu membuat olahan ini. Langsung saja simak cara membuat terang bulan teflon di bawah ini.

Bahan:

- 250 gram tepung terigu protein sedang
- 2 sdm gula pasir
- 1 butir telur
- 1/2 sdt baking soda
- 1/2 sdt baking powder
- 1/2 sdt garam
- 1 sdm margarin, dicairkan
- 350 ml air
- Margarin untuk olesan
- Cokelat meses, kacang sangrai, dan keju secukupnya

Cara membuat terang bulan teflon:

  1. Campur bahan tepung terigu, telur, gula, garam, margarin cair, baking powder, dan air. Kocok dengan mixer menggunakan kecepatan rendah hingga adonan lembut.
  2. Diamkan adonan selama satu jam. Masukkan baking soda ke dalam adonan lalu aduk rata. Panaskan teflon dan olesi dengan mentega.
  3. Masukkan adonan secukupnya dalam teflon. Tunggu hingga adonan berongga. Tambahkan cokelat meses dan keju parut sesuai selera. Angat dengan melipat adonan dalam teflon yang sudah matang.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Terang Bulan Sederhana

Ilustrasi Martabak Manis Sederhana

Cara membuat terang bulan cukup sederhana. Dengan adonan yang telah kamu siapkan lalu dimasak dalam cetakan atau teflon dan setelah matang tinggal diolesi mentega lalu ditaburi topping sesuai selera. Penasaran bagaimana cara membuat terang bulan ini? Simak resep selengkapnya berikut ini.

Bahan:

- 140 gram tepung terigu
- 1 sdm tepung kanji
- 1 butir telur (telur bukan disimpan dari kulkas)
- 2 sdm gula pasir
- 1 sdt vanili bubuk
- 1/4 sdt garam
- Margarin secukupnya

topping:

- Susu kental manis
- Meses
- Keju
(Atau gunakan topping sesuai selera)

Cara membuat terang bulan sederhana:

  1. Campur semua bahan adonan kecuali baking soda. Aduk dengan whisk atau mixer hingga halus dan tidak bergerindil. Tutup dengan kain atau plastik selama 45 menit.
  2. Buka penutup dan masukkan baking soda lalu aduk rata. Diamkan lagi adonan selama 15 menit. Aduk-aduk agar banyak udara yang masuk dalam adonan.
  3. Panaskan teflon dengan api kecil dan oles dengan margarin. Setelah teflon benar-benar panas, tuang adonan dan ratakan. Tutup teflon agar panasnya merata dan pastikan api dalam keadaan kecil.
  4. Jika adonan terlihat kering berlubang-lubang dan matang atasnya, maka beri taburan gula. Angkat dan oles dengan margarin selagi panas.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Terang Bulan Manis

Ilustrasi Martabak Manis

Terang bulan manis memang cocok disantap dalam kondisi hangat. Rasa lembut adonan dan gurih sekaligus manisnya topping membuat kamu tidak bisa berhenti makan. Berikut cara membuat terang bulan manis yang telah Diadona rangkum.

Bahan:

- 250 gram tepung terigu protein sedang
- 150 gram gula pasir
- 2 butir telur
- 350 ml santan hangat
- 1 sdt ragi instan
- 1/4 sdt baking soda

Topping:

- Keju parut
- Meses
- Kacang
- Susu kental manis putih
- Susu kental manis cokelat
- Selai buah sesuai selera

Cara membuat terang bulan manis:

  1. Masukkan ragi instant dalam santan hangat lalu aduk hingga ragi larut dan berbuih kemudian sisihkan terlebih dahulu. Campur tepung terigu dan gula, buat lubang di bagian tengah lalu masukkan telur. Uleni adonan sambil dituangi santan hingga gula larut.
  2. Tambahkan soda kue pada adonan dan aduk dengan tangan hingga semua adonan tercampur rata. Diamkan adonan selama 20 hingga 30 menit hingga adonan mengembang.
  3. Panaskan cetakan terang bulan dengan api sedang-kecil. Oles teflon atau cetakan dengan mentega tipis. Tuang adonan dan tunggu hingga mengembang dan bagian bawahnya kecokelatan.
  4. Angkat adonan yang sudah matang. Olesi bagian atas martabak dengan toping yang disuka.Potong martabak manis sesuai selera dan sajikan.

Nah, sudah tahu kan bagaimana cara membuat terang bulan manis yang lezat ini? Dari berbagai topping yang sudah kamu ketahui, kamu lebih tertarik menyukai topping terang bulan apa? Jawab di kolom komentar ya!

Beri Komentar